Khasiat dan Manfaat Tauge Bagi Kesehatan Tubuh

Siapa sih yang tidak kenal dengan salah satu jenis makanan yang bernama tauge? Biasa kita temui tauge di dalam campuran makanan mulai dari soto, pecel, ketoprak dan lainnya. Selain itu tauge juga sudah dikenal sejak lama terutama di Indonesia sendiri. Namun siapa sangka bahwa makanan ini memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh kita.

Kecambah atau sering dikenal dengan sebutan tauge merupakan biji yang mulai berkembang sebelum menjadi tumbuhan. Dimana pada proses biji menjadi kecambah atau tauge ini akan menghasilkan kacang dan biji – bijian yang dengan mudah dicerna dan juga mampu meningkatkan kandungan gizi di dalamnya. Tauge memang umumnya sering dijadikan bahan pelengkap dalam makanan baik itu soto, soup atau jenis makanan lainnya untuk memberikan sensasi rasa yang menyegarkan, karena bahan ini mirip dengan manfaat lalapan.

Rasanya yang renyah dan sedikit agak manis apabila ada yang memakannya dengan mentah atau mungkin ketika dimasak rasanya akan lebih lembut. Sebenarnya banyak kecambah yang memang dibuat dari jenis kacang – kacang, tetapi memang yang paling populer adalah jenis kecambah yang dari kacang hijau. Tauge juga sering digunakan untuk olahan makanan seperti salad, karena memang tauge dianggap salah satu dari sumber nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama adanya kandungan vitamin C, vitamin B, dan juga mengandung protein di dalamnya.

Nah, apabila anda masih peduli dengan kesehatan tubuh anda, tauge dapat anda jadikan sebagai salah satu bahan makanan yang dapat anda masukkan dalam daftar menu sehat anda. tidak ada efek sampingnya memang, namun ada hal yang perlu anda ketahui dimana kecambah yang dalam kondisi mentah dapat mengandung parasit atau kuman yang dapat merugikan anda apabila dikonsumsi mentah dan kondisinya tidak dibersihkan terlebih dahulu.

Khasiat dan Manfaat Tauge Bagi Kesehatan Tubuh


Berbagai kandungan nutrisi yang kaya protein dan vitamin  yang terdapat di dalam tauge membuatnya memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh anda, sebagai berikut :

  • Mencegah Serangan Jantung dan Stroke

Gangguan kesehatan seperti stroke dan serangan jantung dapat disebabkan karena tingginya kadar lemak darah yang ada di dalam tubuh, sehingga sangat dianjurkan bagi anda yang mengalami serangan jantung dan juga stroke untuk lebih anda mengkonsumsi tauge. Dengan adanya manfaat makan tauge secara mentah dirasa sangat baik, karena adanya kandungan yang disebut saponin yang terdapat  di dalam tauge atau kecambah akan mampu menghancurkan lemak yang jahat (LDL) tanpa harus mengganggu kandungan lemak yang baik (HDL). Adanya kandungan saponin yang tinggi  dapat anda temukan dari jenis tauge alfafa yang secara umum kandungan saponin dari tauge alfafa akan mampu mengalami peningkatan bahkan hingga 450% dalam proses pembuatannya.

  • Mencegah Penyakit Kanker

Pada proses hingga menjadi tauge telah mengurangi  hingga 90% rantai polisakarida menjadi karbohidrat yang sederhana dan mudah diserap oleh tubuh dan tanpa menghasilkan gas. Karena di dalam tauge banyak mengandung serat dan juga air, tauge berfungsi untuk menguras kotoran dalam usus besar, hal ini akan menjadi kekuatan ganda untuk memerangi kanker yang ada dalam tubuh. Dengan anda mengkonsumsi tauge secara rutin, mampu mendorong dengan cepat kotoran – kotoran yang ada dalam usus besar, sehingga hal ini dapat mencegah menumpuknya racun – racun yang ada dalam tubuh dan juga dapat merangsang berseminya benih – benih kanker. Selain itu manfaat tauge bagi para wanita yang suka mengkonsumsi tauge dapat membantu anda untuk menghindari resiko kanker payudara, gangguan ketika menjelang menstruasi, pramenopause, dan juga adanya gangguan menopause.

  • Mencegah Osteoporosis

Manfaat dan khasiat lain yang dihasilkan dari tauge atau kecambah adalah untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Adanya kandungan estrogen yang terdapat di dalam tauge mampu berfungsi sebagai estrogen sintesis. Estrogen pada tauge kandungannya lebih tinggi dan juga tidak ada efek sampingnya. Selain itu estrogen telah dapat dibuktikan secara nyata bahwa estrogen mampu meningkatkan adanya kepadatan tulang, susunan tulang dan juga mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

  • Mencegah Penyakit Tulang dan Gangguan Asam Lambung

Bukan hanya itu, manfaat lain yang dihasilkan apabila anda mengkonsumsi tauge secara rutin adalah mampu mencegah penyakit tulang dan juga gangguan asam lambung. Hal ini karena tauge atau kecambah memiliki sifat alkasi atau basa tentunya akan sangat baik untuk menjaga tingkat keasaman pada lambung dan juga memperlancar pencernaan.

  • Meningkatkan Kesuburan Pria

Manfaat lain dari tauge juga baik untuk para laki – laki, yaitu dapat meningkatkan fertilitas atau kesuburan. Selain itu tauge juga mengandung antioksidan dan juga vitamin E yang cukup tinggi. Dimana hal ini dirasa sangat bermanfaat untuk kesehatan para laki – laki yaitu mampu meningkatkan kesuburan dan diyakini membantu dalam memperlambat proses penuaan.

Adanya kandungan vitamin E yang tinggi di dalam tauge dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit anda. sehingga kulit anda akan menjadi sehat dan mampu mempercepat regenerasi kulit yang mati. Bukan hanya untuk laki – laki saja, tauge juga bermanfaat baik untuk para perempuan terutama bagi mereka yang mendambakan keindahan pada kulitnya karena tauge ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan anda.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tauge juga membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh anda dengan meningkatkan aktivitas sel – sel pada pembuluh darah khususnya adalah limfosit T- sel dan juga interferon. Bukan hanya itu, tauge juga kaya akan anti – oksidan yang mampu membangun tubuh anda kembali dari radikal bebas.

  • Baik Untuk Pencernaan

Selain itu adalah, tauge juga bermanfaat untuk tetap menjaga tingkat keasaan pada lambung serta membantu dalam proses pencernaan. Adanya kandungan serat yang terdapat di dalam tauge atau kecambah dapat dengan mudah membantu anda untuk meningkatkan kontraksi saluran pencernaan, sehingga ketika anda mengkonsumsi tauge dengan rutin mampu membantu dalam memperlancar buang air besar.

  • Mencegah Anemia

Campuran bahan makanan yang kerap terdapat di soup ini ternyata juga salah satu sumber zat besi yang cukup baik untuk kesehatan tubuh anda. dimana zat besi akan sangat dibutuhkan oleh tubuh anda untuk membuat hemoglobin yang pada gilirannya dapat menciptakan sel darah merah. Apabila anda kekurangan dalam sel merah akan mengakibatkan terjadinya anemia dan akan menghambat dalam peredaran oksigen di dalam tubuh anda melalui sel darah merah. Anda dapat mengaplikasikannya ke dalam makanan yang tinggi akan zat besi lainnya misalnya seperti hati hewan unggas, daging kalkun dan juga daging sapi yang dapat anda jadikan pelengkap makanan anda.

  • Kesehatan Rambut

Manfaat Tauge Bagi Kesehatan Tubuh

Secara alami tauge atau kecambah mengandung vitamin K, dimana vitamin tersebut akan larut ke dalam lemak yang membangun protein dalam kulit kepada anda untuk mempertahankan dari kekuatan akar rambut. Bukan hanya itu, tauge sendiri juga merupakan salah satu sumber protein nabati sama halnya dengan jenis kacang – kacangan. Sumber protein nabati yang diperoleh dari tauge memiliki kualitas yang tinggi karena juga disisi lain tauge rendah akan lemak.

Belum ada Komentar untuk "Khasiat dan Manfaat Tauge Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

close