Klasifikasi Tanaman Jagung

Jagung merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa dikonsumsi sehari-hari karena untuk mendapatkannya memang tergolong sangat mudah. Asal waktunya musim jagung, kita tidak akan kesulitan untuk mendapatkan si manis yang satu ini. Selain enak dimakan, ternyata jagung juga memiliki banyak manfaat.

Jagung adalah tanaman yang sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia. Selain memiliki rasa yang khas, jagung juga mengandung banyak vitamin dan kandungan-kandungan lain yang bermanfaat untuk tubuh. Selain umum dijadikan konsumsi manusia, jagung juga dapat digunakan untuk kebutuhan pakan ternak.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jagung


Bagaimana cara cara kalsifikasi dan morfologi tanaman Jagung? Dibawah ini jawabannya.

Klasifikasi Tanaman Jagung

  • Klasifikasi Kingdom : Plantae ( tumbuhan )
  • Subkingdom : Tracheobionta ( Tumbuhan pembuluh )
  • Super Divisi : spermathopyta ( tumbuhan Berbunga )
  • Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan Berbunga )
  • Kelas : Liliopsida ( monokotil )
  • Sub Kelas : Commelinidae
  • Ordo :  Poales
  • Famili : Poacae
  • Spesies : Zea Mays L

Morfologi tanaman Jagung

Akar Jagung

Akar jagung pada tanaman ini memilki kedalam 8 m tetapi secara umumnya 2 m . Tanaman jagung yang sudah dewasa muncul akar adventif darai buku-buku batang bagian bawah yang dapat membantu menyokong pertumbuhan pada tanaman.

Batang Jagung

Batnag pada tanma jagung sangt lah muda terlihat s, batang jaagng hampir menyerupai padi ataupun gandum . tepai batang terdapat mutan yang batangnya tidak tumbuh pesat sehingga tanman terbentuk roset , Dengan batang ruas –raus dan terbusngkus pelepah daun yang muncul dari buku . sehingga batang dapat tumbuh dengan kuat

Daun Jagung

Daun yang terdapat pada jagung sanagt lah panjang dan sangat lah menyerupai lalang dan juga tumbuhan seperti padi atau pun gandum

Bunga Jagung

Klasifikasi Tanaman Jagung
Kondisi tanaman jagung dalam keadaan siap konsumtif

Jangung memilki bunga jantan dan juga betina yang terpisah dalam satu tanman ,. Tiap kuntum bunga memilki struktur khas bunga dari suku poaceae . yang disebut floret . Pad ajgung dua floret di batasi oleh sepasang glumanae ( gulma tunggal ) . bunga jantan tumbuh pada puncak tanaman . Berupa karanga bunga ( inflorescence ) . serbu sarai berwarna kuning beraroma khas . bunga tersusun ats dalam bongol /tongkol jagung.

Tongkol Jagung

Tongkol tumbuh dari buku batang dan pelepah daun . Pada umumnya tanaman ini hanya dapat menghasilkan satu tongkol produktif meskipun memilki jumlah yang banya bunga betina . buah jagung siapmpanen beberapa varietesyang sanagt lah unggul dapat menghasilkan satu tongkol yang produktif sedangkan bunga jantan yang cenderung siap untuk penyerbukan 2-5 hari lebih dini darai pada bunga betinanya (protandri).

Baca: Perbedaan Glikolisis Dengan Glukoneogenesis

Demikian ringkasan tentang Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jagung, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai tanaman jagung yang tidak hanya enak tapi juga banyak manfaat.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Klasifikasi Tanaman Jagung
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Klasifikasi Tanaman Jagung ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Klasifikasi Tanaman Jagung"

Posting Komentar

close