Skip to main content

Jenis - Jenis Permainan yang Bisa Mencerdaskan Anak

Bermain bukan hanya sekedar untuk bersenang – senang, tetapi juga harus mengandung manfaat yang didapatkan dari permainan tersebut. Ibaranya adalah sambil menyelam meminum air, hal ini sama halnya ketika bermain ibaratnya sambil bermain juga dapat mengasah kecerdasan anak.

Di era yang serba digital saat ini banyak sekali orang tua yang dengan mudahnya memberikan gadget kepada anaknya bahkan itu adalah untuk anak yang masih balita. Mereka banyak yang mencari cara yang praktis dan instan untuk menenangkan anaknya ketika sedang merengek atau rewel. Tidak mau mendengar jika anak menangis atau rewel, orang tua mengatasinya dengan memutakan video Youtube lewat ponsel atau gadget orang tua sehingga lama kelamaan anak tidak akan berhenti menangis sebelum orang tuanya memutarkan video lewat gadget.

Hal inilah yang sebaiknya diwaspadai bagi para orang tua, dimana dengan memainkan gadget atau hanya sekedar menonton video akan menimbulkan dampak negatif untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Selain merusak mata, anak juga akan cenderung untuk berfikir secara singkat, anak yang diinginkan adalah serba cepat, mampu memperlambat kecerdasan motorik anak serta hal yang sangat berbahaya adalah menjadikan anak menjadi ketagihan.

Dimana terdapat sebuah metode permainan yang dikenal dengan nama Montessori yang dapat anda lakukan dan anda terapkan pada anak kecil anda. metode mentessori ini pertama kali diciptakan oleh salah satu dokter yang bernama Maria Montessori pada tahun 1907. Dimana menurut Maria, dalam setiap tingkatan usia akan mempelajari hal yang tentunya berbeda – beda. Misalnya saja pada umur ke 2 tahun anak sudah dapat membedakan warna, sedangkan pada tahun pertama anak baru diarahkan untuk tertarik dengan benda – benda yang kecil karena adanya koordinasi mata dengan tangan yang sudah mulai lebih akurat. Dari sinilah metode montessori mulai dikenalkan.

Pada setiap anak akan melewati masa peka atau periode sensitif. Dimana pada setiap masa peka tersebut, anak – anak akan membutuhkan permainan yang berbeda – beda. Sebaliknya apabila pemberian mainan yang tidak sesuai dengan masa peka atau periode sensitif yang dilewatinya, maka yang terjadi adalah permainan tersebut tidak akan membawa dampak apa – apa bagi anak, kecuali jika anak akan menjadi semakin benci terhadap permainan tersebut.

Jenis Permainan yang Mencerdaskan Anak


Tidak kalah dengan gadget yang semakin hari semakin canggih, namun permainan rumah juga ada yang dapat anda terapkan ketika anak anda bermain tanpa harus merusak mata atau kesehatan yang lain pada anak. Berikut adalah beberapa permaian Montessori yang dapat anda berikan kepada buah hati anda.

  • Flubby Jelly

Salah satu permainan montessori yang dapat anda berikan kepada anak anda adalah flubby jelly. Dimana permainan ini memiliki bentuk berupa jelly yang tentunya dapat dimakan dan aman. Dari permaian flubby jelly ini buah hati akan mampu merasakan hal yang lain dari apa yang biasanya anak pegang. Mungkin kadang kala awalnya anak akan merasa jijik, namun anda tidak perlu khawatir karena apabila anak sudah berani untuk mencoba dan berusaha untuk bermain dengan jelly tersebut anak anda akan ketagihan. Cara untuk membuat flubby jelly ini juga sangatlah mudah, cukup dengan menggunakan jelly merk apapun yang berada di toko – toko atau pasar terdekat, anda juga tidak perlu menambahkan gula. Kemudian masak hingga mendidih dan menuangkan jelly tersebut ke dalam wadah yang cukup besar. Tunggu terlebih dahulu hingga cairan tersebut menjadi keras membentuk agar – agar, dan jelly sudah siap untuk dimainkan oleh anak.

  • Bongkar Pasang

Jenis mainan lego merupakan seperangkat mainan susun bangun yang bahannya berupa plastik dan berbentuk persegi panjang dan bergerigi sehingga potongan – potongan tersebut dapat disajikan. Kenapa jenis mainan ini dikatakan mainan anak yang seperangkat, hal ini karena memang mainan ini terdiri dari banyak bentuk persegi panjang yang mampu dibangun dengan beragam bentuk. Misalnya saja dengan bentuk mobil, motor, kereta api, pesawat, gedung, rumah, atau jenis model lainnya.

Mainan lego ini memang dikemas dengan berbagai warna yang beraneka ragam agar permainan lebih indah dan menarik. Semua potongan – potongan dari persegi panjang tersebut dapat dibuat dan juga dibangun sesuai dengan kreatifitas dan keinginan dari anak sehingga akan semakin mengasah imajinasi dari anak. Selain itu, permainan ini juga dapat dikatakan awet, karena bangunan lego yang telah dibuat dan dibentuk dapat dibongkar kembali dan dibuat menjadi bentuk lain yang sesuai dengan apa yang diinginkan.

  • Play Dough

Bermain dengan menggunakan play dough merupakan salah satu permaian yang seru dilakukan bagi anak – anak. Apabila anak sudah bermain dengan play dough maka mereka biasanya akan lupa waktu. Anda juga dapat mengajak buah hati anda untuk membuat hewan kesukaan atau bentuk – bentuk yang dia senangi dengan menggunakan play dough. Sehingga dengan hal tersebut dan tidak membatasi kreatifitas anak, maka mereka akan merasa nyaman dan tidak ada beban untuk mengembangkan imajinasinya. Apabila anda ingin menghemat pengeluaran, anda juga dapat menggunakan atau membuat play dough ini sendiri dengan bahan tepung yang tentunya akan aman ketika dimainkan oleh anak.

  • Berlatih Menggambar dan Mewarnai

Belajar dan juga mewarnai merukan suatu kegiatan yang bermanfaat sangat baik untuk perkembangan anak. Melalui kegiatan menggambar, anak akan dapat menuangkan segala imajinasinya tanpa harus membatasi. Gambar – gambar apapun yang mereka hasilkan akan menunjukkan tingkat kreatifitas dan mencerminkan suasana dari hati masing – masing anak. Selain itu, manfaat lain dari menggambar dan mewarnai diantaranya adalah sebagai media untuk berekspresi, buah hati akan membantu mengenal perbedaan warna, melatih motorik anak misalnya dengan mengajari bagaimana cara menggenggam pensil warna atau crayon, melatih kemampuan koordinasi antara mata dengan tangan, mampu meningkatkan daya konsentrasi serta melatih buah hati untuk keputususan yang dapat dilihat ketika anak memilih warna.

  • Gelembung Sabun

Jenis permainan lainnya yang mampu mengasak motorik anak yaitu dengan menggunakan gelembung sabun sebagai media permainan. Anda sebagai orang tua juga dapat menggunakan dan membuat permainan ini sendiri. Dimana permainan ini akan sangat disukai bagi buah hati karena dianggap menarik. Cobalah anda juga mengamati adanya reaksi gembira yang diluapkan ketika buah hati meniup gelembung sabun tersebut. Hanya saja yang perlu anda awasi adalah memastikan bahwa tidak ada gelembung – gelembung yang menghampiri wajah buah hati anda. Karena apabila gelembung sabun tersebut pecah tepat di dekat mata anak anda, maka yang di khawatirkan dapat menyebabkan perih pada bagian mata anak anda.

  • Practical Life

Ada banyak yang dapat anda lakukan untuk mengasah dan meningkatkan motorik anak. Dengan hal yang sederhana, namun ketika anak anda melakukannya maka buah hati akan membutuhkan banyak energi untuk menyelesaikannya. Misalnya dengan menggunakan jepit jemuran yang mungkin adalah hal yang biasa. Namun, coba anda membuat aktifitas yang seru misalnya dengan mengajak anak seolah – olah membantu menjemur pakaian. Mereka akan sepenuh tenaga demi melakukan kegiatan tersebut.

Jenis - Jenis Permainan yang Bisa Mencerdaskan Anak

Cara lainnya misalnya yaitu dengan belajar memasak. Bukan berati anak ikut kegiatan dari awak hingga akhir, tetapi libatkan akan ke dalam beberapa step atau langkah yang ringan yang dapat dilakukan oleh buah hati dan tentunya kegiatan tersebut tidak membahayakan bagi anak anda.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close