loading...

Cara Pasang 1 Antena Untuk 2 TV

loading...
Sebuah rumah, terlebih jika rumah tersebut berukuran relatif besar dan jumlah anggota keluarga pun banyak biasanya akan ada televisi lebih dari satu. Lantaran ada lebih dari satu TV, maka jumlah antena pun harus disesuaikan dengan jumlah TV yang ada di rumah. Namun, hal ini akan dirasa ribet, bayangkan jika dalam rumah Anda ada 2 atau 4 TV, apakah Anda akan memasang antena hingga 4 buah antena. Diperlukan solusi untuk mengatasi hal tersebut, yakni memasang 1 antena untuk 2 TV.

Memasang 1 antena untuk 2 TV sebenarnya sangat mudah. Teknik yang umumnya digunakan adalah dengan melakukan pararel antena TV agar signal dari 1 antena dapat di distribusikan ke beberapa channel TV. Adapun artikel ini akan mengulas tentang cara memasang 1 antena untuk 2 TV dengan teknik yang lebih mudah sehingga tidak akan menyulitkan Anda. Selain itu, cara yang saya gunakan ini juga tidak membutuhkan peralatan tambahan apapun selain kabel booster antera.

Ide menyetel 1 antena untuk 2 TV sendiri muncul ketika saya mendapati salah satu TV di rumah saya dapat menangkap sinyal dengans empurna sehingga gambar terlihat jernih lantaran antena TV berada dilokasi yang tepat (tinggi). Sementara untuk Televisi yang satunya lagi gambarnya cukup buram lantaran letak antenanya memang hanya berada diatas almari pakaian. Akhirnya muncullah ide untuk menggabungkan 1 antena untuk 2 TV tersebut.

Peralatan untuk memasang 1 antena untuk 2 TV


  • 1 antena
  • 1 booster
  • 2 kabel antena / booster
  • Sebuah obeng

booster antena
Gambar booster antena tv

Cara Memasang 1 Antena Untuk 2 TV


Perhatikan gambar booster antena diatas - didalam booster tersebut terdapat dua jalur kabel, yaitu jalur kabel ke power (lsitrik), dan yang kedua adalah jalur kabel untuk menangkap signal dari antena.

Yang perlu Anda lakukan adalah membuka booster tersebut, kemudian masukkan kabel booster (untuk TV kedua) di jalur kabel penangkap signal.

kabel booster antena
Gambar kabel booster antena

Setelah kabel booster sudah dipasangkan dengan baik pada jalur penangkap signal, selanjutnya Anda bisa menutup kembali casing booster. Sampai disini proses pembuatan 1 antena untuk 2 TV sudah selesai.

Selanjutnya, silakan coba hidup kedua TV Anda. Jika pemasangannya sudah benar sebagaimana saya sebutkan diatas, maka seharusnya kedua televisi yang ada di rumah Anda sudah bisa menangkap gambar dengan baik. Dan apabila masih ada msalah, maka itu artinya Anda belum memasang kabel booster pada jalur penangkap signal. Jadi, Anda bisa membuka kembali casing booster untuk memasang ulang kabel dan meletakkannya pada jalur yang tepat.

Sebagai catatan, kemungkinan gambar yang dihasilkan tidak bisa sejernih saat 1 antena hanya digunakan untuk 1 TV. Hal ini terjadi karena adanya pembagian signal yang teralokasikan untuk 2 buah TV, sementara kabel penangkap signal itu sendiri memiliki keterbatasan. Namun, menurut saya ini bisa menjadi alternatif berguna katimbang harus memasang banyak antena, apalagi kualitas gambarnya juga tidaklah jelek-jelek amat.

Demikian panduan mudah cara menggabungkan 1 antena untuk banyak TV, semoga panduan ini berguna bagi kalian. Langkah-langkahnya cukup mudah dan tanpa peralatan tambahan, jadi Anda bisa segera menerapkannya jika memang dirasa diperlukan.
loading...

Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Cara Pasang 1 Antena Untuk 2 TV
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Cara Pasang 1 Antena Untuk 2 TV ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Cara Pasang 1 Antena Untuk 2 TV "

Posting Komentar