Skip to main content

9 Tips Lulus CPNS 2019 Sesuai Pengalaman Pribadi

Bagi Anda yang telah mendaftar CPNS 2019, pastinya Anda menginginkan agar bisa lolos tes SKD sambil berharap-harap cemas. Anda perlu mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin agar bisa lulus CPNS 2019.

Sebagai informasi, bagi Anda yang berminat menjadi PNS silahkan mendaftarkan diri dengan mengikuti proses rekrutmennya yang dapat dilakukan melalui laman SSCASN BKN: https://sscasn.bkn.go.id

Sembari menyiapkan berkas-berkas untuk yang dilampirkan sebagai syarat mendaftar CPNS, kamu bisa menyicil mempersiapkan SKD (Seleksi Kompetensi Dasar). Tes SKD sendiri dilaksanakan pada bulan Februari 2020.

Tips Lulus Tes CPNS 2019


Sebuah kesempatan dapat berbincang-bincang dengan dua PNS yang berhasil lulus seleksi CPNS tahun sebelumnya seputar tips persiapan pendaftaran CPNS hingga pelaksanaan SKD. Dua PNS tersebut adalah PNS di Kementerian Keuangan dan PNS di Perpustakaan Nasional.

Berikut beberapa hal dan tips yang perlu diketahui para pendaftar CPNS untuk persiapan hingga mengerjakan tes SKD CPNS.

1. Belajar dari Buku dan Aplikasi


Saat mempersiapkan tes SKD CPNS, Dian (bukan nama sebenarnya) mengaku banyak belajar dari buku-buku SKD seperti dari terbitan Gramedia. Ia menyempatkan untuk membaca dan melatih untuk mengerjakan soal-soal SKD CPNS.

Sementara itu, Dedi (bukan nama asli) punya cara tersendiri. Ia belajar melalui aplikasi soal Computer Assisted Test (CAT). Ia sebelum tidur melatih untuk menjawab soal-soal TWK.

"Sebelum tidur, saya jawabin soal-soal TWK sampai hapal jawabannya. Kalau lagi senggang, coba jawab soal TIU. Tapi aplikasi lebih banyak keluar soal daripada dari buku," jelasnya.

2. Banyak Berlatih Soal


Dian menyebut pelamar CPNS bisa lebih rajin untuk mempelajari soal-soal CPNS terdahulu. Menurutnya, soal-soal CPNS biasanya memiliki pola yang sama dari tahun ke tahun.

"TIU kalau mau diperkuat, bisa coba mengerjakan soal-soal yang random. Bisa soal matematika SD, SMP, SMA dan belajar tentang sensus. Ada soal yang tentang deret angka," terang Dian.

3. Survei Tempat Ujian


Saat ingin tes SKD, Dedi menyarankan untuk mengetahui tempat ujian yang telah ditentukan. Orientasi medan di sekitar tempat lokasi tes SKD juga perlu diperhatikan seperti masjid tempat sholat dan rute serta transportasi menuju tempat ujian.

4. Meluangkan Waktu Khusus


Menurut Dian, meluangkan waktu untuk mempersiapkan SKD menjadi salah satu kunci sukses. Ia menyebutkan, banyak pelamar CPNS gagal SKD karena tak niat dan tak meluangkan waktu belajar.

"Kalau kamu niat, bisa buka buku kalau luang. Perbaiki niat kalian. Kalau niat jadi ASN (Aparatur Sipil Negara), pasti kalian perlu menyempatkan belajar soal-soal SKD," kata Dian.

5. Manajemen Waktu yang Tepat


Saat mengerjakan soal SKD, kamu tak hanya dituntut untuk tepat dalam menjawab, melainkan kamu juga dituntut cepat. Tes SKD memiliki waktu pengerjaan yang telah ditentukan.

Dian menyarankan untuk mengerjakan soal dari yang termudah dan dikuasai. Sementara, kamu bisa melewati soal-soal yang dirasakan lebih sulit.

"Jangan menghabiskan waktu di soal yang susah. Lebih baik soal-soal yang susah nanti bisa dikerjakan. Nantikan ujungnya akan di-review setelah mengerjakan," terangnya.

6. Teliti dalam Mengerjakan Soal


Dedi menyarankan kepada para pelamar CPNS untuk teliti dalam mengerjakan soal-soal SKD. Menurutnya, setiap soal di tes SKD banyak soal-soal yang menjebak dan memerlukan pemahaman lebih lanjut.

Soal-soal TIU biasanya menuntut kamu untuk mengerjakan soal-soal tentang logika dan kemampuan berhitung. Bila, tak teliti mengerjakan, kamu tak akan mendapatkan poin dari soal yang diuji.

7. Tiba Lebih Awal


Kamu lebih baik datang lebih awal untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan seperti terkena macet, tersasar, atau kendala di kendaraan yang kamu bawa. Datang satu jam lebih awal di lokasi tes SKD bisa kamu coba.

Bila terlambat datang ke lokasi tes SKD, waktu untuk mengerjakan soal ujian akan berkurang.

8. Kerjakan Secara Tenang


Ketenangan dalam mengerjakan soal tes SKD CPNS sangat diperlukan. Apalagi bila kamu sangat mendambakan posisi PNS dan baru pertama kali mengikuti proses CPNS.

Jangan biarkan rasa gugup menguasai diri kamu saat tes SKD. Kalau kamu terlalu gugup, justru akan menghilangkan fokus untuk mengerjakan tes SKD.

9. Bantuan Do'a Orangtua


Dian punya cara tersendiri untuk sebelum memulai tes SKD. Ia meminta maaf, ridho, dan doa dari orang tuanya sebelum mengikuti tes SKD.

"Jadi benar-benar minta maaf atas kesalahan yang diperbuat selama ini. Lebih lega karena didoain. Itu pengaruh banget ke psikologis dan konsentrasi saat mengerjakan soal," pungkasnya.

Penutup


Tips Lulus CPNS 2019

Nah itulah 9 tips lulus tes CPNS 2019 yang bisa menjadi perhatian Anda agar nantinya Anda bisa diterima sebagai pegawai negeri sipil. Strategi lulus CPNS diatas merupakan masukan dari dua orang yang sudah punya pengalaman lulusan CPNS.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close