Skip to main content

Tips Agar Bisa Membeli Mobil Dengan Penghasilan Kecil

Sebagian orang mungkin memandang sesuatu hanya dari sudut sempit saja. Tidak mungkin bisa membeli mobil jika penghasilan saja pas-pasan. Dan disisi lain mereka berkeyakinan, pasti bisa membeli mobil jika memang punya penghasilan besar.

Sebenarnya perencanaan yang matang dan manajemen keuangan yang baik itu memungkinkan sesuatu yang secara kasat mata terlihat mustahil akhirnya bisa terwujud. Sekalipun penghasilan Anda rendah, bukan tidak mungkin Anda bisa memiliki mobil jika tata kelola keuangan pribadi Anda bagus.

“Tidak mungkin bisa membeli mobil kalau gaji bulanan hanya cukup buat makan’. Sebenarnya kondisi tersebut hanya sebuah logika dasar saja. Bahkan, meskipun penghasilan Anda besar sekalipun jika tidak disertai dengan perencanaan dan manajemen keuangan yang baik Anda akan cenderung merasa tidak berkecukupan, apalagi untuk bisa membeli sebuah mobil.

Tips Agar Bisa Memiliki Mobil dengan Penghasilan Kecil


Bagi Anda yang sangat ingin memiliki mobil pribadi, baik itu mobil bekas maupun mobil baru saya ingin berbagi tips dengan Anda bagaimana cara menyisihkan sebagian uang Anda dari penghasilan yang notabene tergolong rendah agar dikemudian hari Anda bisa membeli mobil impian Anda.

Silakan simak tipsnya berikut ini.

Tentukan jumlah uang yang bisa Anda sisihkan setelah digunakan untuk biaya operasional hidup Anda.

Misalkan penghasilan/bulan Anda sebesar Rp 3.5 juta, sisihkan setidaknya Rp 1.5 juta untuk ditabung atau untuk di investasikan.

Dengan penghasilan diangka Rp 3.5 juta/bulan dan menyisihkan untuk menabung sebesar Rp 1.5/bulan, maka realistisnya Anda bisa memiliki sebuah mobil bekas dengan kisaran harga Rp 50 juta-an.

Sesuai estimasi jumlah uang yang bisa Anda tabung, yaitu Rp 1.5 juta per bulan, maka untuk bisa membeli mobil bekas seharga Rp 50 juta-an Anda membutuhkan waktu selama tiga tahun.

Jika Anda menabung sebesar Rp 1.5 juta setiap bulannya selama 36 bulan lamanya, maka uang yang terkumpul adalah sebesar Rp 54 juta.

Apabila tiga tahun dirasa terlalu lama untuk mengumpulkan uang sebesar Rp 54 juta hasil dari menabung Rp 1.5 juta dalam sebulan, maka Anda bisa mengalokasikan uang tabungan Anda untuk berinvestasi.

Jika Anda tidak terlalu paham dengan dunia investasi, pilihlah jenis investasi yang paling mudah, misalkan dengan membeli hewan peliharaan (sapi, kambing, dsb). Dengan demikian uang Anda akan bertambah lebih cepat dan tidak harus menunggu selama tiga tahun untuk mengumpulkan uang sebesar Rp 54 juta.

Penutup


Itulah cara cerdas untuk bisa membeli mobil meskipun dengan penghasilan rendah. Hal terpenting yang harus Anda tekankan adalah “selalu ingat target Anda!”. Jangan menggunakan uang untuk kebutuhan apapun yang sifatnya skunder, prioritasnya adalah untuk menabung.

Tips Agar Bisa Membeli Mobil dengan Penghasilan Kecil

Sebanyak apapun uang yang Anda miliki, jika Anda biasakan menggunakan uang untuk keperluan-keperluan yang sebenarnya tidak terlalu penting, maka sebanyak itu pula uang Anda akan habis dengan tidak tersisa sama sekali.

Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Buka Komentar
Tutup Komentar
close