Skip to main content

Ambil Uang di ATM Tidak Keluar Tapi Saldo Berkurang (Pengalaman Pribadi)

Pernahkah Anda mengalami kejadian yang sangat tidak mengenakkan saat ingin mengambil uang di mesin ATM, dimana mesin ATM tidak mengeluarkan uang tapi setelah dicek ternyata saldo berkurang?

Jika Anda pernah mengalaminya, maka Anda punya pengalaman yang sama dengan saya. Ya, pada malam itu saya memutuskan untuk menarik uang lewat mesin ATM yang sebenarnya agak jauh dari tempat tinggal saya.

Saat itu saya sedang menuju sebuah rumah makan dan sewaktu dijalan saya memutuskan untuk berhenti sebentar dengan maksud untuk mengambil uang di mesin ATM karena uang disaku saya yang tinggal 50 ribuan.

Sebelumnya perlu saya sampaikan, saya merupakan nasabah bank Mandiri. Namun, pada saat itu saya mengambil uang di ATM BRI yang berlogo ATM Bersama.

Singkat cerita, setelah saya berhenti dari motor, saya mengantre sekira 4 menitan karena pada saat itu masih ada 3 orang yang tiba lebih awal.

Kepikiran juga untuk mencari ATM lain karena saya memang tidak suka menunggu. Namun, akhirnya saya putuskan untuk tetap mengantre sampai akhirnya tiba giliran saya.

Begitu masuk ke ruang tempat mesin ATM BRI terlebih dulu saya melakukan transfer ke rekening teman saya yang menggunakan rekening BCA. Transfer sebesar Rp 357.000 pun sukses dilakukan.

Struk transfer pun keluar dari mesin ATM, kemudian langsung saya masukkan ke saku untuk keperluan sebagai bukti jika nantinya diperlukan.

Setelah itu, (dengan kondisi kartu debit masih didalam mesin ATM) saya putuskan untuk menarik tunai sebesar Rp 1 juta.

Setelah memencet tombol Rp 1.000.000 saya tunggu selama beberapa detik, namun uang tersebut tidak keluar dan muncul pesan di layar mesin ATM bertuliskan "Time Out".

Saya coba tekan kembali tombol penarikan uang sebesar Rp 1.000.000, saya pun menunggu lagi sampai uang tersebut keluar, tapi akhirnya tidak keluar juga dengan pesan yang sama, yaitu "Time Out".

Kemudian saya terpikir "mungkin uang yang tersisa di mesin ATM sudah hampir habis", lalu saya putuskan untuk menarik Rp 500.000.

Setelah saya pencet tombol penarikan Rp 500ribu, tidak lama kemudian uang sebesar Rp 500.000 keluar dari mesin ATM. Saya pun bergegas mengambilnya dan memasukkannya ke dompet.

Untuk penarikan uang Rp 500ribu tersebut tidak keluar struknya. Struk yang keluar hanya saat saya melakukan transfer. Setelah transaksi tersebut, saya juga tidak mengecek sisa saldo.

Lalu saya masukkan kartu debit saya ke dompet sambil memastikan tidak ada yang tertinggal. Jika dihitung, waktu yang saya habiskan di ruangan mesin ATM setelah uang hasil penarikan saya masukkan ke dompet sekitar 40 detik. 

Sekeluarnya saya dari ruang mesin ATM, saya bergegas menuju motor untuk meneruskan perjalanan ke rumah makan yang ingin saya kunjungi.
  
Beberapa menit kemudian saya sampai di rumah makan yang saya maksud. Setelah pesan makanan, saya coba buka Mandiri Internet Banking untuk mengecek sisa saldo tabungan saya.

Saya sangat terkejut karena dalam riwayat transaksi disitu tetera saya melakukan penarikan sebesar Rp 1.500.000, padahal uang yang keluar dari mesin ATM hanya Rp 500.000.

Ambil Uang di ATM Tidak Keluar Tapi Saldo Berkurang (Pengalaman Pribadi)
Terdapat transaksi penarikan Rp 1 juta padahal waktu penarikan mesin ATM tidak mengeluarkan uang

Kenapa saldo saya hilang Rp 1 juta, padahal waktu mau ngambil tadi mesin ATM tidak mengeluarkan uang (gagal), tanya saya dalam hati.

Saya pun memutuskan untuk menghubungi call center bank Mandiri melalui nomor layanan pelanggan 14000. Namun, sisa pulsa saya tinggal seribuan sehingga saya putuskan untuk mematikan panggilan tersebut.

Kemudian saya putuskan untuk menghubungi customer service bank Mandiri lewat form kontak Mandiri dan juga melalui email.

Berikut adalah isi email tersebut:

Halo,

Saya ingin menanyakan perihal penarikan uang lewat ATM yang gagal namun saldo saya berkurang sebesar Rp 1 juta.

Kejadiannya pada tanngal 05 Oktober, sekitar pukul 19.00 WIB.

Berikut nomor rekening saya: ..............

Saya mencoba melakukan penarikan lewat mesin ATM BRI (ATM Bersama) di kawasan ......

Mohon segera dilakukan pengecekan.

Terima kasih.

Saya berharap segera mendapat balasan dari pihak bank Mandiri, namun sampai 24 jam kemudian saya tidak juga dihubungi CS Mandiri.

Namun, karena kejadiannya di Sabtu malam, saya masih bersabar sambil menunggu jam kerja bank di hari Senin.

Rencananya, jika sampai hari Senin pukul 10.00 WIB saldo saya tetap minus, maka saya akan mendatangi kantor bank Mandiri terdekat untuk menyampaikan masalah yang saya alami.

Kenapa saya menunggu sampai pukul 10.00 WIB?

Dari beberapa referensi yang saya dapat, kasus penarikan uang lewat mesin ATM yang gagal namun saldo berkurang ini ternyata cukup sering terjadi. Ada yang mengatakan, dalam beberapa jam kemudian saldo akan dikembalikan secara otomatis. Namun, ada juga yang bilang bahwa saldo mereka akhirnya benar-benar hilang.

TUNGGU UPDATE-nya

Artikel ini akan saya update setelah saya mendapat jawaban dari pihak bank atau setelah saldo saya kembali.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Buka Komentar
Tutup Komentar
close