loading...

Pengertian dan Ruang Lingkup Sosiologi

Sudahkah Anda memahami apa saja ruang lingkup sosiologi itu? Jika belum, maka artikel ini akan berguna bagi Anda. Mari kita ulas secara lengkap mengenai pengertian dan ruang lingkup sosiologi.


Pengertian Sosiologi


Sosiologi berasal dari bahasa Latin socius yang artinya kawan dan logos yang artinya ilmu. Sehingga dapat diartikan bahwa sosiologi adalah pengetahuan tentang pertemanan atau perkawanan. Pengertian pertemanan ini selanjutnya diperluas cakupannya menjadi sekelompok manusia yang hidup bersama dalam sebuah tempat, atau bisa disebut dengan masyarakat. Dengan demikian, sosiologi juga diartikan sebagai pengetahuan tentang hidup bermasyarakat atau hubungan antara masyarakat.

Istilah sosiologi pertama sekali dikemukakan oleh Auguste Comte dalam bukunya yang berjudul Cours de la Philosovie Positive. Menurut Comte, sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hubungan antara manusia dengan manusia lainnya dalam sebuah kelompok masyarakat. Secara luas, sosiologi mempelajari tentang masyarakat sebagi suatu kompleks hubungan, interaksi, kekuatan, dan lembaga sosial. Ilmu sosiologi membantu kita untuk paham akan realitas atau fakta sosial yang sering terjadi di dalam kehidupan bermasyarakat.


Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli


Selain pengertian sosiologi diatas, beberapa ahli juga mengutarakan pendapatnya mengenai pengertian sosiologi. Berikut pengertian sosiologi menurut beberapa ahli:

1. Pengertian Sosiologi menurut Soejono
Soekanto Menurut Soejono, Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada pencarian kehidupan kelompok dan produk yang dihasilkan dari kehidupan kelompok itu.

2. Pengertian Sosiologi menurut Alan Johnson
Menurut Alan, Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan serta perilaku karena keterkaitannya dengan sistem sosial, sehingga sistem tersebut dapat mempengaruhi individunya, serta bagaimana individu tersebut dapat mempengaruhi sistemnya.

3. Pengertian Sosiologi menurut William F. Oghburn dan Mayer F. Nimkoff
Menurut William dan Mayer, Sosiologi adalah penelitian ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial.

4. Pengertian Sosiologi menurut P.J. Bouman
Menurut Bouman, Sosiologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari hubungan sosial antar sesama manusia atau individu dengan individu, individu dengan kelompok, serta kelompok dengan kelompok, sifat dan perubahan sosial, lembaga sosial, serta ide-ide sosial lainnya.

5. Pengertian Sosiologi menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi
Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, beliau berpendapat bahwa sosiologi sebagai ilmu masyarakat mempelajari tentang struktur sosial, yaitu sebagai suatu keseluruhan jalinan sosial antar berbagai unsur-unsur sosial pokok seperti kaidah sosial, kelompok sosial, dan lapisan-lapisan sosial dalam masyarakat. Sosiologi juga mempelajari tentang proses pengaruh timbal balik antara berbagai pelaku masyarakat.

6. Pengertian Sosiologi menurut Pitirim A. Sorokin
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan dan pengaruh timbal balik antara berbagai macam gejala sosial (keluarga, moral, agama, hukum, ekonomi, dsb). Hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dan gejala non-sosial (biologis, geografis, dsb) menjadi ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain.

Ruang Lingkup Sosiologi


Sosiologi mempelajari struktur sosial yang meliputi perubahan sosial. Ruang lingkup sosiologi lebih luas dari kebanyakan ilmu sosial lainnya karena mencakup hubungan individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok di dalam masyarakat. Karena dasar penelitian sosiologi merupakan penggabungan data dari berbagai ilmu pengetahuan, maka ruang lingkup kajian sosiologi dapat dijadikan 3 poin sebagai berikut:
  • Ekonomi beserta kegiatan usahanya secara prinsipil yang berhubungan dengan produksi, distribusi dan pemakaian sumber-sumber kekayaan alam.
  • Persoalan sejarah yaitu berhubungan dengan catatan kronologis contohnya usaha kegiatan manusia beserta prestasinya yang tercatat dan sebagainya.
  • Masalah manajemen yaitu pihak-pihak yang membuat kajian berkaitan dengan apa yang dialami warganya.
Sedangkan menurut Soerjono Soekanto, berdasarkan kekhususan dari ruang lingkupnya sosiologi dapat dikelompokkan menjadi dua macam cabang, yaitu sosiologi umum dan khusus.
  • Sosiologi Umum Mempelajari dan menyelidiki tingkah laku manusia pada umumnya, dalam mengadakan hubungan masyarakat.
  • Sosiologi Khusus Mempelajari dan menyelidiki bermacam-macam sektor kehidupan bermasyarakat, dari suatu segi kehidupan tertentu.

Contoh Sosiologi Khusus menurut Soerjono Soekanto:


  • Sosiologi pendidikan, membahas hubungan gejala kemasyarakatan dengan pendidikan.
  • Sosiologi perkotaan, membahas masyarakat di kota-kota.
  • Sosiologi pedesaan, membahas masyarakat di pedesaan.
  • Sosiologi hukum, membahas tingkah laku manusia dan masyarakat dalam kaitannya dengan hukum yang berlaku.
  • Sosiologi politik, membahas masyarakat dalam hubungannya dengan politik.
  • Sosiologi industri, membahas masyarakat dalam dunia industri.
  • Sosiologi pembangunan, membahas masyarakat di dalam pembangunan.

sosiologi

Demikian, semoga ulasan mengenai pengertian dan ruang lingkup sosiologi ini bermanfaat bagi sahabat pembaca.


loading...
Artikeloka » Kumpulan artikel informatif

Judul Artikel: Pengertian dan Ruang Lingkup Sosiologi
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Pengertian dan Ruang Lingkup Sosiologi ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Pengertian dan Ruang Lingkup Sosiologi"

Posting Komentar

close