7 Penyebab Haid Tidak Teratur dan Tipenya

Menstruasi atau Haid yang tidak lancar atau tidak teratur merupakan masalah yang umum dialami bagi kaum wanita terutama ketika memasuki usia produktif. 

Haid yang tidak teratur terjadi kondisi siklus Haid menjadi lebih lambat, lebih cepat, atau bahkan lewat beberapa bulan.

Proses mentruasi merupakan proses luruhnya dinding rahim yang sedang keluar menjadi darah. Pada masa Haid biasanya terjadi kurang lebih selama 3 hingga 7 hari. Pada keadaan yang normal siklus Haid terjadi selama 28 hingga 35 hari dan terjadi sebanyak 11 – 13 kali dalam satu tahunnya. Tentunya setiap wanita mengalami siklus Haid yang berbeda – beda, bisa saja prosesnya lebih pendek atau bahkan lebih lama.

Ketika Haid dapat dikatakan tidak lancar atau tidak teratur apabila siklus Haid terjadi kurang dari 21 hari atau bahkan lebih dari 35 hari. bukan hanya itu Haid bisa dikelompokkan tidak lancar apabila lamanya Haid akan berubah – ubah  pada setiap bulannya. Volume darah yang tidak sama, yang terkadang jumlahnya banyak atau terkadang sedikit, juga menjadi dasar apabila Haid sedang tidak lancar.

Haid yang tidak lancar terkadang terjadi pada awal – awal tahun pertama ketika anda Haid. Terjadinya Haid yang tidak lancar atau tidak teratur disebabkan karena adanya hormon yang tidak seimbang. Namun apabila Haid tidak lancar atau sedang tidak teratur bukan terjadi di beberapa tahun pertama anda mengalami Haid, maka dari itu masalah menstrusi yang terjadi bukan pada tahun pertama dapat digolongkan ke dalam tipe Haid yang tidak teratur.

Adapun tipe tersebut adalah metrorrhagia, oligomenorrhea, menometrorrhagia dan juga amenorrhea.

Tipe Haid Tidak Teratur


  1. Metrorrhagia
    adalah Haid yang sedang tidak teratur, namun Haidnya tetap rutin terjadi.
  2. Oligomenorrhea adalah suatu kondisi ketika siklus Haid seseorang terjadi lebih dari 35 hari, oleh karena itu dalam kurun waktu setahun, Haid dapat terjadi hanya sekitar kurang lebih 6 – 8 kali.
  3. Menometrorrhagia
    adalah pendarahan Haid yang terjadi dan berlangsung lebih lama dan juga volume darahnya lebih banyak tetapi tetap rutin terjadi.
  4. Amenorrhea
    adalah kondisi dimana menstrusi anda berhenti selama dalam 3 bulan lebih.

Penyebab Haid Tidak Teratur


1. Fungsi Hormon Terganggu


Haid akan sangat berkaitan  dengan adanya sistem hormon yang diatur oleh otak, yaitu tepatnya terletak pada kelenjar hipofisa. Dimana cara kerja dari sistem hormonal tersebut adalah dengan mengirim sinyal ke indung telur untuk digunakan memproduksi sel telur. Apabila pada sistem pengaturan tersebut terganggu, maka akan secara otomatis siklus haid anda akan juga ikut terganggu.

2. Stress Emosional


Stess emosional yang berlangsung secara berlarut – larut akan mampu menyebabkan peredaran darah anda juga tidak teratur. Sebaiknya segera buang jauh – jauh pemikiran seputar deadline misalnya tugasa dari kantor, persiapan ujian nasional, kehilangan pekerjaan atau dan lain sebagainya.  dengan kehilangan aktivitas tersebut bukan berarti anda tidak memikirkannya. Namun coba anda untuk mengurangi memikirkannya apabila hal tersebut dapat menimbulkan anda stress secara berlarut – larut.

Ketika anda sedang stress maka tubuh anda juga akan memproduksi hormon stress yang tentunya akan berpengaruh pada keluarnya hormon Haid. Adanya kondisi stress yang sedang anda alami tentunya akan berpengaruh pada Hypothalamus. Padahal hypothalamus adalah salah satu bagian dari otak yang menjadi tempat beragam hormon yang mampu mengatur periode Haid. Karena hal tersebut maka Haid anda akan menjadi tidak teratur.

3. Berat Badan Turun Secara Drastis


Salah satu faktor yang juga mempengaruhi anda mengalami Haid tidak teratur adalah berat badan yang turun secara drastis. Dimana kondisi berat badan yang turun secara drastis akibat adanya gangguan pola makan yang serius, misalnya adalah seperti pada anorexia dan bulimia yang dapat menjadi penyebab terjadinya Haid akan datang secara tidak teratur. Sedangkan pada penurunan berat badan akan menyebabkan terjadinya gangguan haid. Pada gangguan ini dapat dipengaruhi oleh kebutuhan lemak yang terus berkurang saat pembentukan hormon haid.

4. Periode Perimenopause


Siklus yang tidak teratur juga dapat terjadi pada masa periode perimenopause. Dimana kondisi tersebut adalah periode dimana seorang wanita menjelang memasuki masa menopause atau Haid akan terhenti untuk seterusnya. Adanya beberapa perubahan bahan siklus tersebut tidak lagi memerlukan pengobatan, sementara pada pendarahan yang berat akan membutuhkan evaluasi lebih lanjut. Pendarahan setelah mencapai menopause merupakan suatu yang tidak normal tetapi tetap harus diselidiki.

5. Aktivitas Berlebihan


Adanya aktivitas yang berlebihan sehingga menimbulkan adanya rasa capek atau lelah akan berpengaruh pada kelenjar hipotalamus dimana nantinya juga akan mempengaruhi hormon Haid. Hal ini dapat mempengaruhi adanya pelepasan LS dan FSH, yaitu berupa hormon hipofisis yang dapat memicu ovulasi atau pelepasan sel telur.

Ovulasi ini juga akan berpengaruh pada haid yang sedang tidak lancar. Sehingga untuk mengatasi terjadinya keterlambatan Haid dengan aktivitas yang berlebihan, dapat dimulai dengan memporsikan aktivitas yang menjadi prioritas utama anda. coba dengan mengurangi apabila memungkinkan, hindarilah apabila tidak merepotkan.

6. Kehamilan


Alasan paling umum dari suatu siklus Haid yang tidak teratur dalam usia reproduksi yang berhubungan dengan kehamilan. Apabila periode haid anda telah terlewati, anda sebaiknya harus untuk tes kehamilan. Kadang kala kehamilan juga dapat terjadi pada seseorang yang telah memasuki masa perimenopause. Sementara apabila pendarahan telah melampaui batas, bisa jadi anda mengalami tanda – tanda dari kehamilan ektopik atau kehamilan di luar rahim.

Oleh karena itu apabila anda mendapati diri anda tidak mengalami haid selama periode yang tertentu, kemungkinan penyebabnya adalah mungkin karena anda memang hamil dan oleh karena itu sebaiknya anda segera hubungi dokter kandungan untuk memastikan apakah memang sedang mengandung atau tidak. Apabila anda sedang tidak hamil, makan kemungkinanya adalah haid anda tidak terjadi  pada beberapa waktu tertentu yang disebabkan oleh faktor lain.

7. Alat Kontrasepsi


Penyebab lain yang menyebabkan siklus haid anda tidak teratur adalah karena anda sedang menggunakan alat kontrasepsi. Memang beberapa dari jenis pil kontrasepsi yang memiliki dosis rendah diketahui memang dapat menyembabkan tidak teraturnya siklus haid yang terjadi pada seeorang perempuan.

Bukan hanya itu, jenis kontrasepsi misalnya IUD (spiral) dan juga suntik KB terkadang juga dapat menjadi penyebab anda tidak teratur dalam siklus haid anda. jenis alat kontrasepsi misalnya seperti spiral juga dapat menyebabkan darah yang keluar pada masa haid menjadi lebih banyak dari biasanya, dan bukan hanya itu akibat lain yang ditimbulkan dengan menggunakan alat kontrasepsi berupa spiral akan menyebabkan adanya rasa sakit ketika haid anda datang.

Penyebab Haid Tidak Teratur

Nah, itulah beberapa faktor yang mempengaruhi dan menjadi penyebab haid anda menjadi tidak teratur atau tidak lancar. Yang penting selalu ada pada diri anda adalah tetap berpikir positif, dan lebih bersikap santai dengan tidak membebani diri anda dengan pikiran – pikiran yang terlalu berat sehingga akan membuat anda stress.

Selain itu anda juga sebaiknya melakukan perbaikan dalam pola makan, dengan menerapkan pola makan dengan menggunakan gizi yang seimbang dan menyehatkan. Serta lakukan olahraga secara teratur agar metabolisme tubuh anda akan menjadi lancar kembali.



0 Response to "7 Penyebab Haid Tidak Teratur dan Tipenya"

Post a Comment

close