Penyebab Terjadinya Mata Bengkak

Bagi setiap orang yang pernah mengalami bengkak pada bagian mata, tentunya akan mengakibatkan mata anda terasa tidak nyaman baik itu secara fisik atau psikis. Memang setiap mata yang bengkak ada yang terasa sakit ada pula yang tidak, namun yang pasti adalah ada perubahan pada wajah anda dan membuat anda kurang percaya diri untuk keluar rumah.

Mata bengkak atau sering disebut sebagai periorbital memang sering terjadi pada bagian kelopak mata. Selain itu penyebab terjadinya mata bengkak juga disebabkan karena sedang mengalami alergi. Selain mata bengkak, alergi juga mampu disertai dengan tanda – tanda atau gejala misalnya adalah mata merah dan terasa gatal. Terjadinya kelebihan cairan atau edema dalam jaringan ikat di daerah sekitar mata biasanya akan mengakibatkan mata anda menjadi bengkak. Banyak faktor pula yang dapat mengakibatkan terjadinya mata bengkak, di antaranya akibat anda menangis dalam jangka waktu yang cukup lama pula, infeksi, trauma atau juga bisa karena cedera lain yang terjadi di sekitar mata. Oleh karena itu, sebaiknya anda menganal lebih lanjut menganai mata yang dalam kondisi bengkak, dan berikut ini merupakan beberapa jenis dan penyebab mata anda menjadi bengkak.

Beberapa Penyebab Terjadinya Mata Bengkak


  • Kurang Tidur

Penyabab terjadinya mata anda menjadi bengkak juga dapat atau sering dialami bagi mereka yang kurang sekali waktu tidur meraka atau karena memang terlalu sering begadang. Bukan hanya mata anda yang bengkak dan juga kulit berubah pucat, bagi seseorang yang kurang dalam tidurnya apalagi sudah berlangsung sudah lama, kemungkinan yang terjadi pada diri anda akan memiliki kulit yang tidak segar, kulit berkerut dan terdapat lingkaran hitam pada daerah area bawah mata anda. dimana munculnya lingkaran hitam pada daerah mata sering disebut dengan mata panda.

Bukan hanya itu, korsitol juga akan dilepaskan oleh tubuh ketika seseorang kurang dalam beristirahat. Sehingga hormon stress ini yang dapat memecah kolagen dan mengakibatkan secara lambat laun kulit anda akan berkerut dan tidak kenyal lagi. Kurang tidur juga mampu mengakibatkan produksi hormon pertumbuhan anda akan mengalami penurunan sehingga akan mengurangi ketebalan kulit, kerapuhan tulang dan juga berkurangnya massa otot.

  • Kalazion atau Kista Meibomian

Kista meibomian atau kalazion adalah penyakit yang timbul dengan tanda – tanda munculnya benjolan pada bagian kelopak mata anda. Karena adanya benjolan tersebut pada bagian kelopak mata anda wajar sekali apabila mata akan terlihat bengkak. Dimana tumbuhnya benjolan di kelopak mata yang biasanya disebabkan karena peradangan di dalam kelenjar kulit. Benjolan tersebut biasanya akan bertahan selama beberapa hari bahkan hingga beberapa minggu pula. Selain mata anda akan bengkak, adaya benjolan ini terkadang juga dapat mengakibatkan kelopak mata anda akan menjadi kemerahan, terasa hangat dan akan terasa sakit apabila tersentuh.

Penyakit kalazion juga diakibatkan oleh kelenjar minyak di daerah kelopak mata anda yang tersumbat. Ketika tersumbat, kelenjar tersebut akan masih terus memproduksi minyak sehingga akan menimbulkan terjadinya penumpukan dalam tubuh. Hal inilah yang dapat mengakibatkan terjadinya benjolan pada bagian kelopak mata anda. Saat pecah, minyak yang telah menumpuk tadi akan mengalir ke dalam jaringan di bagian kelopak mata dan akan terjadi peradangan.

  • Alergi

Penyebab lainnya mata bengkak adalah karena bentuk reaksi alami tubuh anda terhadap alergi. Bukan hanya bengkak, alergi juga dapat mengakibatkan ketidaknyamanan pada bagian mata yang ditandai dengan mata yang berair, gatal dan mata berwarna merah. Ketika terpapar oleh alergen, sistem kekebalan tubuh anda akan bereaksi terhadap alergen dengan cara mengeluarkan histamin. Zat inilah yang mampu memicu terjadinya mata anda menjadi bengkak.

Alergen sendiri merupakan benda atau suatu unsur yang dapat mengakibatkan terjadinya alergi. Adapun alergen yang menyebabkan mata anda menjadi bengkak dapat juga berasal dari luar atau dari dalam rumah. Sebagai contoh yang berasal dari luar rumah dapat berupa serbuk sari dari bunga atau karena jamur. Sedangkan ketika di dalam rumah biasanya dan yang harus anda waspadai adalah dengan bulu binatang peliharaan semisal bulu kucing, bulu anjing atau jenis hewan peliharaan lainnya. adanya jamur – jamur kecil yang biasanya tumbuh di kayu atau juga di dinding yang bersuhu lembab di dalam rumah juga mampu mengakibatkan kulit atau mata anda mengalami alergi.

  • Blefaritis

Penyebab lainnya yang mungkin dapat mengakibatkan mata anda bengkak adalah penyakit blefaritis. Dimana penyakit ini merupakan salah satu dari peradangan pada bagian kelopak mata yang dapat terjadi dalam dua kondisi atau bentu yaitu anterior dan posterior. Apabila anterior merupakan bentuk peradangan yang terjadinya di bagian tepi luar kelopak mata, sedangkan pada bentuk posterior berada di bagian dalam kelopak mata. Penyebab dari peradangan blefaritis luar dapat berupa bakteri, namun sedangkan yang terjadi di dalam kelopak mata biasanya disebabkan karena adanya gangguan kelenjar minyak.

Namun, kedua jenis blefaritis selain dapat mengakibatkan mata anda bengkak juga dapat menjadikan mata anda terasa gatal, terlalu peka melihat sinar, mata terasa panas, perih dan rasanya seperti kelilipan. Bukan hanya itu, blefaritis juga mungkin dapat mengakibatkan penglihatan anda kabur, mata menjadi kering, dan juga kulit di dasar bulu mata akan mengelupas. Memang blefaritis jarang dapat disembuhkan, oleh karena itu memang diperlukan untuk selalu memperhatikan dan menjaga kebersihan mata anda terutama kebersihan kelopak mata. Apabila kondisi peradangan sudah parah, dengan menggunakan antibiotik atau berupa obat tetes mata steroid yang mampu meredakan rasa nyeri tersebut. Dan tentunya anda harus segara melakukan pemeriksaan dan perawatan ke dokter spesialis mata.

  • Dermatochalasis

Kelopak mata anda yang terlihat bengkak kemungkinan pula yang terjadi karena faktor usia seseorang. hal ini terutama ketika kulit anda yang bagian atas kelopak mata tidak lagi kencang seperti pada usia muda dan juga mengalami penurunan atau biasa dikenal dengan dermatochalasis. Bukan tidak mungkin memang bahwa dengan adanya penurunan kulit kelopak mata anda pada bagian atas dapat mengganggu penglihatan seseorang.

Bisa juga pada bagian pinggir kelopak mata anda yang sedang mengalami penurunan dan kondisi seperti ini sering dikenal dengan sebutan ptosis. Ptosis juga dapat dikaitkan pula dengan usia seseorang dan tentunya juga tidak dapat terjadi secara tiba – tiba atau waktu yang singkat. Meskipun jarang sekali terjadi gangguan ini, namun ptosis juga dapat disebabkan karena tumor otak atau myasthenia gravis. Tentunya saja, munculnya gejala ini tidak dapat datang begitu saja karena memang biasanya akan dibarengi dengan gejala – gejala lain penyakit yang dapat mendasarinya.

  • Sengatan Serangga

penyebab mata bengkak

Walaupun jarang pula, adanya gigitan atau serangan dari sebagian serangga yang dapat mengakibatkan syok anafilatik. Biasanya jenis serangga yang sering melakukan sengatan terhadap manusia adalah lebah dan juga tawon. Selain pada daerah mata, terjadinya sengatan serangga juga dapat mengakibatkan pembekakan dalam waktu yang cepat semisal pada bagian bibir, lidah atau juga pada tenggorokan. Selain itu juga dapat pula seseorang akan mengalami kesulitan dalam bernafas, mengi, pusing, nyeri pada bagian perut, atau juga dapat pingsan. Sehingga dengan adanya keadaan seperti ini perlu dilakukan penanganan yang lebih lanjut.


0 comments

Post a Comment