Tangan Kidal: Fakta Dibalik Tangan Kidal

Pada umumnya, masyarakat terlihat lebih dominan melakukan segala sesuatu dengan menggunakan tangan kanan, dan apabila Anda menjumpai ada orang yang memiliki kecenderungan melakukan kegiatan dengan menggunakan tangan kanan, itu artinya yang bersangkutan merupakan orang kidal.

Orang yang memiliki kebisaan dengan tangan kiri untuk melakukan segala pekerjaan sehari – hari seperti ketika menulis atau lain sebagainya memang terkesan aneh karena beda dengan orang – orang pada umumnya. Namun tidak sedikit pula yang menganggap hal tersebut adalah suatu hal yang hebat sehingga timbul rasa kagum tetapi juga ada yang berpikir bahwa hal tersebut adalah suatu perilaku yang dianggap kurang baik.

Dari sepuluh persen total penduduk yang ada di dunia mereka adalah orang kidal. Sebagai kaum minoritas yang ada di dunia mereka harus bisa hidup menyesuaikan diri dengan kebanyakan kegiatan yang sebagian besar orang menggunakan tangan kanan mereka.

Hingga saat ini belum ada para dokter atau ilmuwan yang mengetahui secara pasti apakah penyebab dari tangan kidal. Memang ada beberapa teori yang telah mencetuskan alasan kenapa seseorang dapat mengalami kidal, namun untuk kebenarannya belum teruji secara pastinya. Menurut Fabiola Priscilla Setiawan, M.Psi., seorang psikolog anak dan juga remaja, mengatakan kidal terjadi apabila otak kanan seseorang akan lebih dominan dibandingankan dengan otak kirinya.

Dimana otak kanan adalah yang mengatur bagian tubuh anda sebelah kiri, dan sedangkan otak kiri akan mengatur bagian tubuh sebelah kanan. Bagi orang yang lebih nyaman menggunakan tubuh bagian kiri, termasuk juga tangan kiri sehingga otak kanannya lah yang lebih dominan. Karena didominasi dengan otak kanan, sehingga orang kidal akan jauh lebih kreatif bila dibandingkan dengan orang – orang biasa yang menggunakan tangan kanan. Pada otak kiri memiliki fungsi untuk mengatur hal – hal yang berhubungan dengan logika, sedangkan pada otak kanan berfungsi untuk mengatur hal – hal yang lebih abstrak misalnya adalah seni, emosional, bahasa, dan juga musik.

Hal itulah yang menyebabkan, bahwa orang – orang  kidal biasanya akan lebih mahir untuk menggambar. Sehingga tidak heran pula kalau banyak dari musisi, pelukis, aktor atau seniman lebih banyak yang menggunakan tangan kiri untuk berkaraya dibandingkan dengan menggunakan tangan kanan mereka. Akibatnya otak kanan akan lebih dominan, bagi anda yang kidal juga biasanya memiliki daya khayal dan juga imajinasi yang jauh lebih tinggi, sehingga akan membuat anda menjadi lebih kreatif dibandingkan dengan anak – anak yang bertangan kanan.

Orang yang terbiasa dengan menggunakan tangan kiri kerap disebut dengan sebutan kidal. Apabila anda adalah salah satu dari mereka yang bertangan kidal sebaiknya anda tidak usah merasa minder lagi. Yuk, perlu anda ketahui mengenai fakta menarik ketika anda memiliki tangan kidal.

Beberapa Fakta Menarik Tentang Tangan Kidal


1. Memiliki Keunggulan Tersendiri dalam Olahraga


Fakta pertama mengenai orang yang memiliki tangan kidal adalah memiliki keunggulan tersendiri terutama dalam bidang olahraga. Rik Smits dalam salah satu bukunya yang berjudul The Puzzle of Left Handedness, dimana dia menulis bahwa atlet yang kidal justru memiliki peluang berlatih lebih banyak menghadapi banyak lawan yang dengan menggunakan tangan normal atau menggunakan tangan kanan.

Oleh karena itu, atlet kidal akan dianggap lebih unggul terutama dalam bidang olahraga yang melibatkan dua orang dengan saling berhadapan misalnya seperti olahraga tenis, tinju atau olahraga baseball. Perlu anda ketahui juga, bagi pemain golf seperti Phil Mickelson, seorang atlet tenis yaitu Rafael Nadal, dan juga pejuara tinjuOscar de la Hoya merupakan beberapa contoh dari atlet yang bertangan kidal.

2. Cenderung Lebih Kreatif


Di dalam studi yang telah diterbitkan di American Journal of Psychology telah membuktikan bahwa orang yang memiliki tangan kidal akan cenderung lebih kreatif dibandingkan dari mereka yang memiliki tangan normal atau tangan kanan. Bagi orang kidal akan lebih dapat berfikir secara divergen sehingga mampu memungkinkan mereka untuk menciptakan lebih banyak solusi untuk memecahkan masalah yang sedang di hadapi atau berada di sekeliling mereka.

Left Hander’s Club, merupakan sebuah club organisasi yang berada di London dan berfokus pada suatu studi mengenai orang – orang kidal. Dimana mereka melakukan survey perbandingan dan menghasilkan analisa bahwa orang kidal akan lebih cocok apabila menekuni pekerjaan yang berhubungan dengan musik, olahraga, dan juga pengembangan teknologi informasi.

3. Punya IQ yang Lebih Tinggi


Apabila anda yang bertangan kidal masih merasa kurang percaya diri sebaiknya anda mulai tepis perlahan – lahan perasaan minder tersebut. Perlu anda ketahui, bagi orang kidal ternyata juga memiliki tingkat kecerdasan yang justru lebih tinggi di banding dengan tangan normal.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, dimana telah dibuktikan dalam studi yang dilakukan oleh Universitas St. Lawrence. Dimana pada penelitian tersebut dilakukan untuk melihat perbandingan dari tingkat kecerdasan antara orang yang kidal dan bagi mereka yang dominan dengan menggunakan tangan kanan.

Hasil dari penelitian tersebut adalah mereka yang memiliki kecerdasan rata – rata di atas 140 lebih banyak yang berasal dari meraka bertangan kidal. Beberapa contoh dari ilmuwan yang kidal dengan kecerdasan yang sangat luar biasa dan tidak perlu diragukan lagi  adalah Isaac Newton, dan juag Benjamin Franklin.

4. Hari Khusus Orang Kidal


Mungkin tidak pernah anda ketahui sebelumya bahwa ada hari khusus untuk merayakan bagi orang – orang kidal. Dimana pada tanggal 13 Agustus telah diperingati sebagai Hari Kidal Sedunia. Pertama kali dilakukan kegiatan atau perayaan ini yaitu awalnya dilakukan oleh orang – orang dari Left Hander’s Club di wilayah London pada tahun 1990. Perayaan ini memiliki tujuan yaitu untuk meningkatkan adanya kesadaran terhadap eksistensi bagi orang kidal yang berada di antara masyarakat dibandingkan dengan mereka yang menggunakan tangan kanan.

Apabila anda kidal, sebaiknya jangan sekali – kali anda berusaha untuk merubah menjadi righ – hander atau pengguna tangan kanan. Termasuk juga apabila anda diminta oleh orang tua atau guru anda. apabila dipaksa untuk merubahnya, justru efeknya akan tidak baik buat anda atau anak anda, baik itu secara psikologis maupun secara prestasi anda.

Bagi anda yang kidal apabila dipaksa untuk berubah menjadi normal kembali juga biasanya akan menjadi lebih mudah cemas, tidur anda akan terganggu, tidak percaya diri lagi, bahkan bisa mengakibatkan gagap. Hal ini biasanya terjadi pada anak – anak yang sering diingatkan dengan cara atau perlakuan yang keras, misalnya dengan dibentak untuk menggunakan tangan kanan mereka. Sehingga akibatnya adalah mereka akan menjadi waswas, mau melakukan apapun akan dipenuhi dengan rasa takut.

Tangan Kidal

Telah anda ketahui mengenai keistimewaan – keistimewaan yang anda miliki bagi anda yang bertangan kidal. Sehingga saat ini tidak ada alasan lagi anda untuk merasa minder. Karena tangan kidal bukan lah menjadi suatu hambatan untuk tetap berkembang. Jadi, anda harus tetap percaya diri dan tetap menjadi diri anda sendiri serta apa adanya.



0 Response to "Tangan Kidal: Fakta Dibalik Tangan Kidal"

Post a Comment

close