Pengertian MICE dan Kilas Tentang Fakultas MICE

Bagi sebagian orang, istilah "MICE" sepertinya masih cukup asing. Ya, MICE memang belum dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Namun demikian, saat ini sudah ada perguruan tinggi di Indonesia yang menawarkan program studi fakultas MICE. Perguruan tinggi tersebut adalah Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).

Pengertian MICE


MICE adalah singkatan dari "Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition". Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah: Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran). Dalam industri pariwisata atau pameran, MICE adalah suatu jenis kegiatan pariwisata yang mana suatu kelompok besar, biasanya direncanakan dengan matang, berangkat bersama untuk tujuan tertentu. Akhir-akhir ini telah muncul suatu kecenderungan pada sebagian pelaku pasar pariwisata untuk mengganti istilah ini menjadi "The Meetings Industry".

Sejauh ini dunia MICE adalah dunia yang belum terjamah dengan baik di Indonesia. Padahal MICE merupakan salah satu andalan pariwisata di sejumlah negara maju. Dunia MICE merupakan salah satu dunia bisnis yang sangat menjanjikan. Sayangnya masih sedikit sekali pihak Indonesia yang mau bermain di dunia MICE. Salah satu penyebabnya mungkin adalah dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang MICE di Indonesia. Namun saat ini sudah mulai ada lembaga pendidikan dalam negeri yang memberikan pendidikan tentang MICE.

Meeting


Meeting adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang berarti rapat, pertemuan atau persidangan.
Meeting adalah suatu pertemuan atau persidangan yang diselenggarakan oleh kelompok orang yang tergabung dalam asosiasi, perkumpulan atau perserikatan dengan tujuan mengembangkan profesionalisme, peningkatan sumber daya manusia, menggalang kerjasama anggota dan pengurus, menyebarluaskan informasi terbaru, publikasi, hubungan kemasyarakatan.

Incentive


Incentive adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh sebuah perusahaan atau organsasi, guna memberikan apresiasi terhadap para karyawan dan rekan kerja yang biasa diadakan diluar kantor atau berupa sebuah perjalanan.

Sesuai bunyi Undang-undang No.9 tahun 1990, dijelaskan bahwa perjalanan incentive merupakan suatu kegiatan perjalanan yang diselenggarakan oleh suatu perusahaan untuk para karyawan dan mitra usaha sebagai imbalan penghargaan atas prestasi mereka dalam kaitan penyelenggaraan konvensi yang membahas perkembangan kegiatan perusahaan yang bersangkutan.

Conference


Conference atau dalam bahasa Indonesia "Konferensi" merupakan kegiatan rapat atau pertemuan untuk berunding atau bertukar pendapat mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.

Istilah conference ini diterjemahkan dengan konferensi dalam bahasa Indonesia yang memiliki makna yang sama. Dalam prakteknya, arti meeting sama saja dengan conference, maka secara teknis akronim MICE sesungguhnya adalah istilah yang memudahkan orang mengingat bahwa kegiatan-kegiatan yang dimaksud sebagai perencanaan, pelaksanaan dan penyelenggaraan sebuah meeting, incentive, conference dan exhibition pada dasarnya merupakan sarana yang sekaligus adalah produk paket-paket wisata yang siap dipasarkan. Adapun kegiatan-kegiatan ini dalam industri pariwisata dikelompokkan menjadi satu kategori, yaitu MICE.

Exhibition


Exhibition atau Pameran, merupakan suatu kegiatan yang diadakan untuk menyebarluaskan informasi dan promosi yang berhubungan dengan penyelenggaraan konvensi atau yang ada kaitannya dengan pariwisata.

Beberapa contoh kegiatan dari Exhibition itu sendiri antara lain:

  • Seminar
  • Kompetisi
  • Expo
  • Workshop
  • Cooking Class 

Cooking Clas atau Kelas masak merupakan salah satu jenis exhibition yang dihadiri oleh peserta yakni sekelompok orang dari kalangan dan latar belakang yang berbeda-beda secara bersama-sama berkumpul di suatu ruangan serbaguna atau tempat yang sudah di tentukan oleh penyelenggara, untuk memberikan pelatihan dan pembelajaran kepada para peserta tentang bagaimana cara memasak dan mengolah suatu produk makanan dengan baik.

Program Studi MICE


Program Studi MICE sebagai program studi yang baru, dan satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang saat ini menyiapkan program studi MICE adalah Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).

Kualifikasi Lulusan yang Akan Dihasilkan


  • Mampu merencanakan dan menyusun proposal event dan bid
  • Mampu menyusun acara untuk suatu event
  • Mampu merancang, menetapkan dan mengevaluasi rencana kegiatan sponsorship
  • Mampu menyusun, menerapkan dan memonitor sistem dan prosedur event manajement
  • Mampu mengkoordinir kegiatan registrasi bagi delegasi dilokasi event
  • Mampu menyediakan/melaksanakan pelayanan yang Profesional pada saat event berlangsung
  • Mampu memproses dan memonitor pelaksanaan registrasi pada saat event
  • Mampu menyelenggakan kegiatan ramah tamah dan jamuan makan (function)
  • Mampu merencanakan dan mengkoordinir kegiatan budaya

Demikian, semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan Anda tentang apa itu MICE.


Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Pengertian MICE dan Kilas Tentang Fakultas MICE
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Pengertian MICE dan Kilas Tentang Fakultas MICE ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Pengertian MICE dan Kilas Tentang Fakultas MICE"

Posting Komentar