loading...

Contoh Teks Prosedur

Dari berbagai macam definisi Teks, satu diantaranya adalah Teks Prosedur. Dan bagi Anda yang belum mengerti apa itu pengertian Teks Prosedut serta apa saja contoh teks prosedut, silakan di simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Teks Prosedur


Teks Prosedur adalah teks yang berisi cara, tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu hal dengan langkah demi langkah yang tepat secara berurutan sehingga menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan.

Teks prosedur biasanya terdapat pada tulisan yang mengandung cara, tips atau tutorial melakukan langkah tertentu. Didalam teks prosedur terdapat kata imperatif atau kata perintah untuk melakukan apa yang dibahas pada teks agar si pembaca melakukan apa yang diperintahkan pada isi teks tersebut.

Misalnya kamu sedang mencari tulisan cara memutihkan wajah melalui internet, nah pada teks tulisan tersebut akan ada cara atau langkah bagaimana memutihkan wajah sehingga menghasilkan putih bersih seperti yang kamu inginkan. cara yang disajikan pun langkah demi langkah secara berurutan agar sipembaca mampu mengikuti tutorial yang disajikan. ngerti ? oke lanjut. . .

Pada teks prosedur, isi dari tulisannya selalu berhubungan dari awal sampai akhir, dan dari setiap isinya terdapat keterangan-keterangan agar mudah dipahami oleh pembaca.

Ciri-ciri Teks Prosedur


Teks prosedur memiliki beberapa ciri, yaitu:

1. Pola kalimat yang digunakan adalah imperatif atau perintah
2. Kata kerja yang digunakan adalah jenis aktif
3. Menerapkan konjungsi atau yang juga dikenal sebagai kata penghubung
4. Memakai kata keterangan untuk menunjukan tempat, waktu dan cara supaya lebih akurat.

Struktur Teks Prosedur


Teks prosedur mempunyai tiga langkah bagian yaitu tujuan, materi dan langkah-langkah. Berikut ini uraiannya:

  • Tujuan, pada bagian ini penulis mengemukakan pembahasan materi yang akan ditulis seperti tujuan dan manfaat penulisan sehingga hasil akhirnya sesuai keinginannya pembaca.
  • Materi, pada bagian ini terdapat materi atau bahan-bahan yang dibutuhkan, jika teks prosedurnya tentang pembuatan sesuatu maka pastinya membutuhkan materi/bahan-bahan untuk membantu langkah-langkahnya.
  • Langkah-langkah, pada bagian ini terdapat inti materi yang dibahas yaitu langkah-langkah kegiatan materi yang harus dilakukan atau diikuti untuk mencapai hasil akhir yaitu tujuan dan manfaatnya secara berurutan.

Contoh Teks Prosedur


Contoh berikut ini adalah contoh teks prosedur sederhana, yaitu sebuah teks yang hanya berisi prosedur ringan karena hanya berisi dua atau tiga tahapan atau langkah saja. Berikut ini contoh teks prosedur sederhana.

Cara Menggunakan Kompor Listrik


  1. Jika ingin memasak dengan kompor listrik sekiranya yang biasa atau sederhana saja seperti, membuat nasi goreng, dan menumis.
  2. Untuk membuat nasi goreng dengan kompor listrik, sebelum kompor tersebut panas merata, sebaiknya wajan taruh dahulu saja diatas kompor yang sedang dipanaskan, sehingga ketika nasi yang sudah siap untuk dimasak tidak terlalu lama harus menunggu nasi itu untuk dimasak, dan sebaiknya juga ketika wajan belum panas jangan dulu mengambil nasi dari rice cooker atau dari panci tempat memasak nasi tersebut, sebaiknya ambilah nasi ketika wajan sudah panas sempurna, barulah Anda memasukan bumbu – bumbu dan barulah Anda mengambil nasi secukupnya yang akan dimasak.
  3. Apabila Anda ingin membuat rending atau kue, sebaiknya tidak menggunakan kompor listrik, lebih baiknya gunakanlah kompor gas atau kompor minyak, jika menggunakan kompor listrik juga tidak akan berubah rasa atau hambar pada masakan itu, akan tetapi lamanya memasak dengan kompor listrik itu berbeda dengan kompor – kompor biasa, yang cepat sekali panas, kompor listrik ini harus meunggu dahulu panasnya merata pada besi bulat yang berbentuk seperti obat nyamuk.

Penutup


Demikian ulasan mengenai pengertian teks prosedur beserta contoh teks prosedur sederhana. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. 

loading...
Artikeloka » Kumpulan artikel informatif

Judul Artikel: Contoh Teks Prosedur
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Contoh Teks Prosedur ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Contoh Teks Prosedur"

Posting Komentar

close