Mengetahui Unsur-unsur Drama

Helo sobat drama lovers.. semoga dalam keadaan sehat wal'afiat. Seperti diketahui, blog ini berisikan artikel contoh naskah drama dengan keberagaman tema didalamnya. Selama ini sepertinya saya hanya terfokus untuk menulis contoh naskah drama, dan ternyata saya belum pernah share apa sajakah unsur-unsur sebuah drama.

Mengetahui unsur-unsur drama pastinya sangat penting guna dapat menghasilkan sebuah naskah drama yang bagus dan deskriptif. Nah, pada kesempatan kal ini saya akan share beberapa unsur drama yang wajib Anda ketahui sebelum Anda membuat sebuah naskah drama. Semoga dengan bahasan saya kali ini akan menambah ilmu kita semua terkait penulisan skenario drama yang lengkap dan memenuhi standar.

Sebelum berlanjut ke poin unsur-unsur drama, pastikan Anda sudah memahami, apa itu drama. Berikut ini pengertian drama secara umum.

Pengertian Drama


Drama adalah sebuah bentuk karya sastra yang berisikan suatu pertunjukan seni yang dalam hal ini ditulis dalam bentuk dialog dengan skenario yang sudah diatur. Pementasan sebuah drama dikenal dengan istilah teater. Drama dan jenis karya sastra lainnya, seperti prosa atau puisi memiliki ciri perbedaan pada penulisannya dimana drama berupa dialog antar karakternya.

Unsur-unsur Drama


Sobat drama lovers, secara umum, sebuah naskah drama mencakup unsur-unsur seperti alur, karakter, latar, bahasa, dan perlengkapan. Pada dasarnya, drama adalah sebuah cerita terskenario yang dipentaskan atau yang ditampilkan dengan karakter yang sama pada cerita tersebut. Unsur-unsur drama ini dipakai untuk membantu kita dalam memahami secara jelas tentang hal-hal apa sajakah yang ada pada cerita itu.

Setiap karya sastra yang mencerimkan drama mengandung unsur-unsur intrinsik (unsur pembangun), dan unsur-unsur intrinsik dalam drama meliputi:


  1. Tema
  2. Amanat
  3. Latar
  4. Alur (plot)
  5. Karakter dan Penokohan
  6. Dialog
  7. Petunjuk Laku


Demikian, semoga pelajaran tentang drama pada postingan ini bermanfaat bagi kita semua. Jika ada poin-poin lain yang ingin sobat tanyakan kepada saya, silakan gunakan form komentar dibawah untuk menyampaikan pertanyaan Anda, semoga saya bisa menjawabnya.
loading...
Artikeloka » Referensi artikel edukatif

Judul Artikel: Mengetahui Unsur-unsur Drama
Ditulis Oleh: Luki Hardian

Apabila Anda ingin republikasi artikel, dimohon dengan sangat kebersediaannya untuk menyertakan link yang mengarah ke laman artikel Mengetahui Unsur-unsur Drama ini.

Jika artikel yang Anda baca bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di sosial media dengan menggunakan tombol share dibawah.

0 Response to "Mengetahui Unsur-unsur Drama"

Posting Komentar

close