loading...

Cara Bisa Kredit Mobil Dengan Penghasilan Rendah

Mobil sejatinya merupakan kebutuhan sekunder. Namun demikian, kebutuhan manusia akan kendaraan roda empat di jaman sekarang ini bak sudah menjadi sebuah keharusan. Dan bagi Anda yang notabene memiliki penghasilan rendah, tentunya tidaklah mudah untuk bisa memiliki mobil dengan cara melakukan kredit.

Bagi Anda yang berpenghasilan antara 2-3jutaan per bulan, Anda mungkin akan sedikit kesulitan untuk bisa kredit mobil, sekalipun itu mobil bekas. Hal ini dikarenakan perusahaan leasing pada umumnya memberikan syarat penghasilan yang lebih besar terhadap calon pengkredit. Lalu bagaimana caranya agar penghasilan 2 jutaan atau 3 jutaan tetap bisa kredit mobil? Simak tipsnya berikut ini.


Tips Bisa Kredit Mobil Dengan Penghasilan Kecil


Berikut ini beberapa tips bagi Anda yang memiliki penghasilan kecil agar tetap bisa mengajukan kredit:

1. Pilih Mobil Bekas

Karena penghasilan 2-3 jutaan masuk dalam kategori penghasilan rendah sementara harga mobil baru setidaknya masih berada diangka 100 juta, maka pilihan bagi Anda adalah kredit mobil bekas. Dengan memilih mobil bekas, maka Anda dapat menyesuaikan dengan jumlah penghasilan bulanan Anda.

2. Pilih Mobil Bekas Seharga 60-80 jutaan

Saat ini cukup banyak pilihan mobil bekas yang masih bagus dengan kisaran harga antara 60-80jutaan. Untuk mobil 60 jutaan, Anda bisa memilih Honda City 2001 Type Z. Aatau bisa dengan memilih Toyota Altis 2003 untuk budget 70 juta-an. Sementara untuk budget 80 jutaan, Anda bisa memilih Toyota Avanza tahun 2004.

3. Pilih Tenor Panjang

Semakin panjang tenor yang Anda ambil, maka beban angsuran per bulan akan semakin ringan. Anda dapat memilih tenor 5 tahun atau diatasnya. Meskipun secara akumulatif uang yang Anda bayarkan akan semakin besar, namun dengan memilih opsi ini maka beban cicilan bulanan Anda tidak akan membuat Anda kedodoran.

4. Ajukan Kredit Pada Leasing Yang Memberikan Kemudahan

Karena penghasilan Anda terbilang rendah, maka biasanya perusahaan leasing akan mempersulit niat Anda untuk bisa kredit mobil. Nah untuk mengatasi masalah ini, pilihlah perusahaan leasing yang tidak memberlakukan persyaratan kelayakan terlalu ketat. Tapi ingat, pastikan Anda tetap memilih perusahaan yang sudah terpercaya.

5. Wajib Menabung

Anda harus menyisakan 60 persen dari total pendapatan Anda per bulannya. Persentase menabung Anda harus lebih besar guna mengantisipasi gagal bayar cicilan. Anda harus bisa menyimpan uang secara rutin dan tidak membeli barang apapun yang tingkat kebutuhannya tidaklah wajib.

6. Investasi Jangka Pendek

Dengan memiliki penghasilan rutin per bulan (meskipun hanya 2 jutaan), pada dasarnya Anda memiliki kesempatan untuk melakukan investasi. Pilihlah investasi jangka pendek, misalnya dengan membeli kambing, sapi atau hewan ternak lainnya. Dengan cara ini, dalam beberapa bulan kedepan uang Anda akan bertambah.

7. Ikut Arisan

Cara lain untuk bisa mendapatkan uang tambahan adalah dengan mengikuti arisan. Pilihlah jenis arisan dengan besaran angsur yang sesuai dengan kemampuan Anda. Misalkan 100 ribu per minggu. Jika anggotanya banyak, dan Anda mendapat giliran lebih awal, maka Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan yang Anda prioritaskan.

Toyota Corolla Altis 2003
Toyota Corolla Altis 2003

Demikian beberapa tips untuk bisa kredit mobil bagi Anda yang berpenghasilan rendah, semoga artikel ini berguna bagi Anda. Terakhir, jika Anda bisa lebih bersabar, sebaiknya Anda fokus menabung terlebih dulu karena dengan membeli mobil melalui cara kredit sejatinya Anda akan membayar hingga dua kali lipat dari nilai barang yang Anda kredit.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Cara Bisa Kredit Mobil Dengan Penghasilan Rendah
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Cara Bisa Kredit Mobil Dengan Penghasilan Rendah ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Cara Bisa Kredit Mobil Dengan Penghasilan Rendah"

Posting Komentar

close