Skip to main content

Cara Menghitung dan Mengetahui Daya Listrik (Watt)

Anda mungkin masih pensaran bagaimana cara menghitung dan mengetahui daya listrik atau watt listrik di rumah Anda. Jika iya, jawabannya bisa Anda temukan dalam artikel ini dimana kali ini saya akan berbagi tips untuk menghitung daya listrik alias watt.

Bisa jadi Anda pernah mengalami kejadian berulang kali yang sangat menjengkelkan, listrik secara tiba-tiba mengalami penurunan daya, sedang asyik-asyiknya mengoperasikan komputer lalu tiba-tiba komputer tersebut restart sendiri karena terjadi penurunan daya, dan lebih mengganggu lagi karena hal tersebut terus berlanjut secara berulang-ulang.

Penyebab Tekanan Daya Listrik Tidak Stabil


Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa hal yang dapat menyebabkan tekanan arus listrik di rumah Anda menjadi tidak stabil. Adapun beberapa penyebab umum yang banyak dijumpai pelanggan PLN antara lain adalah tiga hal berikut ini :

  1. Instalasi jaringan listrik yang tidak memenuhi standar
  2. Menggunakan kabel yang tidak layak (kualitasnya buruk atau terlalu kecil)
  3. Terdapat banyak sambungan kabel yang tidak tertutup dengan baik

Untuk mengetahui apa penyebab tekanan listrik di rumah Anda tidak stabil yang mengakibatkan perangkat elektronik di rumah seperti komputer atau yang lainnya sering mati atau lampu yang sedang menyala tiba-tiba redup sebentar lalu terang kembali, pertama-tama yang perlu Anda cek adalah total daya (watt) listrik di rumah Anda.

Pastikan daya yang dibutuhkan untuk mengoperasikan perangkat elektronik baik itu komputer, kulkas, mesin cuci, rice cooker, dll tidak melebihi total watt listrik dirumah Anda. Ada sekian banyak perangkat elektrik yang menyedot banyak daya, seperti alat memasak, strika, dll.

Misalkan Anda mendaftar listrik dengan total daya 450 watt, kemudian Anda memiliki beberapa perangkat elektrik berupa komputer, strika, kulkas, dan televisi. Dengan bermodalkan daya listrik 450 watt, maka Anda tidak bisa menggunakan kesemua perangkat elektronik tersebut secara bersamaan karena total daya listrik Anda hanya berjumlah 450 watt.

Sebagai informasi, komputer membutuhkan daya 200 watt, kulkas Anda saya asumsikan membutuhkan daya 200 watt dan strika membutuhkan 200 watt, maka total kebutuhan daya adalah 600 watt. Dengan demikian, maka listrik di rumah Anda akan mati dengan sendirinya karena daya yang dibutuhkan sudah melebihi daya maksimal listrik di rumah Anda, yaitu 450 watt.

Jika kasusnya seperti itu, maka solusinya adalah dengan meng-upgrade daya listrik di rumah Anda ke 900 watt sehingga tidak akan mengganggu aktivitas Anda.

Cara Mengetahui Berapa Daya Listrik di Rumah Anda


Nah, berikut ini adalah cara mudah untuk mengetahui berapa daya listrik di rumah kita agar kita dapat menggunakannya secara tepat.

Silakan perhatikan gambar saklar/MCB berikut ini.

Cara Menghitung dan Mengetahui Daya Listrik (Watt) 1


Cara Menghitung dan Mengetahui Daya Listrik (Watt) 2

Spesifikasi MCB diatas adalah 10 ampere dan 230 volt, maka cara untuk menghitung berapa jumlah total daya listrik adalah dengan menggunakan rumus sederhana berikut :

Watt = A (Ampere) x (dikalikan) V (Volt)
Watt = 10A x 230V = total daya listrik 2300 Watt

Bagaimana, sangat mudah bukan?

Sakarang Anda sudah mengetahui bagaimana cara menghitung total daya listrik di rumah Anda yang ternyata sangatlah mudah.

Penutup


Demikian info cara menghitung dan mengetahui total daya listrik di rumah. Semoga informasi ini berguna bagi Anda yang selama ini mungkin masih bingung dan hanya tahu jumlah daya dari kwitansi pembayaran tagihan listrik bulanan.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close