Contoh Cerpen Perjuangan Seorang Remaja

Cerpen atau cerita pendek merupakan sebuah kisah yang dapat menginspirasi kita. Cerpen dapat memberikan energi positif kepada para pembacanya, bergantung pada kandungan pesan serta nilai dari cerita pendek itu sendiri.

Sebelumnya saya sudah posting artikel contoh naskah drama sekolah, Anda bisa membacanya jika memang sedang membutuhkannya. Dan kali ini saya akan share contoh cerpen tentang perjuangan seorang remaja bernama Rita (nama samaran).

Cerpen Perjuangan Seorang Remaja


Bagi Anda yang sedang mencari contoh cerpen kisah perjuangan seorang remaja, bisa disimak contohnya dibawah ini.

Cerpern perjuangan remaja berikut ini mengisahkan tentang kondisi sebuah keluarga yang cukup sulit. Dalam keluarga itu ada seorang kakak dan adik.

Ditengah kesulitan yang mereka hadapi, sang kakak tetap bersikap tegar dan berusaha semampunya untuk memperjuangkan nasib adiknya karena ia tidak ingin kelak adiknya bernasib sama dengannya.

Rita adalah seorang remaja berusia 16 tahun yang berasal dari keluarga yang kehidupannya sangat memprihatinkan. Untuk mendapatkan sesuap nasi saja keluarga Rita harus bersusah-payah, dan sering kali Rita rela tidak makan demi adiknya.

Rita memiliki seorang adik berusia 11 tahun. Dengan kondisi keluarga yang kehiduapannya jauh dari kata layak, Rita tetap berusaha untuk tegar, dan menyikapi hidup secara positif. Rita putus sekolah tingkat menengah akhir lantaran orangtuanya tidak lagi memiliki uang untuk membiayainya.

Rita sangat sayang dan peduli dengan adiknya. Dengan kesulitan yang dihadapi keluarganya, Rita selalu berpikir tentang masa depan adiknya kelak. Meskipun dia sendiri sudah sangat terdesak dan tersiksa dengan kondisinya, namun bagi Rita masa depan adiknya masih menjadi perhatian utama buat dia.

“Jika saya seperti ini, mungkin hal ini bisa saya hadapi. Tapi, bagaimana dengan adik saya kelak?”. Itulah pertanyaan dan kekhawatiran yang selalu hinggap dibenak Rita. Meskipun sudah sedemikian dipersulit kondisinya, namun Rita tetap berusaha untuk mencari jalan keluar, tanpa merasa letih.

Pada suatu hari Rita mencoba melamar pekerjaan disebuah perusahaan swasta dengan berbekal ijazah SMP yang dia miliki. Sayang, setelah mendapatkan panggilan interview Rita tidak diterima karena dianggap tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh perusahaan tersebut.

Uang sebesar 10.000 rupiah yang dikumpulkan Rita selama satu minggu dia gunakan untuk membeli surat kabar untuk mencari informasi lowongan kerja terbaru. Terus berusaha mencari informasi dan tanpa mengenal rasa putus asa.

Pagi itu Rita membeli surat kabar disebuah kios sekitar yang berjarak sekitar 1 KM dari rumahnya. Dalam surat kabar tersebut tertera sebuah informasi lowongan kerja terbaru untuk lulusan SMP dan SMA. Rita lantas menuliskan surat lamaran, dan menggunakan sisa uang membeli koran tadi untuk membeli materai.

Setelah menunggu selama tiga hari, Rita mendapatkan panggilan untuk wawancara. Setelah selesai melakukan sesi wawancara, tanpa disangka-sangka akhirnya Rita berhasil mendapatkan pekerjaan, ia diterima diperusahaan itu. Perusahaan tersebut menerima Rita untuk ditempatkan dibagian pengawasan store.

Betapa senangnya Rita, ia merasakan kegembiraan yang sungguh luar biasa. Setibanya dirumah, dia lantas memeluk erat adiknya. Dalam hati dia berbisik kepada adiknya “kakak haru bisa memberikan jalan buat kamu, karena kakak tidak ingin kamu bernasib seperti kakak”.

Contoh Cerpen Perjuangan Seorang Remaja

Demikian cerpen sosial perjuangan seorang remaja untuk bangkit dan keluar dari kesulitan yang dialaminya bersama keluarga, semoga contoh cerpen diatas bermanfaat dan bisa menginspirasi Anda.



0 Response to "Contoh Cerpen Perjuangan Seorang Remaja"

Post a Comment

close