Contoh Simbiosis Komensalisme

Istilah simbiosis berasal dari bahasa Yunani: sym, yang artinya "dengan" dan "biosis" yang berarti kehidupan. Simbiosis merupakan hubungan yang erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis. Adapun, makhluk hidup yang melakukan simbiosis disebut simbion.

Baca: Contoh Ekosistem Alami dan Buatan

Simbiosis Komensalisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup, makhluk hidup pertama mendapat keuntungan, sedangkan makhluk hidup yang kedua tidak dirugikan namun juga tidak mendapatkan keuntungan.

Contoh Simbiosis Komensalisme


Berikut ini merupakan beberapa contoh dari Contoh Simbiosis Komensalisme yang mungkin saja belum Anda ketahui:

1. Tumbuhan paku dengan tumbuhan jati (Tectona grandis)
Contoh simbiosis komensalime juga dapat ditemukan pada interaksi antara tumbuhan paku dan tumbuhan jati. Tumbuhan paku menempel (epifit) pada tumbuhan jati untuk memperoleh cahaya matahari, sedangkan pohon jati tidak mendapatkan pengaruh apapun dari keberadaan tumbuhan paku.

2. Tumbuhan sirih (Piper betle) dengan tumbuhan inangnya
Contoh simbiosis komensalime yang pertama dapat kita temukan dalam interaksi sirih dan tanaman inangnya. Tumbuhan sirih akan merambat mengikuti tanaman inangnya untuk memperoleh sinar matahari yang berguna untuk fotosintesis, sedangkan tumbuhan inangnya tidak memperoleh pengaruh apapun.

3. Ikan remora (Echeneida sp) dengan ikan pari (Himantura undulata)

Ikan remora
Sama halnya dengan pola interaksi dengan ikan hiu, ikan remora menempel pada ikan pari dengan menggunakan sirip punggung yang telah berubah menjadi alat pengisap, jika ikan pari memperoleh mangsa maka ikan remora akan memperoleh sisa sisa makanan yang menempel pada ikan pari, sedangkan ikan pari tidak diuntungkan ataupun dirugikan dengan keberadaan ikan remora.

4. Ikan badut (Amphiprion percula) dengan Anemon laut (Stichodactyla gigantea)
Ikan badut akan terlindung dari pemangsanya karena hidup di antara tentakel-tentakel anemon. Anemon mengeluarkan zat racun yang dapat melukai ikan-ikan lain. Akan tetapi ikan badut tidak akan terluka karena kulitnya mengeluarkan lendir pelindung. Ikan badut akan terlindung dari musuhnya sedangkan anemon tidak diuntungkan ataupun dirugikan dengan keberadaan ikan badut. Oleh karena itu interaksi ikan badut dan anemon laut juga dapat digolongkan sebagai contoh simbiosis komensalisme.

5. Rayap dan protozoa berflagella
Hubungan antara rayap dan protozoa berflagella yang hidup di dalam saluran pencernaan rayap. Protozoa akan mencerna selulosa dari kayu menjadi molekul-molekul karbohidrat yang lebih sederhana sehingga dapat dicerna oleh rayap. Protozoa mendapat keuntungan karena dapat hidup berlindung di dalam tubuh rayap.

6. Paku tanduk rusa yang hidup pada tanaman jati (Tectona grandis)
Tanaman tanduk rusa hidup dengan cara menempel pada pohon jati, keberadaan tanaman paku ini tidak berpengaruh terhadap pohon jati, tidak dirugikan tidak juga diuntungkan.

7. Bakteri Rhizobium sp. dan tanaman kacang-kacangan
Bakteri Rhizobium sp. hidup pada sel-sel akar tanaman kacang-kacangan sehingga terbentuk bintil-bintil pada akar. Di dalam bintil-bintil akar tersebut, bakteri memperoleh makanan dan mengikat nitrogen dari udara bebas. Nitrogen tersebut akan dimanfaatkan oleh tanaman kacang-kacangan untuk kebutuhan hidupnya.

Itulah tujuh contoh dari Simbiosis Komensalisme. Selain ketujuh contoh tersebut, tentunya masih cukup banyak contoh-contoh Simbiosis Komensalisme yang lainnya. Demikian, semoga informatif.   
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Contoh Simbiosis Komensalisme
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Contoh Simbiosis Komensalisme ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Contoh Simbiosis Komensalisme"

Posting Komentar

close