loading...

Pengertian MDGs dan Tujuan Millennium Development Goals

Anda mungkin masih agak asing dengan istilah MDGs. Jike benar, berikut ini dibahas mengenai MDGs (Millennium Development Goals) dimana pembahasannya mencakup pengertian, tujuan dan perbedaan MDGs dengan SDGs, nah agar lebih dapat memahami dan di mengerti mari simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian dan Tujuan MDGs


Pengertian Millennium Development Goals (MDGs) atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi "Tujuan Pembangunan Milenium", adalah sebuah paradigma pembangunan global yang dihasilkan dari kesepakatan antar kepala negara beserta perwakilan dari 189 negara anggota Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di kota New York, Amerika Serikat pada bulan September tahun 2000. Semua negara yang hadir dalam pertemuan tersebut berkomitmen untuk mengintegrasikan MDGs sebagai bagian dari program pembangunan nasional dalam rangka menangani penyelesaian terkait dengan isu-isu yang sangat mendasar tentang pemenuhan hak asasi, kebebasan manusia, perdamaian, keamanan, dan pembangunan.

Deklarasi ini adalah kesepakatan anggota PBB mengenai sebuah paket arah pembangunan global yang dirumuskan dalam beberapa tujuan MDGs, yaitu sebagai berikut:

  1. Menanggulangi kemiskinan serta kelaparan
  2. Mencapai Pendidikan dasar untuk semua kalangan
  3. Mendorong kesetaraan gender serta pemberdayaan perempuan
  4. Menurunkan angka kematian pada Anak
  5. Meningkatkan kesehatan Ibu
  6. Memerangi penyakit HIV/AIDs, malaria serta penyakit menular lainnya
  7. Memastikan kelestarian lingkungan hidup
  8. Membangun kemitraan global untuk pembangunan

Deklarasi MDGs merupakan hasil perjuangan dan kesepakatan bersama antara negara-negara berkembang dan maju. Negara-negara berkembang berkewajiban untuk melaksanakannya, termasuk salah satunya adalah Indonesia, dimana kegiatan MDGs di Indonesia mencakup pelaksanaan kegiatan monitoring MDGs. Sedangkan negara-negara maju berkewajiban mendukung dan memberikan bantuan terhadap upaya keberhasilan setiap tujuan dan target MDGs.

Sebagai salah satu negara yang ikut menandatangani deklarasi MDGs, Indonesia mempunyai komitmen untuk melaksanakannya serta menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan program pembangunan nasional baik jangka pendek, menengah, dan panjang. Pada hakikatnya semua tujuan dan target MDGs telah sejalan dengan program pemerintah jauh sebelum MDGs menjadi agenda pembangunan global dideklarasikan. Dalam MDGs potret dari kemakmuran rakyat diukur melalui berbagai indikator seperti bertambah tingginya tingkat pendapatan penduduk dari waktu ke waktu, kualitas pendidikan dan derajat kesehatan yang membaik, bertambah banyaknya penduduk yang menempati rumah layak huni, lingkungan permukiman yang nyaman bebas dari gangguan alam dan aman, Penduduk mempunyai kesempatan untuk mengakses sumber daya yang tersedia, lapangan kerja yang terbuka untuk semua penduduk, serta terbebas dari kemiskinan dan kelaparan.

Penerapan MDGs di Indonesia


Setelah kita membahas pengertian dan tujuan MDGs (Millennium Development Goals), Lalu bagaimana penerapan MDGs di Indonesia ? Dalam laporan Bappenas tahun 2010, pemerintah Indonesia mengklaim 8 dari target MDGs hampir semuanya tercapai. Selanjutnya Bambang Brodjonegoro Selaku Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) kala itu (18/7/2017), dalam keterangan tertulisnya mengatakan "Selama 15 tahun pelaksanaan MDGs, Indonesia berhasil mencapai 49 dari 67 target indikator yang ditetapkan". Berikut beberpa kutipan dari laporan Bappenas mengenai tujuan MDGS

1. Memberantas Kemiskinan dan Kelaparan Ekstrem
Pada tujuan MDGs yang pertama, pemerintah Indonesia menerapkan tiga terget, yaitu:

  1. Menurunkan proporsi penduduk yang menderita kelaparan menjadi setengahnya antara tahun 1990-2015.
  2. Menyediakan seutuhnya Pekerjaan yang produktif dan layak, terutama untuk perempuan dan kaum muda.
  3. Menurunkan proporsi penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan menjadi setengahnya antara 1990-2015.

2. Mewujudkan Pendidikan Dasar untuk Semua
Target Indonesia dalam tujuan ke dua dari MDGs ini ialah memastikan bahwa pada tahun 2015 semua anak di manapun ia berada baik laki-laki maupun perempuan, dapat menyelesaikan pendidikan dasarnya secara utuh.

3. Mendorong Kesetaran Gender dan Pemberdayaan Perempuan
Target berikutnya dari tujuan MDGs yang pemerintah Indonesia jalankan adalah menghapus ketimpangan gender pada tingkat pendidikan dasar dan lanjutan, lebih baik pada 2005, dan di semua jenjang pendidikan paling lambat tercapai pada tahun 2015.

4. Menurunkan Angka Kematian Anak
Selanjutnya pada tujuan menurunkan angka kematian anak, Indonesia mematok target dapat menekan angka kematian balita sebesar 2/3 nya antara tahun 1990-2015.

5. Meningkatkan Kesehatan Ibu
Target awal dalam peningkatan kesehatan ibu ialah menurunkan angka kematian ibu yang ditargetkan sebesar tiga perempatnya antara 1990-2015. Dan berikutnya adalah untuk mencapai serta menyediakan akses untuk kesehatan reproduksi untuk semua masyarakat pada tahun 2015.

6. Memerangi HIV dan AIDS, Malaria Serta Penyakit Lainnya
Pemerintah Indonesia menerapkan tiga target untuk mencapai tujuan ini yaitu tersedianya akses universal yang ditujukan untuk perawatan terhadap HIV&AIDS bagi yang membutuhkan pada tahun 2010, menghentikan dan mulai membalikkan trend penyebaran HIV&AIDS pada tahun 2015, menghentikan serta mulai membalikkan kecenderungan persebaran malaria serta penyakit-penyakit utama lainnya pada tahun 2015.

7. Memastikan Kelestarian Lingkungan
Ada 4 target yang ingin dicapai pemerintah dalam mewujudkan tujuan ini, yaitu: menggabungkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dalam kebijakan serta program negara dan mengakhiri kerusakan sumberdaya alam. mengurangi dan menghentikan laju hilangnya keragaman hayati, serta mencapai pengurangan yang signifkan pada tahun 2010. Memangkas setengah dari jumlah penduduk yang tidak memiliki jaringan air minum yang sehat pada tahun 2015. dan pada tahun 2020 diharapkan dapat mencapai perbaikan yang signifikan dalam kehidupan untuk sedikitnya 100 juta orang yang tinggal pada daerah kumuh..

8. Mengembangkan Kemitran Global untuk Pembangunan
Tujuan MDGs (Millennium Development Goals) terakhir ini, berkaitan dengan kerjasama internasional, yaitu menelaah isu-isu seperti perdagangan, utang internasional dan bantuan. Akan tetapi pada kenyataannya sebagian besar target dan indikator yang ada ditujukan untuk negara-negara maju agar turut membantu negara-negara miskin didunia dalam mencapai tujuan-tujuan MDGs lainnya.

9. Meng-Indonesiakan MDGs
Tujuan ini adalah tujuan yang ditambahkan sendiri oleh pemerintah Indonesia agar MDGs lebih dikenal di tingkat daerah, kabupaten dan kota sehingga terjadi integrasi dan kerja sama untuk mencapai tujuan MDGs secara bersama-sama.


Perbedaan MDGs dengan SDGs


Pada dasarnya MDGs dan SDGs memiliki persamaan yaitu tujuan yang sama. hal tersebut karena SDGs melanjutkan tujuan utama dari MDGs yaitu perihal penanggulangan kelaparan dan kemiskinan di dunia. Namun, dokumen MDGs yang disepakati pimpinan dunia pada tahun 2000 tersebut telah habis pada tahun 2015. Kemudian para pemimpin dunia merasa agenda MDGs (Milenium Development Goals) perlu diteruskan, sehingga muncul sebuah dokumen usulan bernama SDGs (Sustainable Development Goals).

Setelah kita mengetahui bahwa SDGs adalah kelanjutan dari MDGs dan mengetahu persamaannya, selanjutnya selain persamaan tentunya juga terdapat beberapa perbedaan antara MDGs dengan SDGs. Salah satu perbedaannya adalah MDGs hanya mempunyai 8 tujuan sedangkan SDGs memiliki 17 Tujuan pembangunan berkelanjutan dengan 169 target, oleh sebab itu SDGs mempunyai cakupan yang lebih luas dan akan mampu lebih tanggap atas penyebab utama kemiskinan serta kebutuhan universal. Tujuan SDGs mencakup tiga dimensi dari pembangunan berkelanjutan, yaitu pertumbuhan ekonomi, inklusi sosial dan perlindungan terhadap lingkungan. 

SDGs dibuat berdasarkan momentum dan keberhasilan MDGs. Tujuan SDGs meliputi lebih banyak aspek kehidupan yang diiringi dengan ambisi untuk menanggapi perubahan iklim, pekerjaan yang layak, ketidaksetaraan, pertumbuhan ekonomi, kota dan pemukiman masyarakat, industrialisasi, energi, konsumsi dan produksi yang berkelanjutan, perdamaian dan keadilan.

Tujuan serta target SDGs akan dimonitor dan ditinjau setiap saat dengan menggunakan indikator-indikator global. Dan kerangka kerja indikator global tersebut juga terus dikembangkan oleh Kelompok Lintas Badan dan Ahli. Selain itu pemerintah juga akan turut serta mengembangkan indikator-indikator nasional guna membantu memantau kemajuan dalam mencapai tujuan dan target SDGs. Berikutnya tindak lanjut dalm proses peninjauan akan dilaksanakan setiap tahun oleh Forum Tingkat Tinggi Politik tentang Pembangunan Berkelanjutan dengan menggunakan sebuah Laporan Kemajuan SDGs yang dipersiapkan oleh Sekretaris Jenderal.

Tujuan MDGs
Tujuan MDGs

Demikian ulasan mengenai Pengertian dan Tujuan MDGs (Millennium Development Goals), Lengkap Penjelasan. semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda baik untuk mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan tentang Pengertian MDG atau MDGs, millennium development goals.

loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Pengertian MDGs dan Tujuan Millennium Development Goals
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Pengertian MDGs dan Tujuan Millennium Development Goals ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Pengertian MDGs dan Tujuan Millennium Development Goals"

Posting Komentar

close