Skip to main content

Cara Mengatasi Postingan Blog Tidak Menampilkan Deskripsi di Google

Bagi Anda yang memiliki blog di Blogger, Anda mungkin pernah dihadapkan dengan sebuah pengalaman dimana secara tiba-tiba pengunjung blog turun drastis yang disebabkan postingan blog tidak menampilkan deskripsi apapun di hasil penelusuran Google.

Hal ini terjadi karena perintah yang salah pada file robots.txt. Seperti diketahui, setelan pada file robots.txt dapat menyababkan artikel blog deindex atau tidak muncul deskripsi apapun; "Tidak ada informasi mengenai halaman ini." atau "No information is available for this page.".

Pesan diatas menunjukkan bahwa ada yang salah dengan teks perintah di dalam file robots.txt di Blogger. Ini merupakan masalah serius, dalam hitungan hari traffic blog Anda akan menurun secara drastis lantaran masalah setting robots.txt ini berkaitan dengan SEO blog Anda.


Atau seperti screenshot dibawah ini jika Anda menggunakan Google Search dalam bahasa Indonesia.


Lalu bagaimana cara mengatasi deskripsi blog hilang di Google?

Untuk diketahui, jika tidak dicekal robots.txt Google akan menampilkan cuplikan deskripsi posting blog di hasil penelusuran. Cuplikan deskripsi tersebut bisa diambil dari baris paragraf awal artikel atau pada bagian tengah atau akhir artikel. Biasanya deskripsi akan muncul sesuai dengan query penelusuran user.

Cara Memperbaiki Postingan Blog yang Tidak Menampilkan Deskripsi


Untuk memastikan bahwa blog Anda terdapat kesalahan setelan file robots.txt, silahkan coba ketikkan: site:https://www.contohnaskahdrama.com/2019/12/cara-pinjam-pulsa-operator-tri.html di kotak pencarian Google.

Ganti URL yang berwarna biru dengan URL posting blog Anda.

Jika kemudian hasilnya adalah Tidak ada informasi mengenai halaman ini atau No information is available for this page, maka dapat dipastikan ada masalah pada teks instruksi di file robots.txt.

Berikut langkah-langkah memperbaikinya:

  1. Silahkan masuk ke dashboard Blogger.
  2. Klik menu Settings di dashboard Blogger yang ada dibagian kiri halaman.
    Cara Mengatasi Postingan Blog Tidak Menampilkan Deskripsi
  3. Kemudian klik menu Search Preferences.
    Search Preferences
  4. Klik pada bidang Custom robots.txt, lalu buat menjadi Disable/nonaktif. Dengan begitu, maka fungsi file robots.txt akan kembali menjadi default (setelan bawaan Blogger).
  5. Kemudian silahkan masuk ke: https://search.google.com/search-console?
  6. Di halaman Google Search Console, silahkan klik menu URL Inspection.
    URL Inspection
  7. Lalu masukkan URL postingan blog Anda pada kotak inspeksi URL. Jika sudah, silahkan tekan tombol keyboard Enter.
    inspeksi URL
  8. Kemudian akan muncul dialog proses retrieving seperti gambar berikut ini.
    retrieving url
  9. Tunggu selama beberapa saat sampai muncul jendela informasi seperti berikut ini. Nah, untuk mengatasi masalah URL blog tidak menampilkan deskripsi silahkan klik tombol Request Indexing.
    Request Indexing
  10. Setelah Anda membuat permintaan index halaman, tunggu selama 1-2 menit.
    permintaan index halaman
  11. Terakhir, cek ULR postingan blog Anda di Google. Mestinya sekarang sudah di index dengan baik dan telah menampilkan deskripsi. Dan jika masih belum terjadi perubahan, tunggu sampai beberapa menit kedepan karena ada kalanya perubahan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Demikian cara mengatasi artikel blog yang tidak ada deskripsi di pencarian Google. Jika Anda dihadapkan dengan masalah ini, segera lakukan perbaikan karena hal ini akan merusak SEO blog Anda. Imbasnya, traffic blog menurun secara drastis.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close