5 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Ketenaran dari teh hijau saat ini sedang naik daun. Beragam produk olahan makanan dan juga minuman banyak yang bermunculan dengan varian rasa teh hijau atau yang sering dikenal dengan sebutan match. Namun dibalik itu teh hijau sendiri memiliki segudang rahasia sehat untuk anda konsumsi.

Teh sendiri merupakan salah satu jenis minuman yang telah banyak disukai oleh semua orang dari beragam kalangan, mulai dari itu anak – anak, dewasa bahkan usia tua semua menyukai minuman dari daun teh ini. Teh termasuk dalam jenis tumbuhan herbal namun telah diolah dengan menggunakan teknologi modern.

Alasan dari teh digolongkan ke dalam minuman herbal, karena teh merupakan minuman yang memang terbuat dari hasil sari daun teh. Sedangkan jenis dari teh sendiri yang dapat dikonsumsi adalah teh hitam dan teh hijau.

Namun dalam perkembangannya teh hijau memiliki banyak peminat dan banyak dikonsumsi, dimana hal ini karena memang teh hijau memiliki kadar kafein yang rendah bila dibandingkan dengan teh hitam.

Bukan hanya itu, teh hijau juga sering digunakan dan dikonsumsi sebagai minuman pengganti kopi karena memang teh hijau dianggap jauh lebih sehat bila dibandingakan jenis minuman berkafein lainnya.

Selain itu karena kandungan manfaat dan rendah kafein yang dihasilkan dari teh hijau sehingga minuman ini dapat dijadikan sebagai menu minuman sehat. Hal tersebut dapat dilakukan karena di dalam teh hijau terdapat kandungan zat yang berupa polifenol, alkaloid, flavonol, asam amino, mineral, vitamin, pektin, enzim dan masih banyak kandungan nutrisi lainnya.

Selain dapat dikonsumsi secara langsung sebagai minuman diet, teh hijau juga memiliki banyak manfaat lain yang dihasilkan dan harus anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari minuman teh hijau yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan juga kulit anda.

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit


1. Membantu Menurunkan Berat Badan


Di dalam teh hijau terdapat kandungan yang bernama EGCG yang mampu meningkatkan metabolisme di dalam tubuh anda dan juga mampu menekan nafsu makan. Zat tersebut juga mampu memicu panas yang ada dalam tubuh dan bisa membakar kalori lebih banyak. Dengan mengkonsumsi dua atau hingga empat cangkir dalam satu harinya dapat membakar 70 hingga 80 kalori. Selain itu kandungan lain yang baik untuk tubuh dan dapat anda temukan di dalam teh hijau adalah adanya antioksidan dan mampu menyehatkan tubuh terutama untuk sistem saraf dan juga mampu menurunkan keinginan anda untuk ngemil. Sehingga teh hijau dapat bermanfaat untuk membantu anda dalam menurunkan berat badan.

2. Dapat Menyegarkan Nafas


Manfaat lain yang didapatkan apabila anda mengkonsumsi teh hijau adalah dapat menyegarkan nafas anda. hal ini karena di dalam teh hijau akan menghambat dari pertumbuhan bakteri dan juga virus yang mampu menyebabkan penyakit gigi. Selain itu bakteri juga merupakan penyebab utama timbulnya bau mulut yang kurang sedap. Sehingga yang perlu anda lakukan adalah dengan mencuci mulut anda menggunakan teh hijau dengan konsentrasi yang tinggi, sehingga ketika anda melakukan hal tersebut mampu menyegarkan mulut anda secara langsung.

Selain itu teh hijau juga akan membantu anda untuk mengurangi peradangan gusi. Anda juga dapat membuat pasta gigi dari cairan menggunakan daun teh hijau dan juga dapat dicampur menggunakan satu sendok teh baking soda. Bukan hanya itu, hal ini bukan hanya saja membantu anda mengurangi peradangan gusi, tetapi juga mampu mencegah dalam pertumbuhan karang yang ada pada gigi anda.

3. Mampu Mengurangi Kolesterol


Tingginya dari kadar kolesterol yang berada di dalam tubuh dapat menimbulkan resiko kesehatan tubuh anda, terutama pada penyakit jantung dan juga stroke. Dimana di dalam teh hijau mengandung tanin yang sudah dikenal mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh anda secara alami yang ada di dalam tubuh. Adanya tanin yang berada di dalam teh hijau dapat membantu dalam mengurangi kolesterol LDL di dalam tubuh. Dimana kolesterol LDL sendiri merupakan kolesterol yang dikenal dengan kolesterol jahat, karena memang adanya kolesterol LDL dapat menyebabkan plak pada bagian arteri sehingga akan mengakibatkan penyumbatan.

Dalam suatu studi ilmiah atau penelitian yang telah menunjukkan bahwa tanin akan mengurangi dalam penyerapan kolesterol yang berada di dalam usus, sehingga yang terjadi adalah dapat membantu mengurangi masalah kolesterol anda yang tinggi. Bukan hanya itu, anda juga tetap harus menghindari makanan – makanan yang memang berkolesterol tinggi selain anda juga harus minum teh hijau secara rutin dan teratur.

4. Membuat Kulit Semakin Sehat


Dalam sejumlah penelitian yang sudah dilakukan dan mengambil kesimpulan positif dan berhubungan  dengan adanya manfaat dari teh hijau untuk kesehatan kulit. Adanya antioksidan dalam teh hijau sangat bermanfaat dan diperlukan bagi kesehatan kulit anda. dimana teh hijau memiliki senyawa yang dapat membantu kulit anda menjadi bercahaya, dan manfaat ini dapat anda peroleh dari meminumnya dan penggunaan topikal. Di dalam formulasi kosmetik yang di dalamnya terkandung teh hijau memang telah dikenal mampu memperlambat munculnya dari tanda – tanda penuaan pada wajah.

Cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan mencampur 100 gram teh hijau dengan setengah liter air kemudian diamkan kurang lebih 30 hingga 40 menit pada suhu kamar. Setelah itu coba anda saring cairan tersebut dan simpan ke dalam lemari es. Anda dapat menggunakan campuran tersebut untuk menyegarkan wajah anda setelah melewati hari yang sangat panjang, mengobati ruam yang ringan, dan juga mampu mengurangi atau mengobati luka bekas panas matahari. Selain itu manfaat dari teh hijau juga mampu menbantu anda untuk membersihkan jerawat dan mencegahnya datang kembali.

Selain itu, daun teh hijau juga dapat anda gunakan sebagai exfoliator yaitu dengan cara mencampurkan 3 sendok teh yogurt dan 1 sendok air teh hijau kemudian perlahan – lahan anda gunakan untuk memijat wajah. Diamkan terlebih dahulu selama 5 menit agar kandungan yang ada id dalam teh hijau mampu bereaksi dengan optimal. Setelah selesai cuci wajah anda dengan menggunakan air yang hangat. Salah satu antioksidan yang banyak ditemukan di teh hijau adalah Proanthocyanidins oligomer yang dapat membantu anda dalam memperlambat proses penuaann dini.

5. Dapat Menyehatkan Rambut


Teh hijau juga diketahui mampu menghambat dari pertumbuhan DHT (Dihydrotestosterone) yang memang dikenal dalam menghambat pertumbuhan rambut dan menyebabkan rambut rontok. Adanya senyawa yang ada di dalam teh hijau akan bereaksi terhadap testosteron, sehingga yang terjadi adalah jumlah dalam darah akan tetap seimbang dan tidak bereaksi dengan 5 – alpha reductase dan berubah ke DHT. Selain itu juga mampu membantu anda dalam mencegah dan mengatasi mengenai masalah rambut yang umum terjadi misalnya adalah masalah ketombe dan juga psoriasis dengan cara mengurangi peradangan karena sifatnya yang antiseptik.

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Teh hijau juga memang telah dikenal mampu merangsang pertumbuhan rambut dan juga menghaluskan rambut anda. dimana hal ini karena di dalam teh hijau terkandung polifenol, vitamin C dan vitamin E yang memang sudah dikenal untuk meningkatkan kilau pada rambut.

Anda juga dapat membuat berupa bilasan rambut dengan menggunakan 3 hingga 4 kantong teh hijau yang telah diseduh ke dalam setengah liter air. Kemudian gunakan larutan tersebut untuk bilasan terakhir setelah anda keramas menggunakan shampo dan kondisioner.



0 Response to "5 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit"

Post a Comment

close