Buku Pedoman Atau Panduan Kerja Pengawas Sekolah Untuk Pengawas SD SMP SMA SMK

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikkan Nasional No. 12 tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madratsah, diamanatkan bahwa seorang pengawas sekolah harus memiliki standar kompetensi yang sudah ditetapkan. Kompetensi meliputi: Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Supervisi Manajerial, Kompetensi Supervisi Akademik, Kompetensi Evaluasi Pendidikan, Kompetensi Penelitian Pengembangan, dan Kompetensi Sosial.

Di tahun 2015, dalam rangka pemetaan kompetensi pengawas sekolah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayakan menyelenggarakan uji kompetensi pengawas sekolah yang diikuti oleh 24.293 pengawas sekolah dari jenis, jenjang, dan masa kerja yang bervariasi. Nilai rerata kompetensi pengawas sekolah adalah 55,24, untuk dimensi supervisi manajerial adalah 57,53, untuk dimensi supervisi akademik adalah 56,06, untuk dimensi penelitian dan pengembangan adalah 54,24, dan untuk dimensi evaluasi pendidikan adalah 53,12, Data tersebut menunjukkan bahwa pengawas sekolah membutuhkan perhatian yang lebih serius dalam peningkatan kompetensi untuk setiap dimensi kompetensi.

Oleh karenanya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan sebagai instansi Pembina melakukan pembinaan pengawas sekolah dengan berbagai strategi, satu diantaranya adalah peningkatan atau penguatan kompetensi pengawas sekolah.

Bentuk upaya untuk penguatan tersebut Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah telah melakukan penyusunan panduan kerja dan menerbitkannya menjadi sebuah buku Pedoman atau Panduan Kerja Pengawas Sekolah.

Buku kerja tersebut diharapkan dapat dijadikan acuan bagi Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, Pengawas Sekolah, dan para pemangku kepentingan pendidikan lainnya dalam melakukan pembinaan bagi pengawas Sekolah/Madrasah. Kami mengucapkan terima kasih kepada Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) yang telah terlibat dalam penyusunan Panduan Kerja Pengawas Sekolah.

Buku Pedoman tau Panduan Kerja Pengawas Sekolah Edisi Tahun 2017 memuat, diantaranya:

1. Tugas Pokok Dan Peran Pengawas Sekolah

A. Tugas Pokok Pengawas Sekolah
B. Peran Pengawas Sekolah

2. Tahapan Kegiatan Pengawasan

A. Penyusunan Program Pengawasan
B. Pelaksanaan Program Pengawasan
C. Evaluasi Hasil Pelaksanaan Program Pengawasan
D. Pembimbingan dan Pelatihan Profesional Guru dan/atau Kepala Sekolah

3. Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Bagi Pengawas Sekolah

A. Pengertian
B. Tujuan
C. Pejabat Penilai dan Atasan Pejabat Penilai
D. Waktu Penilaian
E. Unsur Penilaian
F. Alur Penilaian Prestasi Kerja Pegawai bagi Pengawas Sekolah.
G. Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai
H. Penilaian Capaian SKP-PS
I. Penilaian Perilaku Kerja Pegawai bagi Pengawas Sekolah
J. Pengolahan Nilai Capaian SKP dan Perilaku Kerja Pegawai
bagi Pengawas Sekolah
K. Penetapan Hasil Penilaian Prestasi Kerja Pegawai bagi
Pengawas Sekolah

Paling tidak Buku Pedoman atau Panduan Kerja Pengawas Sekolah Edisi Tahun 2017 tentu dapat digunakan sebagai bahan atau materi awal bagi pengawas sekolah untuk mengikuti pretest PKB Pengawas Sekolah.

Anda dapat mendapatkan buku tersebut melalui link dibawah ini:

Download Buku Panduan atau Pedoman Kerja Pengawas Sekolah
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Buku Pedoman Atau Panduan Kerja Pengawas Sekolah Untuk Pengawas SD SMP SMA SMK
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Buku Pedoman Atau Panduan Kerja Pengawas Sekolah Untuk Pengawas SD SMP SMA SMK ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Buku Pedoman Atau Panduan Kerja Pengawas Sekolah Untuk Pengawas SD SMP SMA SMK"

Posting Komentar

close