Skip to main content

5 Tips Kredit Motor yang Penting Untuk Diketahui

Kredit merupakan salah satu cara alternatif untuk bisa memiliki barang yang Anda butuhkan, seperti mobil atau motor. Membeli kendaraan secara kredit sebenarnya dapat dihindari jika kita memiliki uang yang cukup untuk melakukan pembelian secara cash. Dengan membeli secara cash, kita akan terhindar dari beban bunga yang tidaklah sedikit. Namun, jika kebutuhannya tergolong mendesak dan uang yang tersimpan masih belum cukup untuk pembelian secara tunai, maka solusinya adalah dengan membeli secara kredit.

Dalam melakukan kredit kendaraan bermotor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum transaksi di sahkan. Supaya Anda terhindar dari sederet hal yang berpotensi merugikan Anda dikemudian, hari pastikan Anda memperhatikan kelima hal dibawah ini sebelum memutuskan untuk melakukan kredit motor.

5 Tips Penting Sebelum Memutuskan Kredit Motor


Beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum mengambil kredit motor antara lain adalah sebagai berikut:

1. Menghitung Keuangan Anda


Sebelum memutuskan untuk melakukan kredit motor, Anda harus menghitung dengan seksama besaran uang muka, cicilan per bulan dan total pembayarannya nanti. Hal ini wajib Anda lakukan untuk menghindari Anda dari salah hitung yang bisa membuat Anda malah terlilit hutang di kemudian hari.

Perhitungan yang ideal untuk cicilan adalah 30% dari gaji, jadi jika besar cicilan Anda melebihi jauh dari 30% gaji Anda, sebaiknya tunda atau ganti pilihan motor Anda. Karena sekali Anda melakukan kesalahan dalam tahap ini, maka akan berdampak panjang pada keuangan Anda.

2. Pilih Perusahaan Leasing Terpercaya


Banyaknya permintaan orang untuk kredit motor mendorong munculnya banyak perusahaan leasing. Masing-masing perusahaan kredit berlomba-lomba untuk memberikan kemudahan pada pembelinya, seperti dana kredit yang cepat cair, uang muka murah, bunga rendah, dan tenor pinjaman yang lama. Tapi, jangan gampang tergoda sama itu semua!

Anda harus teliti dalam memilih perusahaan leasing. Cari tahu dengan seksama kredibilitas perusahaan itu, akan lebih baik jika Anda memilih perusahaan leasing yang terdaftar di Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI). Selain itu, pilihlah lebih dari satu perusahaan leasing yang punya reputasi baik dan punya banyak kantor cabang. Lakukan perbandingan harga dan pilihlah yang paling menguntungkan untuk Anda.

3. Pilih Tenor Tidak Terlalu Panjang


Persaingan yang ketat dengan perusahaan leasing lainnya, membuat banyak perusahaan leasing memberikan program yang terlihat meringankan beban pembelinya. Cara yang sering dilakukan adalah memberikan penawaran uang muka yang rendah serta jangka waktu cicilan yang sangat panjang sehingga biaya cicilannya jadi kecil. Sekilas tentu saja ini akan sangat menggiurkan, karena proses pembayarannya jadi tidak berasa. Namun sebenarnya hal ini bisa merugikan Anda di kemudian hari.

Meski cicilannya ringan, tapi bunganya jadi lebih banyak dan hutang Anda jadi semakin banyak. Jadi yang perlu Anda perhatikan adalah besaran bunganya, bukan berapa ringan besar cicilannya. Usahakan pilih jangka waktu kredit yang tidak terlalu lama.

4. Gunakan Asuransi


Produk asuransi kendaraan terkadang diabaikan oleh pemilik motor, karena merasa tidak penting dan malah menambah pengeluaran saja. Namun dengan memiliki asuransi untuk motor Anda, sebenarnya akan memberikan keuntungan bagi Anda sendiri jika terjadi musibah atau sesuatu hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan dan kecelakaan. Biaya yang harus Anda keluarkan menjadi lebih kecil apabila Anda terkena musibah apabila Anda memiliki asuransi motor.

5. Perjelas Mengenai Pengambilan BPKB


Tips Kredit Motor

Umumnya, BPKB atau Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor akan diberikan kepada Anda setelah urusan administrasi sudah diselesaikan. Tapi tidak jarang ada perusahaan leasing yang mempersulit proses pemberian BPKB ini. Jadi sebaiknya Anda harus mengetahui dengan jelas kapan dan bagaimana Anda akan menerima BPKB motor Anda.


Penutup


Sebelum mengambil kredit, perhatikan sejumlah hal yang dirasa perlu agar Anda tidak merugi dikemudian hari. Kredit kendaraan adalah sebuah pembelian dengan proses berjangka panjang yang mengharuskan Anda untuk lebih seksama dalam berpertimbangan.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Buka Komentar
Tutup Komentar
close