Perbedaan Glikolisis Dengan Glukoneogenesis

Pengertian glikolisis adalah pemecahan glukosa menjadi piruvat, sedangkan glukoneogenesis adalah pembentukan glukosa dari peralihan siklus piruvat, laktat atau Krebs. Kedua proses ini adalah komponen penting metabolisme energi tubuh; dan meskipun kedua reaksi ini terlihat seperti cermin satu sama lain, keduanya banyak perbedaan katimbang persamaanya.

Pengertian Glikolisis


Glikolisis atau jalur glikolitik merupakan urutan sepuluh reaksi langkah yang mengubah satu molekul glukosa atau beberapa gula terkait menjadi dua molekul piruvat dengan pembentukan dua molekul ATP. Jalur glikolisis tidak memerlukan oksigen yang sehingga dapat terjadi di kedua kondisi aerobik dan anaerobik.

Yang semua keadaan intermediet ada di jalur ini memiliki 3 atau 6 atom karbon. Yang semua reaksi yang terdapat dalam jalur glikolisis dapat dimasukkan ke dalam lima kategori yakni transfer fosforil, pergeseran fosforil, isomerisasi, dehidrasi dan pemecahan aldol.

Untuk urutan reaksi glikolisis dapat dibagi menjadi tiga langkah utama. Glukosa pertama terjebak dan stabil. Kemudian molekul dengan 6 ataom karbon dibagi menjadi molekul dengan dua atau tiga atom karbon. jalur Glikolisis yang tidak memerlukan oksigen disebut dengan fermentasi dan diidentifikasi dalam hal produk akhir pokok.

Sebagai contoh, produk fermentasi glukosa pada hewab dan banyak bakteri ialah laktat; sehingga disebut dengan fermentasi laktat. Dalam kebanyakan sel tumbuhan dan jamur, produk akhir ialah etanol dan maka disebut dengan fermentasi alkohol.

Pengertian Glukoneogenesis


Glukoneogenesis didefinisikan sebagai proses sintesis glukosa dan karbohidrat lainnya dari tiga atau empat prekursor karbon dalam sel-sel hidup. Biasanya, prekursor ini non-karbohidrat di alam. Piruvat ialah prekursor paling umm di banyak sel-sel hidup. Dalam kondisi anaerobik, piruvat diubah menjadi laktat dan digunakan sebagai prekursor dalam halur ini.

Yang terutama glukoneogenesis yang terjadi di hati dan ginjal. Tujuh pertama reaksi di jalur glukoneogenesis terjadi dengan pembalikan sederhana dari rekasi yang sesuai dalam jalur glikolisis. Namun tidak semua reaksi yang reversibel dalam jalur glikolisis. Oleh karena itu, empat reaksi dilewati dalam glukoneogenesis menghidari berbaliknya tiga langkah glikolitik (langkah 1, 3, dan 10).

Perbedaan Glikolisis dan Glukoneogenesis


1. Glikolisis dimulai dengan glukosa dan berakhir dengan piruvat, sedangkan glukoneogenesis dimulai dengan piruvat dan berakhir dengan glukosa. Sebagai hasil dari pemecahan glukosa, glikolisis menghasilkan dua molekul adenosin trifosfat (ATP) baru dan dua molekul baru nikotinamida adenin dinukleotida (NADH). Ini membuat energi dari glukosa tersedia untuk penggunaan sel, dan piruvat berlanjut ke mitokondria untuk memasuki siklus Krebs, yang menghasilkan lebih banyak produksi energi. Dalam glukoneogenesis, sel tersebut malah mengkonsumsi ATP untuk meregenerasi glukosa dari piruvat, jadi ada kehilangan energi bersih dari sel yang melakukan glukoneogenesis. Glikolisis, sebaliknya, menyebabkan perolehan energi.

3. Perbedaan glukoneogenesis dan glikolisis yang lainnya adalah dimana reaksi terjadi. Intinya, semua sel tubuh mampu melakukan glikolisis, yang merupakan langkah pertama dalam metabolisme glukosa yang diambil melalui transporter di membran sel. Glukoneogenesis terjadi terutama pada sel hati dan pada tingkat yang lebih kecil di ginjal, dan tujuannya biasanya adalah metabolisme piruvat yang dihasilkan dari asam amino yang dideaminkan daripada piruvat yang dihasilkan dari glikolisis sebelumnya. Glikolisis dan glukoneogenesis tidak terjadi bersamaan pada sel yang sama; ini akan membuang-buang sumber daya untuk sel karena tidak ada energi yang akan dihasilkan jika piruvat terus-menerus diubah menjadi dan dari glukosa.

4. Lantaran menghasilkan ketersediaan energi yang meningkat untuk sel, glikolisis meningkat saat sel membutuhkan energi dan berkurang saat energi tersedia. Hal ini dilakukan melalui mekanisme umpan balik yang melibatkan enzim pengatur dalam glikolisis. Glukoneogenesis, sebaliknya, biasanya dilakukan untuk menghasilkan glukosa untuk diekspor ke sel-sel di bagian tubuh lainnya. Sel hati tidak memetabolisme glukosa dari glukoneogenesis.

Perbedaan Glikolisis Dan Glukoneogenesis
Perbedaan Glikolisis Dan Glukoneogenesis 

5. Hormon pankreas yang dilepaskan sebagai respons terhadap asupan makanan mempengaruhi glikolisis dan glukoneogenesis secara berbeda. Insulin, yang dilepaskan oleh tubuh sebagai respons terhadap karbohidrat dan beberapa protein, menyebabkan banyak sel tubuh meningkatkan penggunaan glukosa dan transmisi enzim regulasi yang terlibat dalam glikolisis. Insulin menurunkan glukoneogenesis di hati. Glukagon, yang dirangsang oleh protein dan gula darah rendah, menyebabkan peningkatan glukoneogenesis dan penurunan glikolisis pada sel hati.

6. Glikolisis menggunakan dua molekul ATP tapi menghasilkan empat. Oleh karena itu, ATP mendapat keuntungan dua per glukosa. Di sisi lain, glukoneogenesis mengjonsumsi enam molekul ATP dan mensintesis satu molekul glukosa.

Baca juga: Pengertian Bioteknologi dan Perbedaan Antara Bioteknologi Modern Dengan Konvensional

Nah itulah beberapa perbedaan antara Glikolisis Dengan Glukoneogenesis, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda.


0 comments

Post a Comment