Pengertian Cinta

Dalam sehari-hari kita kata "cinta" sepertinya tidak pernah hilang dari pendengaran, entah itu cinta kepada pacar, cinta kepada guru, atau cinta kepada orangtua. Namun, apakah Anda sudah benar-benar paham makna dari cinta itu sendiri? Pengertian cinta yang sebenarnya itu apa? Yuk, mari kita bahas bersama definisi cinta menurut ahli agar Anda bisa memahaminya.

Pengertian Cinta


Cinta adalah sebuah bentuk emosi dari kasih sayang yang cukup kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Opini lainnya menyebut, cinta adalah sebuah aksi atau kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti ucapan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa saja yang diinginkan oleh objek tersebut.

Apa contoh cinta? Salah satu contoh cinta adalah laki-laki yang mencintai wanita. Contoh Bapak Hadi sebagai pria, mencintai Ibu Hadi sebagai wanita.

Cinta juga memberi pengertian menyukai atau suka terhadap suatu objek baik itu objek nyata, mau pun yang tidak nyata.

Penjabaran


Cinta adalah suatu perasaan yang positif dan dianugerahkan kepada manusia atau benda lainnya. Bisa dialami oleh semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi oleh perkembangan semasa. Perkataan senantiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. Sifat cinta dalam pengertian abad ke-21 mungkin berbeda dengan abad-abad sebelumnya. Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan isi perasaan seperti berikut:

  •     Perasaan sama keluarga
  •     Perasaan sama teman-teman, atau philia
  •     Perasaan romantis atau yang juga disebut sebagai asmara
  •     Perasaan yang hanya berupa kemauan, keinginan hawa nafsu, atau cinta eros
  •     Perasaan sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
  •     Perasaan tentang atau terhadap dirinya sendiri, yang disebut narsisisme
  •     Perasaan kepada sebuah konsep tertentu
  •     Perasaan kepada negaranya atau patriotisme
  •     Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme

Jenis-jenis cinta


Karena cinta itu bisa banyak bentuknya, maka Anda mungkin akan bertanya apa saja jenis-jenis cinta?

Seperti banyak jenis kekasih, ada banyak jenis cinta. Cinta berada di seluruh kebudayaan manusia. Oleh karena perbedaan kebudayaan ini, maka penafsiran dari cinta pun sulit ditetapkan.

Ungkapan cinta bisa termasuk cinta kepada 'jiwa' atau pikiran, cinta hukum dan organisasi, cinta badan, cinta alam, cinta makanan, cinta uang, cinta belajar, cinta kuasa, cinta popularitas, dan lain sebagainya. Cinta lebih mengarah ke konsep abstrak, lebih mudah dirasakan katimbang dijelaskan.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Pengertian Cinta
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Pengertian Cinta ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Pengertian Cinta"

Posting Komentar

close