Skip to main content

Manfaat Teknologi Dalam Bidang Pendidikan

Pendidikan merupakan hal terpenting yang dijadikan acuan sebagai berkembangnya suatu negara atau tidak. Pendidikan di Indonesia sendiri misalnya telah memasuki tahapan yang sistematis dan lebih efisien dalam proses perembangannya. Tidak lain karena arus globalisasi dunialah yang memicu pergeseran dalam berbagai elemen terutama dalam hal pendidikan.

Dalam dunia pendidikan dahulu tatap muka merukapan sarana satu satunya dalam proses belajar mengajar namun seiring dengan perkembangan waktu dunia pendidikan semakin berkembang. Pemanfaatan Teknologi Informasi (IT) dijadikan salah satu sarana untuk menunjang pendidikan yang ada di Indonesia agar lebih berkembang. Manfaat teknologi dalam bidang pendidikan telah membuka jalan ke dalam sistem pendidikan. Sejumlah kegunaan dan manfaat dari teknologi pendidikan , baik ketika berada di rumah, sekolah atau tempat kerja telah menjadi bagian integral bagi kehidupan.

Teknologi Pendidikan


Teknologi pendidikan memiliki perspektif yang luas serta disebut sebagai  teknologi instruksional atau teknologi pembelajaran. Dengan metode ini diharapkan mampu meningkatkan proses belajar siswa dan juga membantu guru dalam berkomunikasi dengan siswa dengan cara yang lebih mudah. Teknologi pendidikan dapat digunakan baik di dalam kelas ataupun di luar kelas, dan berhasil mengubah citra stereotip dari ruang kelas menjadi bentuk modern dan tentunya lebih menarik.  Dengan adanya teknologi dalam bidnag pendidikan pula ruang kelas tidak lagi menjadi membosankan serta proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan.

Manfaat Teknologi di Bidang Pendidikan


Ada sejumlah manfaat teknologi dalam bidang pendidikan. Dengan adanya teknologi dalam kelas mampu membuat belajar lebih mudah bagi komunitas mahasiswa. Dengan adanya teknologi pula, kecepatan dan gaya belajar sedikit banyak mengalami perubahan yang lebih baik dan komunikasi juga semakin mudah.

Adanya informasi yang digunakan untuk media pembelajaran dapat berdampak positif bagi para siswa, yaitu mereka bisa lebih mudah dalam mencari informasi yang diperlukan selama proses pembelajaran. Media yang bisa digunakan adalah dengan menyediakan komputer dan internet di tiap-tiap sekolah.

  • Membantu meningkatkan kemampuan belajar siswa. Karena teknologi merupakan salah satu bidang yang terus berkembang dan terus mengalami perubahan, update terbaru dapat dengan mudah diperoleh siswa dengan bantuan perangkat lunak.
  • Pada zaman dahulu, pendidikan hanya sebatas dilakukan di depan ruang kelas. Hanya kelas elit yang dianggap bisa menikmati manfaat teknologi untuk pendidikan sedangkan yang memiliki strata di bawah tidak berhak untuk menikmatinya. Namun dengan diperkenalkannya teknologi pendidikan tidak ada lagi diskriminasi dan semua orang dapat menikmati dan mengakses untuk mendapatkan pendidikan.
  • Selain itu manfaat teknologi dalam dunia pendidikan adalah dapat membantu pelajar dalam mengartikulasikan dan memprentasikan ilmu apa yang mereka ketahui tentang sesuatu hal.
  • Dijadikan alat dalam meningkatkan mutu pendidikan dan sekolah yang menerapkannya.
  • Membantu meningkatkan efektifitas serta efisiensi proses belajar dan mengajar (siswa dan guru).
  • Manfaat lain teknologi untuk bidang pendidikan adalah informasi dapat digambarkan dalam beragam cara dengan bantuan bahan pembelajaran. Pengerahuan akan menjadi sangat mudah diakses oleh siswa di setiap bagian dari dunia dengan adanya penerapan teknologi dalam bidang pendidikan. Selain itu adanya kelas online atau jarak jauh dapat membantu siswa untuk berinteraksi dengan siswa lain untuk bertukar informasi.
  • Dengan lahirnya kelas virtual, instruktur dari setiap bagian dunia dapat mengajarkan siswa yang mungkin tinggal di tempat yang berbeda bahkan jauh di ujung sekalipun. Jangkauan teknologi dapat diakses cukup jauh dan siswa yang memiliki tempat tinggal yang jauh atau terpencil dapat tetap merasakan pendidikan dengan mudah.
  • Internet merupakan media utama dan adanya hal – hal lain mislanya seperti tablet PC yang dapat digunakan untuk berbicara. Maka para siswa akan mudah untuk mengakses materi.
  • Manfaat teknologi dalam dunia Pendidikan lainnya adalah dapat mewakili gagasan pelajar bagi pemahaman dan kepercayaan.
  • Merupakan salah satu sarana informasi yang sangat mendukung dalam proses belajar siswa serta dalam hal pencarian dan pengidentifikasian informasi yang diperlukan siswa.
  • Dalam dunia Pendidikan dapat dijadikan sebagai perbandingan kepercayaan, perspektif, dan pandangan terhadap dunia.
  • Sebagai media sosial yang dipergunakan untuk mendukung proses berbicara bagi siswa yang terkadang enggan berbicara didepan umum.
  • Manfaat Teknologi dalam dunia Pendidikan dipergunakan siswa untuk berkolaborasi dengan siswa ataupun orang lain.
  • Teknologi juga dapat dipergunakan untuk berdiskusi, penyampaian pendapat serta membangun konsensus antar anggota.

Keuntungan untuk Siswa dari Pemanfaatan IT di Sekolah :


  • Peserta didik akan dapat mengakses informasi-informasi yang dibutuhkan meskipun itu adalah hasil penelitian orang lain (dengan legalitas copypaste).
  • Peserta didik akan mendapat mengakses sumber pengetahuan lebih mudah dibanding sebelum penerapan manfaat teknologi, karena pengaksesan informasi telah banyak dipergunakan dengan media gadget (HP, Ipad, Mobile Tab).
  • Peserta didik dapat mendapatkan Akses yang lebih mudah ke para ahli.
  • Materi-materi pelajaran akan lebih tampil secara interaktif dan menarik, serta penyampaiannya akan lebih konseptual.
  • Materi-materi pendidikan dapat di akses melalui belajar jarak jauh jika terkendali oleh kendala biaya dan waktu.

Ada sejumlah sekolah yang telah berhasil mengintegrasikan teknologi ke dalam kurikulumnya. Mereka melengkapi para siswa dengan kemampuan untuk menggunakan komputer, menghadirkan tamu di dalam kelas melalui seminar web, juga siswa dapat belajar banyak tentang penggunaan Internet.

Ketika siswa menggunakan teknologi sebagai alat atau dukungan untuk berkomunikasi dengan orang lain, mereka berada dalam peran aktif daripada peran pasif penerima informasi yang dikirimkan oleh seorang guru, buku teks, atau broadcast. Siswa secara aktif membuat pilihan tentang bagaimana untuk menghasilkan, memperoleh, memanipulasi, atau menampilkan informasi.

Menggunakan teknologi memungkinkan siswa lebih banyak untuk secara aktif berpikir tentang informasi, membuat pilihan, dan melaksanakan keterampilan daripada yang biasanya dibimbing oleh guru. Apalagi, ketika teknologi digunakan sebagai alat untuk mendukung siswa dalam melaksanakan tugas-tugas otentik, para siswa berada dalam posisi menentukan tujuan mereka, membuat keputusan desain, dan mengevaluasi kemajuan mereka.

Peran guru pun turut berubah. Guru tidak lagi menjadi pusat perhatian sebagai dispenser informasi, melainkan memainkan peran sebagai fasilitator, menetapkan tujuan proyek dan memberikan pedoman dan sumber daya, bergerak dari siswa untuk siswa atau kelompok ke kelompok, memberikan saran dan dukungan untuk kegiatan siswa. Saat siswa bekerja pada teknologi yang didukung produk mereka, guru berputar melalui ruangan, melihat dari atas bahu, bertanya tentang alasan siswa memilih salah satu desain atau informasi, dan menunjukkan sumber daya yang dapat digunakan.

Manfaat Teknologi dalam Bidang Pendidikan

Dengan masuknya teknologi, konsep pendidikan sudah banyak mengalami modifikasi tentunya yang berguna untuk kemajuan baik siswa atau guru. Oleh karena itu, dengan pengenalan teknologi dalam dunia pendidikan menjadi hal yang penting. Dengan adanya teknologi pendidikan maka proses belaja mengajar menjadi proses yang lebih menyenangkan dan membuat siswa tidak terpaksa ketika belajar.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close