loading...

Contoh Pengaruh Sosial Media Terhadap Remaja

loading...
Tidak dapat dipungkiri bahwa sosial media memiliki pengaruh yang sangat nyata terhadap kehidupan kalangan remaja. Di zaman teknologi modern dan semakin maju seperti sekarang ini, hadirnya Internet semakin memberi dampak tersendiri dalam kehidupan sehari-hari kita, baik dalam hal sosialisasi, pendidikan, bisnis, ataupun yang lainnya. Hampir setiap hari kita selalu "bersentuhan" dengan internet.

Seiring dengan menjamurnya smartphone dan berkembangnya teknologi internet yang diikuti munculnya media sosial, kini media sosial menjadi laman web dimana seseorang dapat membuat laman situs pribadi dan terhubung dengan setiap orang yang tergabung dalam media sosial yang sama untuk berbagi informasi terhadap sesama. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet atau media baru. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpartisipasi dengan memberi feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tanpa batas.

Betapa mudahnya bagi seseorang untuk membuat akun di media sosial. Kalangan remaja yang mempunyai media sosial pada umumnya akan memposting tentang kegiatan sehari-hari mereka, mulai curhatan, foto, dan informasi terbaru. Semakin aktif seorang remaja di media sosial maka mereka semakin dianggap keren dan gaul. Namun kalangan remaja yang tidak mempunyai media sosial biasanya dianggap primitif, ketinggalan jaman, dan tidak gaul.

Media sosial telah menghapus batasan-batasan dalam berkomunikasi dan bersosialisasi. Dalam media sosial tidak ada batasan ruang dan waktu, mereka dapat berkomunikasi kapanpun dan dimanapun mereka berada. Tidak dapat disangkal lagi bahwa media sosial mempunyai pengaruh yang besar dalam kehidupan seseorang. Seseorang yang asalnya kecil bisa menjadi besar dengan media sosial, begitu pula sebaliknya.

Media sosial seolah telah menjadi candu, tiada hari tanpa membuka media sosial, bahkan hampir 24 jam mereka tidak lepas dari smartphone. Adapun beberapa jenis media sosial terbesar yang sering digunakan oleh kalangan remaja diantaranya adalah Facebook, Twitter, Youtube, Instagram, WhatsApp, dan BBM. Masing-masing media sosial tersebut mempunyai keunggulan khusus dalam menarik banyak pengguna media sosial yang mereka miliki. Media sosial memang menawarkan banyak kemudahan yang membuat para remaja betah berlama-lama menggunakan media sosial.

Laju perkembangan sosial media memang cukup luar biasa yang dalam hal ini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media sosial. Para pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan jaringan internet tanpa biaya yang besar dan dapat dilakukan sendiri dengan mudah.

Mereka, para pengguna sosial media dapat dengan bebas untuk berkomentar serta menyalurkan pendapatnya tanpa rasa khawatir. Hal ini dikarenakan dalam internet khususnya media sosial sangat mudah memalsukan jati diri atau melakukan kejahatan.

Di zaman yang kian modern, manusia sejatinya dipermudah dalam melakukan berbagai hal. Salah satu kemudahan yang telah diciptakan adalah untuk berinteraksi melalui internet. Semakin berkembangnya internet memunculkan pola interaksi yang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah tanpa harus berada dalam ruang dan waktu yang bersamaan.

Pada prinsipnya, kemajuan teknologi seperti halnya sosial media dapat memberikan dampak yang sangat positif bagi kehidupan manusia, namun apabila dimanfaatkan untuk tujuan yang tidak baik tentunya keberadaan sosial media juga dapat memberikan "ancaman" bagi kehidupan ummat manusia. Dan sebagai pribadi yang bijak, sudah semestinya bagi kita untuk dapat mempergunakan sosial media dengan sebaik mungkin.

Beberapa contoh dampak positif sosial media untuk kalangan remaja diantaranya:

  • Sebagai sarana untuk bersosialisasi
  • Sebagai sarana untuk berkomunikasi
  • Sebagai sarana untuk berbagi informasi

Adapun contoh dampak negatif sosial media antara lain:

  • Dijadikan sebagai sarana untuk menyebar berita hoax
  • Dijadikan sebagai sarana untuk melakukan tindakan penipuan tertentu

Demikianlah ulasan mengenai contoh pengaruh sosial media bagi kalangan remaja dan masyarakat luas pada umumnya, semoga artikel ini berguna bagi kalian.
loading...

Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Contoh Pengaruh Sosial Media Terhadap Remaja
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Contoh Pengaruh Sosial Media Terhadap Remaja ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Contoh Pengaruh Sosial Media Terhadap Remaja"

Posting Komentar