Contoh Pidato Tentang Karakter

Berikut ini merupakan contoh naskah pidato tentang karakter, tepatnya kiat-kiat penting untuk membangun karakter yang baik. Pidato semacam ini bisa disampaikan di sekolahan, majlis keagamaan, atau pada agenda bernuansa sosial.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera saya haturkan...

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa puja-puji syukur kehadirat Tuhan yang maha pemurah dimana dengan nikmat-Nya pada kesempatan ini kita masih diberikan kesehatan yang sungguh bernilai.

Hadirin yang saya hormati...

Pada momentum yang baik ini izinkan saya menyampaikan sedikit pesan sosial penting yang saya rasa sangat berguna bagi kita semua dalam rangka membangun mental yang positif. Pendidikan karakter diusia anak-anak sangatlah penting guna dapat mengharungi kehidupan di masa remaja yang lebih baik.

Baca juga: Contoh Pidato Tentang Pendidikan

Para hadirin yang saya cintai...

Pada prinsipnya setiap manusia memiliki perwatakan yang berbeda-beda, namun dibalik perbedaan tersebut sejatinya setiap manusia itu memiliki sisi persamaan. Pemikiran dan sifat-sifat buruk dalam diri seseorang pada dasarnya tidak lepas dari karakter yang bersangkutan, sehingga amat penting untuk membangun karakter di usia muda agar nantinya dapat menjadi sosok yang memiliki karakter yang baik.

Hadirin yang saya muliakan...

Mungkin ada pertanyaan “bagaimanakah cara membangun karakter sejak dini sehingga bisa tumbuh mejadi orang yang memiliki karakter terpuji?”

Ketika masih berada di usia anak-anak atau remaja hendaknya kita memberikan masukan-masukan yang positif terhadap mereka sehingga dengan sendirinya mereka akan diarahkan ke hal-hal yang sifatnya positif dan dari sana nantinya akan terbentuk karekter yang baik dalam diri mereka. Meskipun watak itu sulit untuk dirubah, namun dengan mendekatkan seorang anak pada hal-hal yang positif hal ini dapat membentuk mental serta karakter seorang anak menjadi positif pula.

Bayangkan jika ada seorang anak yang dari kecil selalu dihadapkan dengan hal-hal negatif, pikiran dan jiwanya akan semakin dibelenggu oleh keburukan sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi pola pikirannya ketika sudah menginjak usia remaja atau dewasa. Amat penting untuk senantiasa menyodorkan hal-hal positif kepada seorang anak karena kebiasaan yang baik akan memberikan imbas yang baik, dan begitu pula sebaliknya.

Bapak/ibu dan para hadirin yang saya cintai...

Segala sesuatu dibangun dari dasar, oleh karena itu marilah selalu kita perlihatkan hal-hal positif terhadap anak agar mereka bisa tumbuh dengan jiawa dan pikiran yang sehat serta memiliki karakter yang baik. Mereka membutuhkan kita, mereka masih buta, mereka masih labil, dan kita memiliki tanggung jawab untuk mengarahkan mereka ke kebaikan dengan cara membangun karakter mereka sejak dini.

Para hadirin yang saya hormati...

Demikianlah sedikit pesan dari saya, semoga ini bisa menjadi bahan renungan bagi kita semua. Semoga bermanfaat, dan apabila ada salah tutur kata saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Akhir kata... Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Itulah contoh pidato singkat tentang karakter. Bagi Anda yang membutuhkan pidato ini, untuk kurang-lebihnya bisa Anda tambahkan sendiri sehingga pesan sosialnya menjadi lebih mengena.


Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Contoh Pidato Tentang Karakter
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Contoh Pidato Tentang Karakter ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Contoh Pidato Tentang Karakter"

Posting Komentar