Skip to main content

Cara Mengaktifkan Laporan Pengiriman SMS di HP Android

Secara default, fitur laporan SMS di HP Android dalam kondisi nonaktif, sehingga Anda perlu mengaktifkannya jika menginginkan adanya laporan masuk setiap kali Anda mengirim SMS dari smartphone Android Anda.

Meskipun sebenarnya sekarang ini sudah jamannya berbagi pesan lewat social messaging seperti WhatsApp, Line, WeChat, dan lain-lain, namun sebagian pengguna ponsel tetap mengirim SMS melalui aplikasi messaging bawaan ponsel.

Jika pada featured phone waktu pengiriman SMS beserta kapan masuknya dapat diketahui dengan cukup mudah, di HP Android Anda perlu mengeceknya dengan masuk ke detail message.

Nah, kali ini saya akan berbagi informasi cara mengaktifkan laporan pengiriman SMS di Android agar Anda dapat mengetahui kapan SMS yang Anda kirim tersebut masuk ke ponsel teman Anda. Langkah-langkahnya cukup mudah, Anda tidak akan menemui kesulitan apapun.

Cara Mengaktifkan Laporan SMS di Android 


Sebagai catatan, panduan cara mengaktifkan laporan SMS terkirim di HP Android berikut ini bisa sedikit berbeda dengan HP Android Anda karena seperti diketahui Android memiliki beberapa versi OS dimana setiap versi Android memiliki user interface yang berbeda-beda. Namun, secara keseluruhan caranya hampir sama. Intinya, Anda perlu masuk ke pengaturan Pesan.

Adapun tutorial berikut ini relevan untuk versi Android KitKat, Lollipop, dan Android Marshmallow. Berikut langkah-langkahnya.

Silakan masuk ke menu Pesan / Messaging pada HP Android Anda.

Cara Mengaktifkan Laporan Pengiriman SMS di HP Android 1

Anda bisa perhatikan gambar diatas, tap pada bagian titik 3 sehingga akan muncul jendela pengaturan pesan.

Cara Mengaktifkan Laporan Pengiriman SMS di HP Android 2

Pada menu pengaturan pesan teks (SMS) Android terdapat menu Minta laporan terkirim. Nah, Anda perlu tap menu tersebut untuk mengaktifkan fitur laporan pengiriman SMS.

Selain mengaktifkan laporan pesan terkirim, Anda juga dapat mengaktifkan Minta laporan terbaca. Ini sangat berguna jika Anda ingin memastikan pesan yang Anda kirim telah diterima oleh nomor yang Anda kirimi SMS.

Catatan


Biasanya pengguna Android menggunakan dual sim card pada smartphone Android miliknya. Jika Anda juga menggunakan 2 kartu SIM, maka Anda perlu mengaktifkan laporan SMS terkirim pada masing-masing SIM card sehingga keduanya akan memberikan laporan ketika Anda gunakan untuk mengirim pesan.

Penutup


Demikianlah cara mengaktifkan laporan SMS terkirim di Android, semoga informasi ini berguna bagi Anda. Dan untuk Android versi Pie atau diatasnya, Anda bisa menemukan menu pengaturan pesan teks dengan masuk ke menu Pengaturan / Settings lalu ketik Pesan atau Messaging pada kotak pencarian aplikasi.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close