loading...

Contoh Pidato Tentang Pemuda

loading...
Bagi kalian para muda-mudi yang berkesempatan untuk menyampaikan sebuah pidato dengan tema seputar peran pemudah, silakan simak contoh naskah pidato singkat berikut ini yang berisi tentang peran remaja.

Naskah Pidato Tentang Peran Remaja


Contoh #1 - Peran Generasi Muda Untuk Kemajuan Bangsa dan Negara

Assalamualaikum wr. wb.

Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru

Serta teman-teman yang saya sayangi dan saya banggakan

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul dalam acara Peringatan Sumpah Pemuda tanpa halangan suatu apapun. Sholawat serta salam tak lupa kita haturkan kejunjungan kita Nabi Muhammad SAW yang kita tunggu-tunggu syafaatnya di Yaumul Qiyamah nanti.
Di sini saya mengucapkan terima kasih atas waktu yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan beberapa kalimat dalam acara sumpah pemuda ini dengan tema “Peran Generasi Muda Untuk Kemajuan Bangsa dan Negara”.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pemuda adalah salah satu tombak pembangunan bangsa. Pertama, ketika lahirnya Budi Utomo yang mengubah pikiran rakyat bahwa kemerdekaan dapat diraih bukan hanya dengan kekerasan dan peperangan. Tapi dari pikiran pemuda-pemuda yang berpendidikan yang sadar atas arti pentingnya hak asasi manusia maka mulai saat itu pembentokan dilakukan dengan cara-cara yang halus, seperti kritikan tetang adanya perbudakan, imperialisme dan kolinialisme. Serta dengan melakukan perjanjian.

Bukti nyata bahwa pemuda sangat berperan dalam pembangunan dan kemajuan bangsa adalah pada saat peristiwa Trisakti. Perjuangan para pemuda dapat menumbangkan 32 tahun kediktatoran pemerintah masa orde baru. Sekarang di era reformasi ini kita dapat menikmati perjuangan mereka.
Generasi muda bukan sekedar kumpulan anak-anak muda, tapi generasi muda adalah mereka yang mampu menggantikan generasi sebelumnya dan mampu membuat perubahan menjadi lebih baik lagi dari apa yang sudah diraih generasi sebelumnya.

Lalu apa peran generasi muda untuk kemajuan bangsa di era reformasi ini? Yang diperlukan bukanlah taktik perang, bukan otot dan tenaga yang harus dikuras mati-matian tetapi otak yang menghasilkan ide dan gagasan serta sikap jujur dan pantang menyerah. Di era yang serba canggih ini yang diperlukan adalah pendidikan yang berkualitas. Agar bangsa kita tidak tertinggal dengan bangsa lain, maka para pemudanya harus rajin dalam hal belajar, menemukan gagasan baru dan meneliti serta dapat mengikuti perkembangan zaman.
Sebagai generasi muda, kita harus menghilangkan rasa malas dan menggantinya dengan rasa ingin tahu. Kesuksesan bukan hanya diraih dari otak tapi juga dengan kerja keras. Para pemuda kita sebenarnya mampu, mereka bisa seperti pemuda-pemuda bangsa lain. Misalnya temen-teman kita sudah mampu membuat mobil sendiri, mampu membuat anti virus sendiri, bahkan saat olimpiade pun kita banyak mendapatkan medali. Namun membuat kita tidak maju adalah kita tidak mau dan tidak mampu menghargai karya bangsa kita sendiri.

Oleh sebab itu sebagai generasi muda sudah selakyaknya kita menghargai bangsa kita sendiri. Dengan cara-cara yang simpel tapi sangat berpengaruh seperti tidak melakukan tawuran, rajin belajar, kreatif dan menggunakan produk-produk buatan kita sendiri, tidak menggunakan obat-obatan terlarang serta meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme serta ikut aktif dalam pengambilan keputusan dan kebijakan negara.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Apabila ada tutur kata yang kurang berkenan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr.wb.

Contoh #2 - Peran pemuda di era globalisasi

Assalamualaikum Wr. Wb
Rasanya tak habis-habisnya kita mesti bersyukur kepada Allah,karena dari limpahan rahmat dan karuniaNya, hingga kini kita tetap bertahan menjaga keimanan kita sebagai tingkat nikmat yang paling tinggi.Syahadat pun harus selalu kita benahi,agar lebih mendekati makna yang hakiki.Sanjungan shalawat kita sampaikan kepada Baginda Rasul, ujung tombak pembawa pelita kehidupan.

Yang terhormat Bapak Guru Penguji mata pelajaran bahasa Indonesia yang saya hormati, teman - teman yang saya hormati dan saya banggakan, dan seluruh hadirin yang  juga saya hormati pada kesempatan ini insya allah saya akan berpidato mengenai PERAN PEMUDA DI ERA GLOBALISASI.

Peran remaja di era globalisasi adalah menjadi agent of change (ujung tombak perubahan) yang  peduli terhadap umat terutama para remaja,  menjaga dan terus melakukan perbaikan terhadap dirinya dan menjadi teman bagi remaja remaja  yang lain untuk menjadi pribadi yang mampu menjadi generasi terbaik yang seperti difirmankan oleh allah swt dalam QS Ali Imran [3] :110) yang artinya :
“ Kalian adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia (karena kalian) melakukan amar makruf nahi mungkar dan beriman kepada allah “

Remaja sudah seharusnya berada digarda terdepan untuk menyeru kepada kebaikan dan mencegah kepada kemungkaran dan terus beribadah kepada allah SWT,  untuk menjadi generasi terbaik sebagaimana ayat tersebut. Disaat  milyaran remaja diera globalisasi ini sudah rusak dikarenakan perkembangan zaman, food  , fashion, dan gaya hidup, rokok, minuman beralkohol sampai narkoba, dan juga efek negatif dari penyalahgunaan internet dan teknolgi dari mulai situs jejaring sosial sampai situs – situs yang memuat tentang konten- konten dewasa. Maka perlu ada remaja – remaja yang turun langsung untuk mengatasi permasalahan ini dan menjadi agent perubahan.

Teman – teman remaja yang saya hormati dan saya banggakan,

Salah satu dari pemimpin di negeri kita pun menyatakan “Sekelompok orang tua hanya dapat bermimpi tapi seorang pemuda dapat mengubah dunia” itu bisa dijadikan motivasi kepada para remaja untuk tidak ragu dan berada digarda paling depan menjadi remaja- remaja terbaik,  peduli terhadap umat dan terus melakukan perbaikan dengan menjadi agent of change ujung tombak perubahan.

Marilah kita bersama – sama untuk menjadi generasi terbaik be the best generation di era globalisasi ini  ... Insya Allah Amin......

Demikian pidato dari saya mohon maaf atas segala kekhilafan,  terimakasih atas perhatianya, Akhirulkalam,

Wassalamualaikum Wr Wb.

Baca juga: 


Demikian, dan selamat menulis teks pidato Anda. Semoga contoh ini bisa memberikan inspirasi bagi Anda.
loading...

Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Contoh Pidato Tentang Pemuda
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Contoh Pidato Tentang Pemuda ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Contoh Pidato Tentang Pemuda"

Posting Komentar