Cara Mengatahui Siapa yang Menyambung Wifi - Hotspot Kita

Smartphone seperti Android dilengkapi fitur Hotspot Tethering dimana dengan fitur ini pengguna bisa saling berbagi koneksi dengan orang lain. Anda juga diberikan pilihan apakah ingin memproteksi hotspot HP Anda dengan password atau membiarkannya terbuka (open) sehingga siapapun bisa menyambung wifi Anda.

Menyinggung tentang hotspot tethering, Anda mungkin tertarik untuk mengetahui cara mengetahui siapa yang menyambung wifi HP Anda. Sebenarnya hal tersebut dapat dilakukan dengan sangat mudah, bahkan tanpa membutuhkan aplikasi tambahan apapun. Cukup dengan fitur di HP, Anda dapat mengetahui siapa yang terhubung ke wifi kita.

Cara Mengetahui Siapa yang Menyambung Wifi Hotspot HP Kita


Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengetahui siapa saja yang terhubung dengan hotspot Android miliki kita.

Seperti dijelaskan sebelumnya, kita bisa memberi password pada hotspot Android milik kita supaya tidak semua orang bisa tethering atau terhubung. Tujuannya tentu saja untuk menghemat kuota internet.

Selain untuk hemat kuota data, membatasi akses hotspot juga dapat menjaga smartphone Anda tetap aman dari serangan pihak yang tidak bertanggung jawab ataupun infeksi virus yang membahayakan.

Namun demikian, saat ini sudah banyak trik yang dibagikan secara luas di internet mengenai cara bisa tersambung ke wifi yang diberi password. Jadi, Anda perlu sedikit care mengenai hal ini.

Dan supaya semakin aman, Anda dapat mengecek siapa saja yang tethering ke hotspot milik Anda, kemudian Anda dapat memblokir perangkata tau HP yang tidak Anda kenal agar tidak menghabiskan kuota internet Anda.

1. Melalui Papan Informasi Hotspot di Smartphone


Cara termudah untuk mengetahui siapa saja yang tethering ke hotspot kita adalah dengan mengecek papan pemberitahuan di layar smartphone Android.

Cara ini sangatlah praktis dan mudah. Berikut adalah langkah-langkah mengecek siapa yang tersambung ke hotspot milik kita lewat papan pemberitahuan di HP.

Langkah Pertama - Membuat Hotspot di HP Android

  • Pertama, silakan membuat hotspot di smartphone Anda terlebih dulu.
  • Lalu buatlah password untuk hotspot tersebut. Tujuannya adalah agar kuota internet tidak cepat habis dan juga aman dari ancaman serangan.
    Cara Cek Siapa yang Menyambung Hotspot Android
Langkah Kedua - Mengecek Siapa Saja yang Tersambung ke Hotspot Android Anda

  • Usai Anda mengaktifkan hotspot di smartphone, silakan geser bagian atas layar untuk membuka papan notifikasi.
  • Anda bisa melihat berapa jumlah perangkat yang tersambung ke hotspot Anda. Berikutnya, klik pada tulisan Tethering or Hotspot Active. untuk mengetahui daftar perangkat yang terhubung.
  • Lalu klik menu Connected Devices untuk melihat secara rinci siapa saja yang tersambung ke hotspot - wifi Anda. Selain itu, Anda juga dimungkinkan untuk melihat MAC (Media Access Control) address perangkat yang terhubung.
    Cara Cek Siapa yang Menyambung Wifi Kita
Langkah Terakhir - Cek Hotspot Connected Device selesai.

Sekarang Anda sudah mengetahui daftar HP Android lain atau perangkat komputer yang tersambung ke hotspot Anda.

2. Melalui Menu Pengatusan Smartphone


Cara berikutnya untuk bisa mengetahui siap yang menyambung hotspot kita adalah melalui menu pengaturan atau settings di HP Android kita.

Cara yang kedua ini juga tidak kalah mudahnya dengan cara yang pertama. Dan dibawah ini dijelaskan langkah-langkah untuk mengetahui siapa yang tersambung ke hotspot kita lewat menu pengaturan.

Langkah Pertama - Membuat Hotspot di Android
  • Sama seperti cara pertama, hal pertama yang perlu dilakukan sudah pasti membuat hotspot terlebih dahulu di HP Android milik Anda.
  • Lalu silakan set password-nya. Tujuannya adalah supaya hotspot kita tidak dipakai orang lain yang tidak kita kehendaki.

    Cara Mengatahui Siapa yang Menyambung Hotspot Kita
Langkah Kedua - Mengetahui Siapa Saja Tethering ke Hotspot Android mili Anda.

  • Silakan Anda buka menu utama smartphone Android, lalu buka menu Settings atau Pengaturan.
  • Pada menu Settings, silakan geser kebawah lalu pilih opsi Portable Hotspot yang terletak dalam kategori Wireless & Networks.
  • Selanjutnya pilih menu Connected Devices untuk melihat siapa saja yang tersambung pada hotspot Anda.
    Cara Mengatahui Siapa yang Menyambung Wifi
Langkah Terakhir - Finished.

Anda dapat dengan mudah mengetahui siapa yang menggunakan jaringan hotspot Android milik Anda. Selanjutnya Anda bisa memblokir user tertentu jika Anda tidak ingin user tersebut tersambung ke hotspot Anda.

Penutup


Demikianlah cara mudah untuk mengecek dan mengetahui siapa saja yang ikut terhubung ke hotspot Android milik kita. Semoga informasi ini berguna dan dapat memberikan nilai manfaat bagi Anda yang mungkin saja selama ini sering kecolongan kuotainternet karena ada beberapa user yang menggunakan hotspot milik Anda tanpa sepengetahuan Anda.
Artikeloka » Kumpulan artikel informatif

Judul Artikel: Cara Mengatahui Siapa yang Menyambung Wifi - Hotspot Kita
Ditulis Oleh: Luki H.

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Cara Mengatahui Siapa yang Menyambung Wifi - Hotspot Kita ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Cara Mengatahui Siapa yang Menyambung Wifi - Hotspot Kita"

Posting Komentar

close