loading...

Kisi-Kisi USBN SMK SMA

USBN atau Ujian Sekolah Berstandar Nasional untuk jenjang SMP SMA SMK adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa yang dilakukan sekolah untuk seluruh mata pelajaran dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar, kecuali mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok). Sedangkan USBN jenjang SD adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa sekolah hanya untuk beberapa mata pelajaran tertentu.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Totok Suprayitno mengungkapkan bahwa mata pelajaran yang diujikan pada USBN pada jenjang SMP SMA SMK  dan Pendidikan Luar Biasa, serta Pendidikan Kesetaraan (Paket B/Wustha, dan Paket C/Ulya) seluruh mata pelajaran akan diujikan dalam USBN, dan tidak ada lagi pelaksanaan ujian sekolah. “Tahun ini, seluruh Mapel akan diujikan dengan komposisi soal 90 persen pilihan ganda, dan 10 persen esai,”

Sedangkan untuk jenjang SMP, SMA, dan SMK 75 sampai 80 persen naskah disiapkan oleh guru pada satuan pendidikan dan dikonsolidasikan dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Untuk SDLB, SMPLB, dan SMALB 100 persen soal ujian disiapkan oleh sekolah berdasarkan kisi-kisi nasional. Selanjutnya untuk Pendidikan Kesetaraan Program Paket A/Ula, Paket B/Wustha, dan Paket C/Ulya 75 – 80 persen soal ujian disiapkan oleh Tutor dan dikonsolidasikan dengan Forum Tutor, dan 20 – 25 pesen soal disiapkan oleh pusat sebagai soal jangkar (anchor).

Penyusunan soal USBN tahun ini melibatkan guru dari berbagai sekolah untuk membuat butir-butir soal dengan porsi 75 sampai 80 persen, kemudian digabungkan dengan 20 sampai 25 persen soal yang disiapkan oleh pusat.

"Soal itu kemudian diperiksa dan dirakit bersama oleh KKG atau MGMP, di bawah koordinasi Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota atau Kanwil/Kantor Kemenag. Standar dan kisi-kisi ditetapkan oleh BSNP,”  ujar Kepala Balitbang.

Kisi-Kisi USBN

Berikut ini link download Kisi-Kisi USBN SMA SMK Tahun 2018 seluruh Mata Pelajaran (Mapel)

  • Download Kisi-Kisi USBN SMA Tahun 2018 seluruh Mata Pelajaran (Mapel)
  • Download Kisi-Kisi SMK Tahun 2018 seluruh Mata Pelajaran (Mapel)

Demikian info link download Kisi-Kisi USBN SMK SMA Seluruh Mata Pelajaran atau Mapel Tahun 2018. Semoga informasi ini berguna bagi kalian.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Kisi-Kisi USBN SMK SMA
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Kisi-Kisi USBN SMK SMA ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Kisi-Kisi USBN SMK SMA"

Posting Komentar

close