Pengertian dan Fungsi Lobus Temporal Kiri

Pengertian Lobus temporalis adalah kawasan korteks serebral yang terletak dibawah sulcus lateral pada kedua belahan serebral otak mamalia. Lobus temporalis berperan memperkuat ingatan visual, memproses input indera, memahami bahasa, menyimpan ingatan baru, emosi, serta mengambil kesimpulan atau arti.

Mengidentifikasi wajah seseorang yang Anda sayang, menikmati irama musik, menikmati kenangan sewaktu liburan, itu semua diatur oleh lobus temporal dari otak Anda, yang terletak di sekitar atas telinga. Lobus ini memungkinkan kita mengenali aroma kopi, suara orang yang dicintai atau kata-kata di halaman cetak.

Mereka membantu kita mengurutkan informasi dan meletakkan kenangan. Bagi sebagian besar orang, lobus temporal kiri dominan dan mengendalikan fungsi otak spesifik berikut, menurut Amin Clinics, yang mengkhususkan diri pada kesehatan otak.

Pencarian informasi

Pastinya Anda pernah mendengar kata-kata menari di ujung lidah Anda atau mencoba mengingat nama guru matematika kelas delapan Anda dan mengalami masalah, Anda bisa menyalahkan lobus temporal kiri Anda, yang telah menguasai zona bahasa yang disebut daerah Wernicke. Ini mengendalikan proses yang terlibat dalam mengidentifikasi secara mental dan kemudian menghasilkan kata yang diperlukan untuk mengekspresikan pemikiran atau memberi nama objek.

Bacaan

Pemahaman dan retensi membaca sangat bergantung pada lobus temporal. Lobus temporal kiri membantu memproses suara dan kata-kata tertulis menjadi informasi yang berarti. Ini memungkinkan Anda mengingat apa yang Anda baca dan mengintegrasikan informasi baru ke dalam memori Anda.

Stabilitas emosi

Sebuah penelitian di Amen Clinics, lobus temporal kiri ditemukan mempengaruhi stabilitas emosional. Aktivitas lobus temporal meningkatkan stabilitas suasana hati, sementara aktivitas meningkat atau menurun di bagian otak ini berimbas pada suasana hati dan perilaku yang berfluktuasi, tidak konsisten atau tidak dapat diprediksi.

Memori

Lobus temporalis
Lobus temporalis

Komponen ingatan  yang penting terintegrasi dan tersimpan dalam lobus temporal, terutama ingatan eksplisit - yang dapat Anda ingat secara sadar dan jelas, seperti fakta, orang, dan tempat. Bila bagian otak ini rusak, ingatan sering terganggu.

Simak juga: Organel Sel Hewan dan Tumbuhan

Pengolahan sensoris

Lobus temporal melibatkan pengorganisasian masukan sensorik, seperti penglihatan dan suara. Mereka memungkinkan kita menikmati musik, menafsirkan apa yang kita dengar dan membantu kita untuk memberi makna. Lobus temporal kiri juga membantu kita membuat hubungan antara item yang tidak terkait. Perasaan akan keyakinan dan wawasan yang terkadang kita alami juga dikaitkan dengan lobus temporal.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian Lobus Temporal Kiri serta fungsi dari Lobus Temporal Kiri. Semoga berguna dan dapat menambah wawasan Anda dalam bidang ilmu pengetahuan.


0 comments

Post a Comment