loading...

Referensi Contoh Surat [Lengkap]

loading...
Surat memiliki banyak jenis sesuai dengan kegunaannya. Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis dari satu pihak ke pihak tertuju. Fungsi surat ini mencakup beberapa hal, yakni sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran, gagasan sebagai alat bukti tertulis sekaligus alat pengingat; bukti historis. Sebagian surat pada umumnya membutuhkan perangko dan amplop sebagai alat ganti bayar jasa pengiriman. Semakin jauh tujuan pengiriman surat maka nilai yang tercantum di perangko harus semakin besar pula.

Meskipun kemajuan teknologi seolah telah menggantikan peran surat konvensional, namun untuk keperluan tertentu surat konvensional masih tetap berlaku, seperti surat permohonan bantuan dana, surat izin, surat perjanjian, dan lain sebagainya. Dalam membuat surat, kita akan mengenal yang namanya surat pribadi dan surat resmi atau surat formal. Keduanya memiliki sifat dan tujuan yang berbeda sehingga dalam hal tata cara penulisannya juga berbeda. Contoh surat pribadi seperti surat kepada teman atau keluarga. Sementara untuk surat resmi salah satu contohnya adalah surat perjanjian.

Referensi Contoh Surat


Halaman ini berisikan kumpulan contoh surat lengkap yang dapat Anda jadikan sebagai referensi. Sejumlah contoh surat bermanfaat dapat Anda simak pada bagian bawah artikel.

Jenis surat


Apa sajakah jenis surat itu? secara umum, surat dikategorikan menjadi tiga, yaitu surat pribadi, surat dinas, dan surat niaga. Hal ini manakala ditinjau dari segi bentuk, isi, dan bahasanya. Sementara itu, jika dikategorikan berdasarkan berdasarkan pemakaiannya, maka surat dapat dibagi menjadi tiga, yakni surat pribadi, surat resmi, dan surat dinas.

Pengertian Surat Pribadi


Seperti disebutkan diatas, salah satu jenis surat yang sering kita dengar adalah surat pribadi. Surat pribadi adalah surat yang dipergunakan untuk kepentingan yang sifatnya pribadi. Surat pribadi berupa korespondensi antara keluarga atau sesama teman. Berikut ini adalah ciri-ciri surat pribadi yang perlu Anda ketahui:

  • Tanpa ada kop surat
  • Tanpa menggunakan nomor surat
  • Memiliki salam pembuka dan penutup yang bervariasi sesuai keinginan penulisnya
  • Umumnya menggunakan bahasa bebas karena tidak formal
  • Memiliki format bebas

Pengertian Surat Resmi


Berbeda dengan surat pribadi, surat resmi adalah surat yang dipergunakan untuk kepentingan yang bersifat resmi, baik itu berupa perseorangan, instansi, ataupun organisasi. Contoh surat resmi diantaranya adalah surat undangan, surat edaran, dan surat pemberitahuan, dan lain sebagainya. Apa saja ciri-ciri surat resmi? Berikut ini jawabannya:

  • Terdapat kop surat (jika ikeluarkan oleh organisasi)
  • Terdapat nomor surat, lampiran, serta perihal.
  • Terdapat salam pembuka dan penutup yang umum
  • Menggunakan ragam bahasa resmi
  • Mencantumkan cap atau stempel dari lembaga resmi
  • Memiliki aturan format baku

Pengertian Surat Niaga


Surat niaga dipergunakan oleh badan yang menyelenggarakan kegiatan usaha niaga misalnya industri dan usaha jasa. Surat niaga sangat berguna dalam membangun relasi dengan pihak luar sehingga penyusunannya harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Surat niaga terdiri atas surat jual beli, kwintansi, dan perdagangan - dan dapat dibagi atas surat niaga internal dan surat niaga eksternal. Contoh surat niaga ini adalan surat penawaran atau surat penagihan.

Pengertian Surat Dinas


Apa itu surat dinas? Surat dinas dipergunakan untuk kepentingan pekerjaan formal misalnya instansi dinas dan tugas kantor. Surat dinas sangat penting dalam pengelolaan administrasi pada suatu instansi. Fungsi surat dinas adalah sebagai dokumen bukti dalam bentuk tertulis, alat pengingat berkaitan fungsinya dengan arsip, bukti riwayat atas perkembangan instansi, dan pedoman kerja dalam bentuk surat keputusan dan surat instruksi. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri surat dinas:

  • Ada kop surat dan instansi atau lembaga yang bersangkutan
  • Ada nomor surat, lampiran, dan perihal
  • Ada salam pembuka dan penutup yang baku
  • Memakai bahasa baku atau ragam resmi
  • Terdapat cap atau stempel instansi atau kantor pembuat surat

Surat Lamaran Kerja


Sebagai catatan, surat lamaran kerja adalah salah satu jenis surat yang paling banyak dibuat. Seperti halnya namanya, surat ini adalah untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Pengertian surat lamaran kerja adalah surat yang ditulis dan dikirimkan oleh seseorang yang ingin mendapatkan pekerjaan di suatu perusahaan maupun instansi tertentu. Surat lamaran pekerjaan ini masuk dalam kategori surat dinas atau resmi. Oleh yang demikian, terdapat aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan dalam penulisannya. Pada umumnya surat lamaran kerja memiliki bagian-bagian sebagai berikut:

  • Tempat & tanggal pembuatan surat
  • Nomor surat
  • Lampiran
  • Perihal
  • Alamat yang dituju
  • Salam pembuka
  • Isi surat; akan terbagi lagi menjadi tiga bagian inti berupa:
          - paragraf pembuka   
          - isi surat
          - paragraf penutup
  • Salam penutup
  • Tanda tangan dan nama terang

Contoh Surat


Berikut ini beberapa contoh surat sesuai sifat dan kegunaannya yang dapat Anda pelajari tata cara penulisannya sehingga Anda dapat menulis surat dengan benar sesuai aturan baku menulis surat.

Contoh Surat Kepada Teman


Surat Kepada Teman adalah salah satu jenis surat pribadi. Surat ini masuk dalam kategori surat pribadi karena sifatnya memang tidak formal. Tidak ada ketentuan khusus dalam penulisannya. Berbeda halnya dengan menulis surat bisnis atau surat perjanjian yang merupakan jenis surat formal.

Baca: Contoh Surat Kepada Teman

Contoh Surat Izin Sakit


Surat Izin Sakit diperlukan misalnya untuk izin tidak masuk sekolah, izin tidak masuk kerja, izin tidak mengikuti kegiatan, atau yang lainnya. Surat ini dipergunakan untuk memberikan keterangan bahwa yang bersangkutan sedang berhalangan lantaran kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan.

Lihat: Contoh Surat Izin Sakit

Surat Permohonan Bantuan Dana


Permohonan sumbangan dana pada umumnya dibuat atau diajukan dengan menyertakan proposal, seperti proposal bantuan dana untuk sekolahan, yayasan pendidikan, panti asuhan, dan lain sebagainya.

Bergantung pada lembaga atau organisasi yang membutuhkan sumbangan, hal dalam hal ini tidak selalu harus diajukan dengan menyertakan proposal. Ada beberapa jenis permohonan sumbangan yang tidak perlu menyertakan proposal, seperti permohonan bantuan dana kepada warga masyarakat untuk pembangunan desa.

Download Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana

Contoh Surat Permohonan Beasiswa


Mungkin Anda sedang terkendala dengan biaya akademis dimana salah satu upaya yang bisa ditempuh adalah dengan mengajukan surat permohonan beasiswa. Surat pengajuan beasiswa dapat Anda tujukan kepada perusahaan, lembaga pendidikan atau instansi lainnya dengan catatan Anda memenuhi segala kriteria yang ditentukan.

Simak: Contoh Surat Permohonan Beasiswa

Contoh Surat Resmi Sekolah


Surat resmi sekolah adalah salah satu dari sekian banyak jenis surat resmi. Seperti diketahui bersama, surat resmi terbagi menjadi sekian banyak jenis sesuai dengan kepentingan masing-masing. Surat resmi sekolah sendiri adalah sebuah surat yang dikeluarkan oleh pihak sekolahan yang dalam hal ini dapat ditujukan kepada wali murid, siswa, atau instansi tertentu.

Baca: Contoh Surat Resmi Sekolah

Contoh Laporan Kronologi


Pembuatan laporan kronologi untuk beragam tujuan. Seperti dalam lingkup dunia kerja misalnya, seorang karyawan yang telah bertindak merugikan perusahaan dalam hal ini yang bersangkutan perlu untuk membuat laporan kronologi dengan tujuan untuk memberikan penjelasan secara detail kepada perusahaan.

Simak: Contoh Laporan Kronologi Untuk Perusahaan
 

Contoh Surat Penawaran Barang


Format surat penawaran barang perlu dipahami bagi Anda yang mungkin notabene seorang pengusaha atau wirausahawan yang dalam hal ini anda ingin menawarkan produk atau usaha Anda kepada seseorang atau perusahaan lain.

Baca: Contoh Surat Penawaran Barang

Contoh Surat Lamaran Kerja Sesuai Info Lowongan


Surat lamaran kerja harus disusun dengan sebaik mungkin guna mendapatkan nilai plus dari bagian personalia. Surat lamaran kerja merupakan surat berjenis formal yang mana tata cara penyusunannya harus rapi, berisi dan bisa meyakinkan bahwa anda adalah kandidat yang pantas untuk mengisi posisi yang sedang ditawarkan perusahaan.

Lihat: Contoh Surat Lamaran Kerja Sesuai Lowongan
loading...

Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Referensi Contoh Surat [Lengkap]
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Referensi Contoh Surat [Lengkap] ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Referensi Contoh Surat [Lengkap]"

Posting Komentar