loading...

Cara Mengajukan Beasiswa

loading...
Proses untuk mendapatkan beasiswa ditempuh melalui serangkaian cara yang sudah ditentukan. Semua para calon pemohon beasiswa diharuskan untuk mengikuti mekanisme yang ada jika ingin mendapatkan beasiswa dari lembaga pendidikan/instansi terkait.

Beasiswa dapat didapat dari berbagai instansi, jika Anda membutuhkan info daftar nama-nama PTS yang memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa baru yang kurang mampu, silakan baca artikel info PTS yang menawarkan program beasiswa.

Agar Anda bisa mendapatkan beasiswa, baik beasiswa untuk jenjang pendidikan S-1 maupun beasiswa untuk jenjang S-2, Anda diwajibkan untuk memenuhi semua persyaratan pendaftaran agar aplikasi Anda dapat diproses oleh pihak bersangkutan.

Bagi Anda yang masih kurang paham bagaimana langkah-langkah untuk mengajukan beasiswa di perguruan tinggi, berikut ini panduannya.

Bagaimana cara mengajukan beasiswa? Sebelum Anda mengajukan beasiswa, berikut ini adalah persyaratan umum dalam mengajukan beasiswa.

1. Bukti prestasi dan keterangan tidak mampu

2. Kartu tanda penduduk (KTP) dan surat-surat administrasi terkait pemohon

3. Sertifikat TOEFL (untuk beasiswa luar negeri)

4. Surat keterangan tidak pernah tersandung masalah kriminal

5. Ijazah terakhir calon pemohon beasiwa

Cara mengajukan beasiswa :

Bergantung pada lembaga atau instansi tempat dimana Anda akan mengajukan beasiswa prosesnya mungkin akan sedikit berbeda antara satu sama lain, namun secara keselurahan ia hampir sama.

Carilah form registrasi untuk program pengajuan beasiswa. Form tersebut bisa Anda dapat melalui situs resmi instansi/lembaga terkait, atau dengan cara-cara lainnya.

Lengkapi form registrasi tersebut untuk memastikan status pendaftaran Anda sebagai calon penerima program beasiswa di lembaga/instansi bersangkutan.

Jika aplikasi Anda dinilai sudah memenuhi kriteria, aplikasi Anda akan diproses dan Anda akan mendapatkan kabar terbaru untuk pendaftaran Anda.

Tips :
Jika Anda mendapatkan informasi beasiswa dan ingin mengambil beasiswa tersebut, sebaiknya Anda membuka situs resmi instansi/lembaga/universitas terkait, disitus tersebut biasanya diterangkan secara detail langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk pengajuan beasiswa.
loading...

Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Cara Mengajukan Beasiswa
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Cara Mengajukan Beasiswa ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.