Contoh Narrative Text

Apa itu narrative text? Bagi sahabat pembaca yang belum tahu definisi narrative text (teks naratif) dan apa tujuan dari narrative text uraiannya dapat Anda simak dalam artikel ini yang akan saya kupas secara ringan sehingga enak untuk di baca.

Pengertian Narrative Text


Narrative text adalah salah satu materi pelajaran yang paling sering kita jumpai dalam dunia pendidikan bahasa Inggris. Oleh karenanya, setidaknya kita harus dapat memahami contoh narrative text dengan sangat baik agar nanti ketika membaca cerita dalam bahasa Inggris, kita langsung mampu memahami isi ceritanya.

Belajar bahasa Inggris di tingkat sekolah menengah, baik itu SMP ataupun SMA, kini tidak akan lepas dari pelajaran "wajib" tentang narrative text. Dalam pelajaran ini, siswa-siswi biasanya dituntut untuk bisa menceritakan sebuah kisah, dongeng ataupun cerita dalam bentuk tulisan.

Pengertian narrative text adalah: “a narrative (or story) is any report of connected events, presented in a sequence of written or spoken words, and/or in a sequence of (moving) pictures”. yaitu jenis genre yang rangkaian peristiwa atau ceritanya dari waktu ke waktu dan dijabarkan dengan urutan awal, tengah dan akhir. Jadi harus kronologis, maksudnya kronologis itu diceritakan secara runtut dan tidak boleh dibuat oncat-loncat.

Tujuan Narrative Text


Tujuan dasar dari narrative text adalah untuk menghibur dan menarik minat pembaca dengan menyajikan cerita atau peristiwa yang memiliki masalah yang menimbulkan konflik dan pada akhir cerita ada solusinya atau akhir yang bahagia atau bahkan menyedihkan. Sebenarnya teks naratif ini tidak hanya terbatas pada cerita yang berbau mistis, fiksi, legenda, dongeng ataupun fabel saja, tapi cerita lain yang berbentuk petualangan, misteri dan semua jenis cerita. Intinya, narrative text adalah tentang cerita. Tapi dalam pelajaran di sekolah, teks dengan genre naratif biasanya hanya digunakan untuk menunjukkan cerita fiksi seperti dongeng ataupun legenda saja.

Apabila dilihat dari jenisnya, maka narrative text yang sering dimaksudkan oleh guru-guru kita adalah termasuk kategori Narasi Sugestif, yaitu teks yang tujuannya agar pembaca mendapatkan hikmah dari sebuah cerita.

Contoh Narrative Text


Nah, dibawah ini adalah contoh narrative text dan artinya yang bisa Anda simak serta pelajari sehingga Anda akan benar-benar paham mengenai Narrative Text ini.


Fox and A Cat

One day a cat and a fox were having a conversation. The fox, who was a conceited creature, boasted how clever she was. 'Why, I know at least a hundred tricks to get away from our mutual enemies, the dogs,' she said.

'I know only one trick to get away from dogs,' said the cat. 'You should teach me some of yours!'
'Well, maybe some day, when I have the time, I may teach you a few of the simpler ones,' replied the fox airily.

Just then they heard the barking of a pack of dogs in the distance. The barking grew louder and louder - the dogs were coming in their direction! At once the cat ran to the nearest tree and climbed into its branches, well out of reach of any dog. 'This is the trick I told you about, the only one I know,' said the cat. 'Which one of your hundred tricks are you going to use?'

The fox sat silently under the tree, wondering which trick she should use. Before she could make up her mind, the dogs arrived. They fell upon the fox and tore her to pieces.

Moral : A single plan that works is better than a hundred doubtful plans.

Rubah dan Seekor Kucing

Suatu hari kucing dan rubah sedang bercakap-cakap. Rubah, yang adalah makhluk sombong, membual tentang betapa pintarnya dia. "Kenapa, aku tahu setidaknya seratus trik untuk menjauh dari musuh kita bersama, anjing," katanya.

"Saya hanya tahu satu trik untuk menjauh dari anjing," kata kucing. "Kamu harus mengajariku beberapa trik mu!"

"Yah, mungkin suatu hari, ketika saya punya waktu, saya mungkin mengajarkan kamu beberapa trik yang sederhana," jawab rubah ringan.

Sesaat kemudian mereka mendengar gonggongan sekawanan anjing di kejauhan. menggonggong semakin keras - anjing datang menuju ke arah mereka! Seketika kucing berlari ke pohon terdekat dan naik ke cabang-cabangnya, di luar jangkauan dari setiap anjing. 'Ini adalah trik saya katakan tadi, satu-satunya yang saya tahu, "kata kucing. ' mana salah satu dari seratus trik anda yang anda akan gunakan?'

Rubah duduk diam di bawah pohon, bertanya-tanya trik apa yang dia harus gunakan. Sebelum dia bisa mengambil keputusan, anjing tiba. Mereka menyergap rubah dan mencabik-cabiknya.

Pesan Moral: Sebuah rencana tunggal yang bekerja lebih baik dari seratus rencana diragukan.

Simak juga: Pengertian Majas dan Contoh Majas

Demikianlah pengertian narrative text, contoh narrative text dan terjemahannya, semoga artikel singkat ini berguna bagi Anda.


0 comments

Post a Comment