Skip to main content

10 Cara Memilih Smartphone Android Berkualitas

Android merupakan platform smartphone dengan jumlah pengguna paling banyakdi masa sekarang, jauh meninggalkan platform smartphone lainnya.

Kendati kemunculan Android relatif baru jika dibandingkan sejumlah platform tua lainnya, namun kini Android sudah berhasil menjadi penguasa pasar smartphone dunia.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli smartphone Android tipe tertentu, cara terbaik untuk membeli smartphone adalah menyesuaikan dengan tingkat kebutuhan Anda.

Faktor harga memang senantiasa menjadi salah satu alasan utama, namun tentunya Anda tidak menginginkan perangkat yang performanya tidak memenuhi kebutuhan Anda.

Jika Anda menginginkan HP Android yang mampu memenuhi kebutuhan Anda, faktor harga murah tidak bisa Anda jadikan satu-satunya alasan, namun harga mahal juga tidak selalu menjamin akan memberikan kepuasan kepada Anda.

Seperti yang saya sebut diatas bahwa yang paling penting adalah menyesuaikan dengan tingkat kebuthan. Berikut beberapa tips untuk memilih hp Android berkualitas.

1. Pilih Vendor Terpercaya


Banyak bermunculan vendor smartphone baru, namun agar Anda terbebas dari resiko barang tidak berkualitas sebaiknya tentukan pilihan pada vendor yang sudah berusia.

Seperti Samsung, Sony, Xiaomi, vivo, dan sejumlah vendor kenamaan lainnya.


2. Pilih Spek yang Bagus


Secara teori, spek bagus pasti harganya mahal. Seperti yang saya singgung diatas, yang perlu Anda lakukan adalah menyesuaikan tingkat kebutuhan.

Jika Anda hobi fotografi, maka pilihlah hp yang sudah dibekali resolusi kamera tinggi. Apabila Anda hobi main game, maka pilihlah hp yang dibekali RAM tinggi.

3. Prosesor / CPU


Termasuk yang paling utama yang harus diperhatikan dalam memilih smartphone Android berkualitas yaitu prosesor yang digunakan.

SoC (System on Chip) merupakan otak inti dari sebuah sistem smartphone android. Jika spesifikasi CPU yang digukan rendah maka jangan heran jika smartphone tersebut terasa lemot dan sering lag meskipun masih baru dan tidak banyak menginstal aplikasi.

4. GPU (Graphics Processing Unit)


Sesuai namanya, fungsu GPU adalah sebagai pemroses grafis. Dengan memilih GPU yang baik maka performa 2D dan 3D Android sangat cepat dan lancar.

Misalnya ketika kita menonton video dan game, tidak akan ada lag ataupun stuttering yang mengganggu jika GPU-nya bagus.

Selain lancar, menggunakan GPU mumpuni juga dapat memanjakan mata kita karena tampilan grafis yang memukau, detail dan jernih.

5. Pilih Tipe yang Sudah Teruji


Tidak cukup hanya dengan menjadikan vendor sebagai satu-satunya bahan acuan, karena terkadang akan ada salah satu tipe yang kinerjanya kurang bagus.

Untuk menyikapi wacana tersebut, maka yang perlu Anda lakukan adalah memilih jenis/tipe yang benar-benar sudah teruji.

Salah satu indikasi tipe ponsel yang sudah teruji adalah sudah dipakai banyak orang.

6. Pilih Kapasitas Baterai Besar


Seperti yang kita tahu, smartphone sangat haus daya. Oleh karenanya, pilihlah smartphone dengan kapsitas baterai minimal 1700 mAh.

Hal ini untuk menghindari penggunaan yang kurang nyaman lantaran baterai cepat habis saat Anda sedang membutuhkan ponsel tersebut, baik untuk telepon, sms, internetan, ataupun untuk keperluan lainnya.

7. Dukungan Teknologi Jaringan


Sekarang sudah zaman 4G LTE, bahkan sebentar lagi akan menjadi 5G. Jadi, sebaiknya jangan membeli HP Android yang hanya mendukung teknologi jaringan 3G. Ini akan memberikan Anda masalah.

Berapapun harga HP Android yang akan Anda beli, pastikan smartphone Android tersebut sudah support jaringan 4G LTE.

8. Memori Internal (ROM)


Agar dapat memenuhi kebutuhan multimedia, memori internal sangat penting karena dengan internal storage yang besar kita dapat leluasa menyimpan berbagai file seperti video, musik, arsip, dan sebagainya.

Selain itu juga, jika internal kita luas maka kita dapat leluasa menginstal banyak aplikasi dan game yang berukuran besar.

9. Kualitas Kamera


Apek kamera merupakan salah satu bagian yang wajib diperhatikan. Dengan adanya kamera kita dapat mengabadikan berbaai momen setiap saat melalui foto maupun video.

Dalam hal memilih HP dengan kualitas kamera terbaik, tentunya kita perlu mempertimbangkan lensa atau resolusinya.

Usahakan untuk memilih HP Android yang telah dibekali kamera dengan lensa minimal 13 MP, karena jika resolusinya dibawah itu maka kualitas kamera umumnya masih kurang bagus.

10. Garansi Resmi


Cara Memilih Smartphone Android Berkualitas

Untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda membeli smartphone yang memiliki garansi resmi.

Jika Anda mendapatkan garansi resmi, maka Anda tidak perlu khawatir jika dikemudian hari smartphone tersebut rusak dengan lebih cepat padahal penggunaan Anda tergolong wajar.

Anda dapat mengklaim garansi sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya perbaikan. Jadi, pastikan Anda hanya membeli HP bergaransi resmi.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close