Tips Jadi Pembawa Acara Agar Tidak Gerogi

Apapun yang Anda lakukan jika diselimuti rasa gerogi atau tidak pede maka dapat dipastikan segalanya akan menjadi berantakan, tidak terkecuali ketika menjadi seorang MC atau pembawa acara. Sebenarnya jika Anda ditunjuk untuk menjadi MC, hal tersebut mengindikasikan bahwa Anda memang orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut. Mestinya rasa gerogi dalam diri Anda sudah tidak lagi timbul karena Anda dianggap orang yang bisa menguasai panggung.

Lalu bagaimana jika nyatanya Anda masih menyimpan rasa canggung atau bahkan takut? Tenang, artikel ini akan menjelaskan sejumlah kiat untuk menjadi pembawa acara yang baik dan berkesan bagi para audiences. Jangan buat kesempatan menjadi CM Anda hilang hanya gara-gara rasa kurang percaya diri, silakan simak beberapa tips untuk menjadi MC yang bagus seperti dijabarkan dibawah ini.

1. Latihan Bicara

Hal pertama yang perlu Anda lakukan tidak lain adalah melatih diri Anda untuk bisa berbicara secara lancar. Ini sangat penting sekali, karena tidak ada alasan bagi seorang MC mengalami healthing speech saat berada di panggung. Jika hal ini sampai terjadi, maka orang tidak akan menunjuk Anda dikemudian hari. Bicaralah sendiri seolah-olah Anda sedang membawakan suatu acara. Dengan demikian Anda akan terlatih untuk bisa bicara dengan lancar.

2. Kenali Acaranya

Anda tidaka kan bisa sukses menjadi CM jika Anda tidak mengenali acarnya. Kunci sukses menjadi MC yang benar adalah percaya diri dan mengetahui pernak-perniknya, sehingga dengan begitu Anda akan tahu apa yang harus dibicarakan. Pelajari nama, topik, susunan acara, tujuan, pengisi acara, hingga para daftar hadir (undangan).

3. Komunikasi Dengan Panitia Pelaksana

Anda perlu berkomunikasi dengan panitia acara, karena dari mereka Anda akan mendapa banyak informasi yang dapat Anda jadikan sebagai bahan untuk manggung sebagai MC. Panitia akan memberitahu Anda jadwal dan susunan acara. Dengan persiapan yang baik, maka Anda akan menjadi lebih fokus dan mampu berinteraksi dengan baik terhadap para pengunjung.

4. Selalu Menabur Senyum

Nanti malah di kira orang gila?! Maksudnya bukan begitu, tapi tunjukkanlah keramahan kepada para pengunjung dengan banyak memberikan senyum. Ini akan membuat para audiences menjadi lebih tertarik untuk memperhatikan Anda. Namun, jika acaranya berupa acara duka-cita, tentunya Anda tidak patut untuk banyak menabur senyum.

5. Jangan Berhenti Jika Ada Kesalahan

Kesalahan apapun yang mungkin terjadi selama Anda jadi MC, pastikan Anda terus berbicara sehingga kesalahan tersebut menjadi tidak terlalu kelihatan. Tidak menutup kemungkinan seorang MC akan berkata salah lantaran merasa gugup. Dan jika Anda mengalaminya, terus berbicara dan berbicara.

6. Ajukan Pertanyaan ke Audience

Ajukan beberapa pertanyaan secara berkala yang berkaitan dengan acaranya. Ini akan membuat suasana menjadi lebih hidup. Akan ada kenyambungan antara audience dengan seorang MC. Misalkan Anda menjadi pembaca acara pada acara konser musik rock, Anda bisa mengajukan pertanyaan seperti "apa masih semangat untuk nge-rock??".

7. Ringkasan - Tips Menjadi MC


  • Percaya diri dan tenang
  • Dapatkan informasi secukupnya
  • Persiapkan diri, saat di panggung jangan terkesan seperti membaca naskah.
  • Santai, jangan terlalu tegang atau serius.
  • Jalin hubungan dengan hadirin.
  • Simpulkan apa yang baru saja terjadi.
  • Perkenalkan dengan baik orang yang akan tampil di acara tersebut.
  • Buatlah suasana menjadi riang

Sudah siap untuk menjadi MC? 

loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Tips Jadi Pembawa Acara Agar Tidak Gerogi
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Tips Jadi Pembawa Acara Agar Tidak Gerogi ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Tips Jadi Pembawa Acara Agar Tidak Gerogi"

Posting Komentar

close