Pengertian Mind Mapping, Manfaat, Jenis, Cara Membuat, Kelebihan dan Kekurangannya

Apa itu mind mapping? Mind Mapping atau Pemetaan Pikiran adalah suatu metode untuk memaksimalkan potensi asumsi manusia bersama dengan memakai otak kanan dan otak kiri secara simultan. Metode ini pertama kali dikenalkan terhadap tahun 1974 oleh Tony Buzan yakni seorang pakar pengembangan potensi manusia berasal dari Inggris.

Mind Mapping bisa pula diartikan sebagai sistem memetakan asumsi untuk menghubungkan rancangan permasalahan khusus berasal dari cabang sel saraf membentuk kolerasi rancangan menuju suatu pemahaman dan hasilnya dituangkan langsung di atas kertas bersama dengan animasi yang disukai dan enteng dimengerti oleh pembuatnya. Sehingga, tulisan yang dihasilkan merupakan deskripsi langsung cara kerja koneksi di di dalam otak.

Pengertian Mind Mapping Menurut Para Ahli


1. Tony Buzan (2008:4)
Menurut Tony Buzan, Mind Mapping adalah cara mengembangkan kesibukan berpikir ke segala arah, menangkap beraneka anggapan di dalam beraneka sudut. Mind Mapping mengembangkan cara berpikir divergen dan kreatif . Mind Mapping terhitung disebut terhitung bersama peta rancangan merupakan alat berpikir organisasional yang amat hebat, ini terhitung merupakan cara termudah untuk memasang Info di dalam otak dan mengambil Info itu sementara dibutuh. Mind Mapping bisa menunjang di dalam beraneka hal layaknya merencanakan, berkomunikasi, jadi lebih kreatif, selesaikan masalah, memusatkan perhatian, menyusun dan menjelaskan pikiran, mengingat bersama baik, studi lebih cepat dan efisien serta melatih gambar keseluruhan.

2. Caroline Edward (2009:64)
Menurut Caroline Edward, Mind Mapping adalah langkah paling efisien dan efisien untuk memasukan, menyimpan dan mengeluarkan data dari atau ke otak. Sistem ini bekerja sesuai langkah kerja alami otak kita, supaya bisa mengoptimalkan semua potensi dan kapasitas otak manusia.

3. Melvin L. Silberman(2005:177)
Menurut Melvin L. Silberman, Mind Mapping adalah h langkah kreatif bagi peserta didik secara individual untuk menghasilkan ide-ide, mencatat pelajaran atau berencana penelitian baru.

4. Bobby De Porter
Menurut Bobby De Porter, Mind Mapping (Peta Pikir) adalah penggunaan keseluruhan otak bersama dengan mengfungsikan citra visual dan grafis lainnyauntuk membentuk kesan antara otak kiri dan otak kanan yang ikut terlibat supaya mempermudah memasukkan informasi ke dalam otak.

5. Bobby De Porter dan Mike Hernacki (2003:153)
Menurut Bobby De Porter dan Mike Hernacki, Mind Mapping adalah suatu teknik mencatat yang bisa memetakan asumsi yang kreatif dan efisien dan juga menggabungkan dan mengembangkan potensi kerja otak baik belahan otak kanan atau belahan otak kiri yang terkandung dalam diri seseorang .

Manfaat Mind Mapping


Berdasarkan faktor waktu, Mind mapping bisa mengefesiensikan penggunaan pas dalam mempelajari suatu informasi. Hal tersebut terjadi sebab metode ini bisa menyajikan deskripsi suatu perihal secara menyeluruh dalam weaktu yang singkat. Berikut ini, beberapa kegunaan metode pencatatan mengfungsikan mind mapping:

  • Tema utama terdefinisi bersama dengan terlampau memahami sebab dinyatakan ditengah
  • Level keutamaan informasi teridentifikasi bersama dengan baik. Informasi yang memiliki kadar keperluan lebih di tempatkan bersama dengan tema utama
  • Hubungan tiap-tiap informasi bersama dengan ringan bisa dikenali
  • Informasi baru bisa langsung digabungkan tanpa mengakibatkan kerusakan keseluruhan struktur mind mapping supaya bisa mempermudah pengingatan
  • Masing-masing mind mapping terlampau unik supaya mempermudah sistem pengingatan
  • Mempercepat sistem pencatatan sebab cuma mengfungsikan kata kunci

Cara Membuat Mind Mapping


Mind map merupakan alat berpikir kreatif yang mencerminkan langkah kerja otak secara alami. Mind map ini terlalu mungkin otak untuk menggunakan seluruh gambar dan asosiasi didalam pola radial dan jaringan sebagaimana otak dirancang.

Berikut beberapa hal yang mutlak didalam mengakibatkan peta pikiran:

  • Pastikan tema utama terdapat ditengah-tengah.
  • Dari tema utama, bakal nampak tema-tema turunan yang masih berkaitan dengan tema utama.
  • Cari pertalian pada tiap-tiap tema dan tandai dengan garis, warna atau simbol
  • Gunakan huruf besar
  • Buat peta pikiran dikertas polos dan dihilangkan proses edit
  • Sisakan tuang untuk menambahkan tema

Jenis-Jenis Mind Mapping


Berikut lebih dari satu jenis mind mapping, diantaranya:

1. Mind Map Silabus
Mind Map Silabus atau mind map makro adalah jenis mind mapping yang menunjang memberikan deskripsi mengenai apoa yang dipelajari dan biasanya mind mapping ini dibuat bersama dengan ukuran besar dan ditempel di dinding. Berikut contoh mind mapping silabus:

2. Mind Map Bab
Mind mapping ini dibikin berdasarkan tiap-tiap bab yang sudah dipelajari, tetapi wajib diringkas poin perlu atau garus besarnya saja untuk mudah mengingatnya. Berikut perumpamaan mind map bab:

3. Mind Map Paragraf
Jenis mind map ini bisa memberikan Info secara lengkap gara-gara tak hanya bisa lihat ringkasan tiap-tiap bab, bisa termasuk jelas ringkasan penjelasan. Berikut contoh mind map paragraf. Mind map ini bisa dibikin di buku teks kecil. Berikut contoh mind map paragraf:

Kelebihan dan Kekurangan Mind Mapping


Kelebihan Mind Mapping

Adapun berlebihan mind map, diantaranya:

  • Lebih ringan memandang uraian keseluruhan
  • Membantu otak untuk mengatur, mengingat, memperbandingkan dan mengakibatkan hubungan
  • Memudahkan menambahkan informasi baru
  • Pengkajian kembali dapat dikerjakan lebih cepat
  • Setiap peta miliki sifat yang unik

Kekurangan Mind Mapping

Adapun kekurangan mind map yaitu:

  • Waktu terbuang untuk melacak kata kunci pengingat, gara-gara kata kunci pengingat terpisah oleh jarak
  • Waktu terbuang untuk menulis kalimat yang tidak terjalin bersama dengan ingatan
  • Waktu terbuang untuk membaca kembali kalimat yang tidak perlu

Mind mapping
Mind mapping


Demikian tadi uraian lengkap mengenai pengertian mind mapping yang dilengkapi dengan bahasan mengenai manfaat, jenis, cara membuat, serta kelebihan dan kekurangan mind mapping. Semoga ulasan ini berguna bagi sahabat pembaca sekalian.


0 comments

Post a Comment