loading...

Pengertian Silabus dan Contoh Model Silabus

Dalam dunia pendidikan kita sering mendengar yang disebut dengan Silabus. Lalu, apa yang dimaksud dengan silabus ini sebenarnya? Kolom artikel ini akan membahas tentang definisi silabus serta contoh model silabus. Berikut ini ulasan mengenai silabus.

Pengertian Silabus


Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar kedalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.

Baca juga: Referensi Contoh Surat Lengkap

Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar.

Silabus berisi komponen pokok yang dapat menjawab pertanyaan berikut.ini:

  • Kompetensi yang akan diterapkan pada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran
  • Kegiatan yang harus dilakukan untuk menerapkan dan atau membentuk kompetensi tersebut
  • Upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik. 

Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.

Prinsip Pengembangan Silabus


  • Ilmiah . Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
  • Relevan.  Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
  • Sistematis. Komponen-komponen silabus  saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
  • Konsisten. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
  • Memadai.  Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
  • Aktual dan Kontekstual.  Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.
  • Fleksibel.  Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
  • Menyeluruh.  Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).

Contoh Model Silabus


Sebagai bahan referensi untuk dipelajari, Anda dapat mengunduh contoh silabus & RPP Matematika melalui link dibawah ini.

Download Contoh Silabus

www.contohnaskahdrama.com » Referensi artikel pendidikan

Post title: Pengertian Silabus dan Contoh Model Silabus
Written by: Luki Hardian

Apabila Anda ingin copy-paste artikel, dimohon dengan sangat untuk menyertakan link yang menuju ke laman artikel Pengertian Silabus dan Contoh Model Silabus ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di social media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Pengertian Silabus dan Contoh Model Silabus"

Posting Komentar