loading...

Contoh Kebiasaan Buruk dan Cara Mengatasinya

Dalam kehidupan sehar-hari, sebagian orang mungkin banyak melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk yang pada dasarnya hal tersebut sangat merugikannya. Kebiasaan buruk yang terus dipelihara akan memberikan dampak yang sangat buruk terhadap kelangsungan hidup seseorang.

Setiap orang memilki sifat dan karakter yang berbeda-beda. Pikiran Anda memegang peranan vital dalam menentukan keberhasilan Anda. Oleh karena itu Anda tidak akan bisa mengubah karakter Anda sebelum Anda mengubah kebiasaan Anda dan Anda tidak akan bisa mengubah kebiasaan Anda sebelum Anda mengubah pikiran Anda.

Kebiasaan seseorang akan selalu terekam dalam alam bawah sadar, baik kebiasaan baik maupun kebiasaan buruk. Sehingga tanpa kita sadari, kita merasa sulit untuk merubah kebiasaan kita. Karena hidup kita sangat dikendalikan oleh pikiran bawah sadar. Selama Anda hanya mencoba mengubah yang diluar tanpa mengubah yang didalam maka cepat atau lambat Anda akan jatuh lagi dalam pola kebiasaan yang sama.

Menurunnya performansi kinerja kita dapat disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah kebiasaan buruk (bad habit). Menyadari kebiasaan buruk merupakan langkah awal untuk menghilangkan kebiasaan buruk.

Beberapa Contoh Kebiasaan Buruk dan Solusinya


Berikut adalah daftar beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan disertai dengan solusi untuk menghilangkannya:

1. Menunda-nunda pekerjaan

Jika ditanya kebiasaan buruk apa yang paling sering dilakukan dan paling sulit untuk dihilangkan? Menunda-nunda pekerjaan adalah jawabannya. Bagaimana tidak, coba Anda pikirkan dalm rencana kegiatan sehari-hari, seminggu, sebulan atau bahkan setahun yang lalu, lebih banyak yang dilakukan atau rencana hanya tinggal rencana. Kebiasaan menunda pekerjaan bisa diakibatkan banyak faktor, mulai dari malas, takut gagal, atau  memang tidak punya target yang ingin dicapai.

Solusi untuk mengatasi kebiasaan suka menunda pekerjaan:

1) Tetapkan target dan tujuan
Target dan tujuan dari kegiatan Anda harus jelas. Jika dirasa perlu, tulis pada sebuah kertas lalu tempelkan pada dinding kamar Anda, sehingga Anda akan selalu memiliki semangat untuk mencapai target tersebut

2) Singkirkan pengganggu/penghalang kegiatan
Internet, TV, Gadget, Handphone adalah sedikit dari sekian banyak pengganggu yang bisa membuyarkan pekerjaan Anda. Singkirkan hal-hal yang bisa mengganggu konsentrasi Anda dalam mengerjakan pekerjaan, jika perlu matikan handphone/gadget/internet/TV selama Anda melakukan pekerjaan.

3) Buat alarm
Untuk mencapai target yang diinginkan, terkadang kita akan terlupa karena kesibukan-kesibukan yang lain. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda membuat reminder/alarm sebagai pengingat Anda kapan pekerjaan tersebut Anda mulai, sehingga jika waktunya telah tiba Anda tidak lagi lupa mengerjakannya.

4) Berikan reward atas pencapaian Anda sendiri
Berikan penghargaan terhadap diri Anda sendiri jika tercapai target pekerjaan. Jika target pekerjaan Anda dalam seminggu ini berhasil, Anda akan pergi memancing, atau jika terget bulan ini tercapai Anda akan membeli baju baru.

2. Tidak disiplin

Bersikap disiplin merupakan cerminan kepribadian seseorang. Artinya, jika ingin sukses dalam hal apapun, dalam bidang apapun, hanya orang yang displin yang akan berhasil. Mengabaikan hal-hal kecil merupakan tindakan tidak displin, seperti: melanggar lalu lintas, buang sampah sembarangan, meletakkan sesuatu tidak pada tempatnya kembali, sering terlambat, mengerjakan pekerjaan pada detik-detik sebelum deadline dll.

Solusi mengatasi sifat tidak disiplin:

1) Menyadari bahwa disiplin adalah perilaku orang sukses
2) Menyadari bahwa tidak displin akan merugikan diri sendiri
3) Membuat daftar kegiatan beserta waktu yang akan Anda lakukan
4) Ingatlah, bahwa suatu negara dapat makmur jika rakyatnya memilki budaya disiplin yang tinggi

3. Malas berolahraga

Bagi Anda yang sedikit memiliki waktu luang, weekend tentu akan diisi dengan bermalas-malasan, nonton di depan TV seharian, bisa bangun siang hari karena begadang nonton bola, yang berujung pada malas untuk melakukan kegiatan olahraga.

Solusi mengatasi malas berolahraga:

1) Mencari waktu luang waluapun singkat untuk berolahraga
2) Berolahraga ringan seperti jalan santai, lari di tempat, push up - sit up dll
3) Bangun pagi lebih awal sehingga Anda memiliki waktu untuk berolahraga

4. Suka begadang

Begadang pada umunya dilakukan bila kita tidak mempunyai perencanaan kegiatan di pagi hari. Sehingga kita mengizinkan diri untuk begadang hingga pagi hari. Padah seperti yang kita ketahui, begadang mempunyai banyak dampak buruk bagi kesehatan.

Cara mengatasi kebiasaan suka begadang:

1) Buat perencanaan kegiatan di pagi hari, seperti berolahraga dll
2) Disiplin terhadap waktu istirahat
3) Menyadari bahaya begadang bagi kesehatan

5. Suka berprasangka buruk

prasangka buruk

Suka berprasangka buruk terhadap orang lain merupakan kebiasaan buruk yang perlu dihindari. Jika Anda suka berprasangka buruk terhadap orang lain, maka selanjutnya akan timbul jiwa suka menghasut dalam diri Anda. Pastinya ini akan menjadi masalah serius bagi diri Anda sehingga Anda perlu menghilangkan kebiasaan buruk semacam ini.

Cara mengatasi suka berprasangka buruk:

1) Jangan suka mencurigai orang
2) Hargai orang lain sebagaimana Anda ingin diharagai oleh mereka
3) Selalu ingat bahwa berprasangka buruk adalah hal yang sangat dilarang

loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Contoh Kebiasaan Buruk dan Cara Mengatasinya
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Contoh Kebiasaan Buruk dan Cara Mengatasinya ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Contoh Kebiasaan Buruk dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

close