Syarat Membuat Kartu Kredit Mandiri, BNI, BCA, dan Bank Lainnya

Jika Anda berniat untuk mengajukan kartu kredit di salah satu bank, tentunya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Karena kartu kredit ini sifatnya turut menimbang tingkat kelayakan pemohon, maka ada kreteria-kriteria tertentu yang wajib dipenuhi oleh pihak pemohon. Ini berbeda dengan Anda membuat rekening bank yang semua orang bisa melakukannya.

Syarat Membuat Kartu Kredit Bank BNI


Bank Nasional Indonesia (BNI) menawarkan kartu kredit dengan sejumlah syarat dibawah ini:

  1. Minimal 21 tahun untuk mengajukan kartu utama, usia minimum 17 tahun untuk kartu tambahan dan maksimal usia 65 tahun untuk mengajukan kartu utama dan kartu tambahan.
  2. Penghasilan minimum setahun Rp 36 juta per tahun
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi Bukti Penghasilan
  5. Fotokopi NPWP

Syarat Membuat Kartu Kredit Bank Mandiri


Kartu kredit Mandiri mempunyai ciri khas fiestapoin yaitu suatu program loyalti mandiri yang memberikan Anda satu poin untuk setiap pembelanjaan senilai Rp 20.000. Poin-poin ini dapat ditukarkan menjadi beragam hadiah mulai dari gadget hingga promo travelling. Transaksi yang terhitung mendapatkan fiesta poin adalah transaksi pembelanjaan retail atau non-cicilan, transaksi mandiri power bills non PLN dan transaksi recurring lainnya.

Apabila Anda tertarik untuk mengajukan kartu kredit Mandiri Anda harus memenuhi beberapa syarat dibawah ini.

  1. Fotokopi KTP
  2. Minimal berumur 21 tahun dan berpenghasilan bersih minimal Rp 3.000.000 per bulan.
  3. Fotokopi penghasilan
  4. Fotokopi NPWP
  5. Fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir
  6. Dan bagi yang sudah memiliki kartu kredit, Anda harus melampirkan tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir.

Syarat Membuat Kartu Kredit Bank BCA


Bank Central Asia (BCA) menawarkan promo yang menarik meliputi cicilan, autopay, asuransi dan reward. Disamping itu BCA juga menawarkan promo menarik seperti diskon toko online, restoran hingga untuk travelling.

Jika Anda tertarik, Anda bisa menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan untuk aplikasi kartu kredit di bank ini:

  1. Fotokopi KTP
  2. Minimal berumur 21 tahun dan berpenghasilan bersih minimal Rp 3.000.000 per bulan.
  3. Fotokopi bukti penghasilan
  4. Fotokopi NPWP
  5. Dan bagi yang sudah memiliki kartu kredit, Anda harus melampirkan tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir.

Syarat Membuat Kartu Kredit Bank Citibank


Berikut adalah syarat-syarat yang diperlukan untuk mengajukan aplikasi kartu kredit Citibank:.

  1. Minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun.
  2. Berpenghasilan minimal Rp 60 juta per tahun

Syarat Membuat Kartu Kredit Bank HSBC


Bank HSBC menawarkan kartu kredit dengan sejumlah syarat dibawah inii:

  1. Usia pendaftar aplikasi kartu utama 21-60 tahun dan syarat kartu tambahan minimal 17 tahun.
  2. Pendapatan minimal di Jabotabek sebesar Rp 5 juta dan di luarJabotabek sebesar Rp 4 juta.
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi Bukti Penghasilan
  5. Fotokopi NPWP

Tips Mengajukan Kartu Kredit Agar Disetujui Bank


Langkah paling tepat dalam mengajukan permohonan kartu kredit adalah dengan cara memenuhi semua persyaratan kelayakan yang telah ditetapkan oleh bank. Lakukan beberapa tips di bawah ini agar permohonan kartu kredit Anda segera disetujui:
1. Pastikan Anda Layak Mendapatkannya
Hal pertama yang harus Anda pikirkan dan pertimbangkan sebelum melakukan pengajuan kartu kredit adalah mengenai kelayakan Anda di mata bank. Ini merupakan salah satu hal paling fatal yang akan membuat aplikasi Anda akan disetujui atau ditolak oleh pihak bank. Bagaimana bisa?
Tentu saja bisa, karena di luar semua persyaratan lainnya yang diminta oleh bank, maka hal terpenting yang mereka lihat adalah mengenai kelayakan dan juga kemampuan Anda untuk menanggung semua risiko/utang yang akan timbul di dalam kartu kredit Anda nantinya. Pertimbangkan beberapa poin di bawah ini, terkait dengan kelayakan Anda untuk mendapatkan kartu kredit dari bank:
  • IDI yang Bersih
    Ketika Anda mengajukan permohonan kartu kredit, maka bank akan melakukan pengecekan mengenai riwayat kredit Anda di bank/lembaga pembiayaan lainnya. Bank akan meminta Informasi Debitur Individual (IDI) Anda dari Bank Indonesia sebagai pihak yang mengelola SID. Hal ini dilakukan untuk memastikan bagaimana kemampuan dan komitmen Anda dalam menerima fasilitas kartu kredit dari bank.

    Jika Anda memiliki riwayat kredit yang buruk sebelumnya, atau dengan kata lain pernah bermasalah dalam urusan cicilan dan yang lainnya, maka bisa dipastikan aplikasi kartu kredit Anda akan ditolak oleh bank. Pastikan Anda memiliki riwayat kredit yang bersih dan tidak bermasalah saat akan mengajukan permohonan kartu kredit.
  • Pekerjaan yang memenuhi standarBank memiliki standar khusus bagi para karyawan, di mana pada umumnya bank akan lebih mudah menyetujui kartu kredit yang diajukan oleh para karyawan yang bekerja di perusahaan besar/bonafit. Namun, bukan berarti bank tidak menyetujui pengajuan yang berasal dari karyawan perusahaan yang kecil. Perhatikan beberapa poin di bawah ini terkait dengan pekerjaan Anda:
    • Perusahaan/kantor tempat Anda bekerja wajib memiliki fasilitas telepon fix line dan mudah dihubungi untuk verifikasi.
    • Memiliki penghasilan/gaji yang mencukupi (minimal Rp3 juta rupiah per bulannya). Hal ini tentu harus didukung oleh slip gaji atau Surat Keterangan Penghasilan (SKP) yang dikeluarkan oleh bagian keuangan di perusahaan.
    • Kantor yang layak dan memiliki fasilitas yang semestinya, sehingga bank memberikan penilaian yang baik jika sewaktu-waktu mereka melakukan survey atas pengajuan yang Anda lakukan.
    • Setidaknya Anda telah bekerja minimal selama satu tahun dan telah berstatus sebagai karyawan tetap di perusahaan tersebut.
  • Tempat Tinggal yang SesuaiSebaiknya Anda mengajukan kartu kredit di tempat/wilayah yang sesuai dengan KTP Anda, sehingga bank akan lebih percaya dan mudah menemukan alamat tempat tinggal Anda. Hal ini akan menjadi poin penting bagi bank, karena mereka merasa lebih mudah menemukan keberadaan Anda jika sewaktu-waktu Anda bermasalah dengan kartu kredit yang Anda ajukan. Simak beberapa poin di bawah ini, terkait dengan tempat tinggal Anda:
    • Akan sangat baik jika nomor telepon di rumah Anda fix line. Pastikan orang rumah menerima verifikasi bank dengan baik dan sesuai data sebenarnya.
    • Beritahu orang rumah jika Anda mengajukan permohonan kartu kredit, hal ini penting agar mereka tidak kaget jika sewaktu-waktu bank melakukan survey ke rumah Anda.
2. Ajukan dan Lengkapi Aplikasi dengan Data dan Dokumen yang Valid
Jika Anda merasa telah layak dan mampu memenuhi beberapa poin di atas, maka Anda bisa mengajukan permohonan kartu kredit Anda ke bank. Simak beberapa poin di bawah ini ketika Anda akan mengajukan kartu kredit ke bank:
  • Pilih Bank yang TepatAda banyak bank yang memberikan fasilitas kartu kredit, namun sebagai calon aplikan pemula, ada baiknya Anda memikirkan untuk mengajukan aplikasi ke sebuah bank yang memiliki tingkat approval tinggi bagi orang yang belum pernah memiliki kartu kredit (pengajuan dengan slip gaji/SKP). Pilih salah satu bank yang memiliki kriteria tersebut dan perhatikan beberapa poin di bawah ini sebagai tambahan:
    • Pilih bank yang digunakan kantor untuk membayar payroll. Akan sangat baik jika Anda mengajukan kartu kredit pada bank yang sama di mana kantor Anda membayar gaji karyawan setiap bulannya. Dengan begitu, bank akan dengan mudah melihat riwayat keuangan Anda di dalam rekening pribadi Anda.
    • Pastikan saldo tabungan dan juga perputaran dana di dalam tabungan Anda selama 3 bulan terakhir dalam keadaan baik dan mencukupi. Hal ini akan dilihat oleh bank sebagai gambaran kemampuan keuangan yang Anda miliki.
  • Lengkapi Persyaratan yang DimintaPastikan Anda melengkapi semua persyaratan yang diminta oleh pihak bank, karena hal ini akan mempermudah proses pengajuan aplikasi yang Anda lakukan. Pengajuan aplikasi yang tidak lengkap dan sesuai dengan ketentuan hanya akan berakhir dengan penolakan dari pihak bank.
    • Isi formulir aplikasi dengan data yang benar dan sesuai. Pastikan Anda mengisi semua kolom dengan hati-hati dan jangan lupa untuk selalu menandatangani aplikasi tersebut.
    • Kondisikan emergency contact (keluarga tidak serumah) sebelum Anda mengisinya di aplikasi. Hal ini sering menjadi penyebab ditolaknya pengajuan kartu kredit, karena itu hubungi dan kondisikan dengan baik sebelum Anda mencantumkan nama seseorang sebagai emergency contact Anda.
    • Legkapi aplikasi dengan dokumen yang layak, seperti: fotokopi KTP, fotokopi NPWP, slip gaji/SKP (asli), serta fotokopi rekening tabungan 3 bulan terakhir (jika dibutuhkan).
  • Ajukan di Tempat yang TepatAda beberapa pilihan tempat mengajukan kartu kredit yang bisa Anda pilih, di antaranya:
    • Anda bisa mendatangi bank terdekat dan mengajukan permohonan kartu kredit secara langsung di sana.
    • Anda juga bisa mengajukannya secara online dengan mengunjungi website resmi bank yang Anda pilih.
    • Anda bisa memanfaatkan program Member Get Member (MGM) yang biasanya diberikan oleh bank kepada nasabah pengguna kartu kredit mereka, di mana nasabah tersebut akan merekomendasikan seseorang yang dianggapnya layak untuk menerima program tersebut. Barangkali teman, keluarga, atau rekan kerja Anda memiliki program MGM dari kartu kreditnya, karena dengan begini akan lebih mudah disetujui.
    • Anda juga bisa mengajukan permohonan kartu kredit di mall/supermarket ketika bank mengadakan promosi di sana.

Penutup


Syarat Membuat Kartu Kredit

Demikian, semoga informasi ini berguna bagi Anda. Jika sudah memiliki kartu kredit, pastikan Anda menggunakannya dengan sebaik-baiknya dan tidak menjadikannya sebagai alat untuk "memperboros" keuangan Anda.


0 comments

Post a Comment