Contoh Kegiatan Bermusyawarah

Kegiatan bermusyawarah cukup beragam. Entah dengan Anda sadari atau tidak, sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari Anda banyak dihadapkan dengan kegiatan musyawarah. Nah, untuk lebih lengkapnya mengenai beberapa kegiatan bermusyawarah, silahkan lanjut membaca artikel ini.

Pengertian Musyawarah

Contoh Kegiatan Bermusyawarah

Musyawarah adalah suatu upaya bersama-sama dengan perilaku rendah hati untuk menyelesaikan masalah (mencari jalan keluar) demi mengambil keputusan bersama dalam penyelesaian atau jalan keluar permasalahan yang menyangkut urusan keduniawian.

Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), musyawarah artinya adalah pembahasan bersama dengan maksud mencapai keputusan atas penyelesaian masalah.

Dari berbagai pengertian itu dapat disimpulkan bahwa pengertian musyawarah adalah suatu sistem pengambilan keputusan yang melibatkan banyak orang dengan mengakomodasi semua kepentingan.

Kata musyawarah sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Arab, yakni Syawara yang artinya berunding, urun rembuk atau mengajukan sesuatu.

Istilah-istilah lain dalam aturan Negara Indonesia dan kehidupan modern tentang musyawarah dikenal dengan sebutan syuro, rembug desa, kerapatan nagari bahkan demokrasi.

Setelah mengetahui definisi musyawarah secara dasar, Anda perlu juga mengetahui macam-macam musyawarah, contoh dalam kehidupan sehari-hari, dan manfaatnya.

Tiga Macam Musyawarah

Nah, dibawah ini dijelaskan secara ringkas tentang macam-macam musyawarah, contohnya, dan manfaatnya yang perlu diketahui.

1. Musyawarah Keluarga


Musyawarah keluarga merupakan jenis musyawarah yang dilakukan dalam lingkup keluarga, baik keluarga inti maupun keluarga besar. Musyawarah jenis ini biasanya dilakukan dalam rangka memutuskan segala permasalahan keluarga, misalnya mengenai nama anak, pernikahan, dan lain sebagainya.

2. Musyawarah Desa


Jenis musyawarah yang selanjutnya yaitu musyawarah desa. Musyawarah ini biasa dikenal dengan istilah rembuk desa. Umumnya, musyawarah ini dihadiri oleh para kepala keluarga di dalam desa tersebut. Permasalahan yang dibahas ialah masalah pertanian ataupun masalah desa yang lainnya.

3. Musyawarah Daerah


Musyawarah daerah merupakan satu di antara jenis musyawarah yang cukup besar. Biasanya anggota dari musyawarah satu ini adalah para perwakilan dari daerah yang lebih kecil.

Materi yang dibahas dalam musyawarah ini sangat bervariasi, bergantung pada siapa yang menjadi penyelenggara dari musyawarah tersebut. Musyawarah ini juga dapat menjadi satu di antara sarana penjalin silaturahmi antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya.

Jenis-jenis Musyawarah


Diatas sudah disebutkan mengenai tiga macam musyawarah, adapun untuk lebih jelasnya mengenai macam-macamnya, berikut ini adalah beberapa jenis-jenis musyawarah.

Musyawarah Nasional


Jenis musyawarah yang selanjutnya yaitu musyawarah nasional. Musyawarah ini biasanya melibatkan para pemimpin dari daerah atau para perwakilan dari daerah. Musyawarah nasional cenderung memiliki skala yang besar dan umumnya diadakan satu tahun sekali dengan materi musyawarah yang bervariasi.

Musyawarah Anggota


Musyawarah anggota ialah musyawarah yang dilakukan dengan peserta yang merupakan anggota dari suatu organisasi tertentu. Dalam rapat ini, setiap anggota memiliki hak yang sama untuk menyatakan pendapatnya yang berkenaan dengan musyawarah tersebut.

Musyawarah Pimpinan


Jenis musyawarah yang terakhir ialah musyawarah pimpinan. Musyawarah pimpinan merupakan jenis musyawarah di mana yang menjadi peserta musyawarah ialah para pemimpin di dalam suatu organisasi.

Biasanya yang dibahas oleh para pemimpin dalam musyawarah ini adalah hal-hal yang bersifat strategis demi kelangsungan organisasi yang mereka pimpin.

Contoh Kegiatan Bermusyawarah

Dan bagi Anda yang ingin tahu apa saja contoh kegiatan bermusyawarah, dibawah ini adalah beberapa contoh darinya.

1. Dalam Keluarga


Musyawarah pembagian tugas bersih-bersih rumah, musyawarah menentukan tempat rekreasi, dan lain-lain.

2. Dalam Lingkungan Sekolah


Musyawarah pemilihan ketua dan wakil OSIS, musyawarah mengadakan lomba, pemilihan ketua kelas, dan lain-lain.

3. Dalam Lingkungan Masyarakat


Pembentukan panitia ulang tahun desa, musyawarah pembagian siskamling, musyawarah perbaikan jalan desa, dan lain-lain.

4. Dalam Lingkungan Negara


Rapat anggota DPR, musyawarah merumuskan undang-undang, dan lain-lain.

Apa saja Manfaat Musyawarah?

Inilah jawabannya:

  • Dapat melatih untuk mengemukakan pendapat.
  • Membuat masalah dapat segera terpecahkan.
  • Keputusan yang dihasilkan mempunyai nilai keadilan.
  • Hasil keputusan yang diambil menguntungkan semua pihak.
  • Dapat menyatukan pendapat yang berbeda.
  • Adanya kebersamaan.
  • Dapat mengambil kesimpulan yang benar.
  • Mencari kebenaran dan menjaga diri dari kekeliruan.
  • Menghindari celaan.
  • Terciptanya stabilitas emosi.

Demikian artikel tentang beberapa contoh kegiatan bermusyawarah serta sejumlah manfaatnya, semoga bermanfaat bagi Anda.



0 comments

Post a Comment