Skip to main content

Contoh Naskah Pembawa Acara Resmi

Untuk Anda yang memiliki kesempatan untuk menjadi seorang pembawa acara alias MC, sudah seyogyanya bagi Anda untuk mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin agar keberlangsungan acara yang akan Anda pandu benar-benar dapat terlaksana dengan baik berkat sentuhan Anda.

Menjadi seorang MC sejatinya adalah sebuah pekerjaan yang sangat menyenangkan, namun bagi seorang pemula Anda mungkin masih membutuhkan referensi atau panduan untuk menjadi pembawa acara yang baik. Adapun salah satu persiapan yang perlu diperhatikan adalah naskah susunan acara yang akan Anda pandu.

Contoh Teks Pembaca Acara Resmi


Sebagai bahan referensi atau masukan bagi Anda yang baru pertama kali akan menjadi MC, berikut ini saya share sebuah contoh naskah pembawa acara formal yang bisa Anda hafalkan.

Adapun contoh teks mc resmi berikut ini adalah teks pembawa acara pada acara Seminar Nasional dengan tema sosial, yakni "Anti Narkotika".

Assalamu'alaikum.. Salam sejahtera!

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera bagi Kita Semua

Dengan mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkah dan rahmatnya kita dapat berkumpul di acara yang sangat kita nanti – nantikan ini, yaitu seminar nasional tentang bahaya narkoba.

Sebelumnya, saya ucapkan selamat datang kepada Bapak Amal Ubaidillah beserta rombongan Badan Narkotika Nasional.

Selamat datang kepada Bapak Kapolda Jawa Barat
Selamat datang kepada Bapak Cahaya Hary, selaku dokter RSUD bidang narkoba.
Sekali lagi kami ucapkan terimakasih atas kehadiran Bapak dan Ibu sekalian.

Hadirin yang berbahagia, sebelum kita memulai acara ini, marilah kita berdoa sesuai dengan kepercayaan masing – masing, semoga Tuhan menjadikan acara ini bermanfaat bagi kita semua, serta acara ini akan berjalan dengan lancar dan kondusif.

Berdoa mulai

Bapak/ Ibu serta hadirin yang berbahagia, sebelum  kita memasuki acara inti, saya akan membacakan susunan acara kita pagi hari ini. Susunan acara kita hari ini adalah sebagai berikut :

  1. Pembukaan
  2. Sambutan dari Ketua Pelaksana
  3. Seminar Tentang Narkoba yang akan dipimpin oleh Bapak Amal Ubaidillah
  4. Seminar Tentang Bahaya Peredaran Narkoba oleh Bapak Kapolda
  5. Seminar tentang Bahaya penyalah gunaan narkoba bagi kesehatan oleh Bapak Cahaya Hary
  6. Sesi Tanya Jawab
  7. Testimoni dari mantan pecandu Narkoba
  8. Ikrar untuk memerangi Narkoba
  9. Penutup

Hadirin yang berbahagia, langsung saja saya persilakan kepada ketua pelaksana untuk memberikan sambutannya.

(Setelah Sambutan Selesai)

Terimakasih kepada ketua pelaksana atas sambutannya, Marilah kita menuju acara inti yaitu seminar nasional tentang narkoba.

Seminar yang pertama tentang narkoba akan dipimpin oleh Bapak Amal Ubaidillah sebagai pembicara. Beliau adalah seorang tokoh yang sangat gigih dalam memerangi Narkoba di negeri ini. Marilah kita sambut Bapak Amal Ubaidillah.

(Setelah selesai)

Demikianlah apa yang bisa disampaikan oleh Bapak Amal Ubaidillah, terimakasih atas waktunya. Kemudian, seminar selanjutnya akan dipimpin oleh Bapak Kapolda sebagai pembicara dalam seminar tentang bahaya peredaran narkoba. Beliau sudah mengabdikan dirinya selama puluhan tahun dalam memberantas narkoba. Marilah kita sambut, Bapak Kapolda.

(Setelah selesai)

Terimakasih kepada Bapak Kapolda, semoga Bapak diberikan kesehatan dalam bertugas agar narkoba di negeri ini bisa hilang. Hadirin sekalian, seminar yang terakhir adalah penjelasan tentang bahaya narkoba bagi kesehatan yang akan disampaikan oleh Dr. Cahaya Hary sebagai pembicara. Beliau adalah dokter yang menangani para penderita narkoba. Kepada Beliau, kami persilakan.

(Setelah selesai)

Terimakasih kepada Dr. Cahaya Hary, semoga bapak selalu diberikan kesehatan dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Hadirin sekalian, marilah kita beri aplaus kepada ketiga para pembicara kita ini. Acara selanjutnya adalah diskusi atau tanya jawab yang akan dipandu oleh saudara Komang Saputra sebagai moderator. Kepada Suadara Komang Saputra, saya persilakan.

(Setelah selesai)

Hadirin yang berbahagia selanjutnya adalah Testimoni dari para pecandu narkoba tentang pengalaman mereka bergelut di dalam lingkaran hitam, narkoba. Mereka adalah orang – orang yang selamat dari narkoba dan kini mengabdikan dirinya sebagai anggota BNN. Kepada bapak – bapak, kami persilakan.

Terimakasih saya ucapkan kepada bapak atas testimonial semoga yang Bapak sampaikan bisa bermanfaat bagi kita semua. Acara selanjutnya adalah ikrar anti narkoba yang akan dipimpin oleh Bapak Husni Kamalan. Hadirin dipersilakan berdiri.

Hadirin yang berbahagia, akhirnya kita telah sampai di penghujung acara ini, yaitu penutup. Saya selaku pembawa acara mohon maaf jika ada kesalahan – kesalahan dalam membawakan acara ini dan marilah kita menutup acara ini dengan doa semoga acara yang telah kita selesaikan ini bermanfaat bagi kita semua.

Berdoa mulai …

Amin…

Jauhilah Narkoba, ingatlah bahwa narkoba merusak generasi bangsa! Terimakasih atas perhatiannya Bapak / Ibu dan para hadirin pada umumnya.

Akhir kata dari saya... Wassalam'ualaikum Wr. Wb.

Penutup


Contoh Naskah Pembawa Acara Resmi

Demikianlah contoh naskah pembawa acara formal yang dapat saya share dengan sahabat pembaca pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini berguna dan dapat memberikan masukan bermanfaat bagi Anda.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Buka Komentar
Tutup Komentar
close