Skip to main content

Pengertian Banjir: Penyebab, Macam-macam dan Dampak Banjir

Banjir adalah salah satu bentuk bencana alam yang sering kita lihat saat musim hujan tiba. Di Indonesia, banjir bahkan identik dengan salah satu kota terbesar di Indonesia, yaitu Jakarta. Ya, setiap musim hujan datang, Jakarta memang tidak pernah lepas dari bencana banjir.

Sebagai salah satu jenis bencana alam yang sangat serius, penyebab banjir cukup beragam. Nah dibawah ini saya ulas mengenai pengertian banjir menurut para ahli, penyebab, macam-macam banjir, dan beberapa dampak yang diakibatkan banjir.

Pengertian Banjir Menurut Para Ahli


Para ahli sepakat mengenai definisi banjir, para ahli berpendapat bahwa bajir merupakan daratan yang terendam oleh air yang melimpah dan berlebih yang kemudian akan kembali surut, sehingga air yang melimpah tersebut hanya bersifat sementara waktu. Namun, dibutuhkan penanganan yang sigap agar luapan air yang lebih tersebut tidak terus-terusan bertahan.

Banjir merupakan peristiwa alam yang disebabkan oleh buruknya serapan tanah suatu wilayah dan perwilayahan karena daerah tersebut gersang atau jumlah curah hujan yang berlebih sehingga wilayah tersebut tidak memiliki daya serap yang cukup. Peristiwa banjir tidak hanya terjadi di daerah yang rendah namun juga di daerah yang tinggi jika daya serap tidak mendukung.

Macam-Macam Banjir


Terdapat macam-macam banjir yang disebabkan oleh berbagai macam faktor, diantaranya sebagai berikut:

1. Banjir Air


Banjir air merupakan salah satu jenis banjir yang paling umum dan paling sering terjadi. Penyebab banjir air antara lain yaitu meluapnya air di danau, selokan, sungai, atau aliran air lainnya sehingga mengakibatkan air tersebut naik serta menggenangi bagian daratan. Pada umumnya penyebab banjir air adalah dikarenakan curah hujan tinggi yang terjadi secara terus-menerus sehingga aliran air tidak dapat menampung air yang berlebih.

2. Banjir Bandang


Banjir bandang merupakan banjir yang mengangkut air dan lumpur. Banjir bandang sendiri termasuk salah satu jenis banjir yang sangat berbahaya dibandingkan dengan banjir air biasa, hal ini karena sulit untuk menyelamatkan diri. Banjir bandang memiliki daya rusak yang tinggi dan dapat menghanyutkan benda-benda berukuran besar. Banjir bandang biasanya terjadi di daerah pegunungan yang tanah pegunungan tersebut seolah longsor disebabkan air hujan yang ikut terbawa ke daratan yang lebih rendah. Banjir bandang mampu menghanyutkan pepohonan berukuran besar dan dapat menyebabkan kerusakan pemukiran warga dengan secara serius.

3. Banjir Lumpur


Banjir lumpur adalah jenis banjir yang mirip dengan banjir bandang namun lumpur tersebut keluar dari dalam bumi sehingga menggenangi bagian daratan. Lumpur tersebut biasanya mengandung bahan dan gas kimia berbahaya. Fenomena ini sangat mengkhawatirkan jika benar-benar terjadi, contoh kasus banjir lumpur di Indonesia adalah lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur.

4. Banjir Lahar


Banjir lahar adalah banjir yang disebabkan oleh lahar gunung berapi yang masih aktif saat meletus atau erupsi. Dari proses erupsi tersebut, gunung mengeluarkan lahar dingin yang menyebar ke lingkungan sekitarnya. Air dalam sungai atau danau dapat mengalami pendangkalan sehingga menyebabkan terjadinya banjir.

5. Banjir Cileunang


Banjir cileunang adalah banjir yang mirip dengan banjir air namun perbedaannya adalah banjir tersebut disebabkan oleh curah hujan yang tinggi yang mempunyai debit air yang banyak. Banjir cileunang terjadi dengan sangat cepat, karena hujan yang terjadi sangat deras sehingga banjir dapat terjadi dalam waktu singkat.

6. Banjir Laut Pasang (Rob)


Banjir laut pasang adalah banjir yang disebabkan oleh pasang air laut. Contohnya yang terjadi di Jakarta. Pasang air laut akan menahan air sungai yang menumpuk, hingga menjebol tanggul dan akhirnya menggenangi daratan.

Penyebab Terjadinya Banjir


Saat banjir melanda suatu wilayah, banyak orang yang kehilangan harta bendanya. Bahkan banjir dapat menimbulkan korban jiwa. Dengan demikian, tentu menjadi sangat penting untuk mengetahui apa saja penyebab banjir agar dapat mengambil langkah yang tepat untuk mencegah terjadinya banjir.

Penyebab terjadinya banjir cukup beragam, dan berikut ini beberapa diantaranya yang merupakan penyebab umum dari banjir:

1. Penebangan Hutan


Dengan adanya penebangan hutan secara bebas, maka jumlah pohon menjadi berkurang. Akar pohon yang berfungsi sebagai penyerap air juga hilang sehingga akan lebih mudah terjadinya banjir karena tidak ada perlindungan pohon untuk menahan serapan air.

2. Sampah di Sungai


Sampah yang dibuang secara sembarangan di sungai membuat alirannya mampet dan akibatnya air sungai akan meluap yang berakibat pada terjadinya bencana banjir yang dapat merugikan masyarakat karena memberikan dampak negatif bagi kehidupan masyarakat.

3. Pemukiman di Bantaran Sungai


Pemukiman di bantaran sungai membuat kali rentan terjadi pendangkalan. Pendangkalan sungai atau kali terjadi karena kebiasaan membuang sampah para warga yang langsung ke sungai dan keadaan tanah yang ada di kiri-kanan bangunan bisa saja ambles lalu menutup sisi-sisi sungai. Sehingga sungai menjadi sempit dan rawan terhadap bencana banjir.

4. Daerah dengan Dataran Rendah


Wilayah yang datarannya rendah sangat potensial terkana bencana banjir, karena luapan air akan mengalir dari tempat yang datarannya tinggi ke tempat yang datarannya rendah sehingga banjir sering terjadi.

5. Curah Hujan Tinggi


Daerah dengan iklim yang memiliki curah hujan tinggi saat musim hujan dan terjadi secara berlarut-larut dalam waktu yang lama sangat berpotensi dilanda banjir terutama daerah yang datarannya rendah.

6. Kemampuan Tanah Menyerap Air yang Kurang


Kemampuan tanah dalam menyerap air yang berkurang dikarenakan tidak ditemukan lahan hijau atau lahan kosong. Sehingga air langsung masuk ke salurannya, sungai, danau, selokan. Air dalam jumlah yang banyak tidak bisa tertampung lagi oleh saluran-saluran tersebut sehingga menggenang dan mengakibatkan banjir.

7. Sistem Kelola Tata Ruang yang Salah


Penyebab banjir akibat dari sistem kelola tata ruang yang salah menyebabkan air sulit menyerap dan alirannya lambat. Sementara air yang datang ke wilayah tersebut memiliki jumlah yang lebih banyak dari yang biasanya dialirkan sehingga dapat terjadi banjir.

8. Terjadinya Tsunami


Terjadinya tsunami dapat memberikan kehancuran yang sebegitu besar, termasuk terjadinya banjir. Tsunami biasanya terjadi akibat dari pergeseran lapisan atmosfer lempeng-lempeng bumi. Tingginya gelombang tsunami ini dapat menyapu daerah-daerah di sekitarnya hingga menimbulkan banyak korban jiwa.

Dampak Banjir


Sebagai salah satu jenis bencana alam yang sangat serius, banjir memberikan banyak dampak buruk, yang antara lain sebagai berikut:

  1. Kerusakan sarana dan prasarana: Bencana banjir dapat menimbulkan kerusakan sarana dan prasarana, karena banjir yang menerjang bisa merusak rumah penduduk, gedung, kendaraan dan juga merusak fasilitas publik.
  2. Melumpuhkan jalur transportasi: Banjir yang meluap hingga di jalanan dapat menimbulkan masalah serius, salah satunya adalah lumpuhnya jalur transportasi. Akibatnya warga, baik pejalan kaki ataupun pengguna kendaraan tidak bisa melewati dan tentu hal ini akan menimbulkan kerugian
  3. Pencemaran Lingkungan: Luapan air karena banjir akan membuat lingkungan menjadi kotor dan tidak sedikit sampah yang berserakan, hal ini akan mencemari lingkungan dan juga menimbulkan berbagai macam penyakit.
  4. Pemicu Tanah Longsor: Semakin deras hujan turun maka semakin tinggi air banjir yang menyebabkan tanah dan jalanan terkikis dan kemudian memicu terjadinya longsor.
  5. Kehilangan harta benda: Masyarakat dapat menderita kerugian yang sangat besar akibat datangnya banjir.

Penutup


Pengertian Banjir

Itulah beberapa hal yang penting untuk diketahui mengenai bencana banjir. Sekarang Anda sudah memahami dengan lebih luas mengenai pengertian banjir, penyebab dan macam-macam banjir.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close