Kandungan Gizi dan Manfaat Tempe Untuk Kesehatan

Mungkin anda sudah sering menjadikan tempe sebagai bahan pelengkap dalam daftar menu makan anda. makanan yang berbahan dasar kedelai ini memang memiliki banyak sekali manfaat dan kandungan di dalamnya.

Tempe memiliki manfaat yang lura biasa bagi kesehatan tubuh yang kaya akan gizi dan juga mengandung banyak protein nabati dan asam amino. Selain itu tempe juga mengandung berbagai macam jenis vitamin B, zat besi, zinc, isoflavon, riboflavon, fosfor, karoten dan juga lemak nabati.

Tempe merupakan salah satu makanan yang dibuat dari adanya fermentasi terhadap biji kedelai atau juga menggunakan beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang atau jamur Rhizopus misalnya adalah rhizopus oligosporus, Rh. Oryzae, Rh. Stolonifer atau jamur roti  dan juga Rh. Arrhizus. Dimana adanya fermenatsi tersebut secara umum lebih dikenal dengan “Ragi Tempe”. Rasanya yang lezat dan juga harganya murah dan mudah sekali diperoleh.

Kandungan Gizi Pada Tempe


Secara umum tempe mengandung beragam jenis senyawa yang aktif antara lain adalah sejumlah lemak, berbagai jenis mineral baik itu mineral mikro atau makro, protein nabati, serat pangan yang alami, karbohidrat, isoflavon dan juga berbagai macam vitamin mulai dari yang mudah larut di dalam air hingga yang larut di dalam minyak dan masih banyak jenis lainnya.

Pada asam lemak yang terdapat di dalam tempe dapat digolongkan ke dalam kelompok Polyunsaturated Fatty Acids atau sering disebut dengan PUFA. Dimana pada jenis asam ini merupakan jenis asam lemak yang tidak jenuh majemuk sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Adanya asam lemak yang tidak jenuh ini dapat diperoleh dari adanya proses fermentasi tempe. Asam tersebut merupakan oleat dan linolenat, dimana kedua asam tersebut sangat efektif dalam menurunkan kolesterol serum yang terdapat dalam darah sehingga dampak negatif sterol dapat ditangkal.

Sementara itu kandungan lain dari gizi tempe juga diperkaya dengan adanya vitamin B yang kompleks dan terdiri dari B12 atau sianokobalamin, B1 atau tiamin, B6 atau piridoksin, B2 atau riboflavin dan masih banyak kandungan lainnya. dan yang unik dari kandungan di dalam tempe adalah adanya vitamin B12 yang sangat tinggi dan mampu mencukupi kebutuhan dari vitamin dalam tubuh. Selain dari vitamin B kompleks, pada dasaranya adalah tempe juga kaya akan vitamin A, E,D, dan juga vitamin K.

Bukan hanya terdapat vitamin dan asam lemak yang terkandung di dalam tempe, selain itu juga terdapat mineral diantaranya adalah kalsium, Fe atau zat besi, zink, mangan, forsfor, inositol, magnesium dan juga lain sebagainya. hal inilah yang penting dari tempe adalah adanya keberadaan zat anti – oksidan  yang sangat populer dan disebut dengan isoflavon. Dimana pada zat ini dirasa sangat ajaib, karena mampu melawan pengaruh dari radikal bebas yang mampu merusak sel – sel dalam tubuh anda.

Manfaat Tempe Bagi Kesehatan


Setelah anda mengetahui kandungan gizi yang terkandung di dalam tempe, maka anda sebaiknya juga perlu untuk mengetahui mengenai apa saja manfaat tempe untuk kesehatan anda. berikut ini adalah manfaat tempe :

  • Sumber Protein

Tempe merupakan sumber protein yang sangat tinggi dengan memiliki kandungan protein kurang lebih sebanyak 18 jenis protein dan juga asam amino yang tentunya mudah dicerna untuk tubuh anda. Sehingga sangat cocok untuk anda yang ingin menjalankan diet dan weight loss misalnya saja seperti para atlet binaragawan dan  juga para pecinta fitness.

  • Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Manfaat lain dari anda mengkonsumsi tempe adalah dapat menetralkan efek negatif dari kolesterol jahat karena di dalam tempe banyak terdapat kandungan lemak yang tak jenuh majemuk (PUFA), niasin, omega 3 dan juga omega 6, sehingga dengan adanya kandungan tersebut dapat menurunkan resiko dari serangan jantung (koroner).

  • Sumber Vitamin

Adanya sumber vitamin terutama kandungan vitamin B akan sangat bermanfaat untuk metabolisme sel darah merah anda, kesehatan kulit dan otot (muscle tone), mampu meningkatkan kekebalan dan juga fungsi sistem saraf, meningkatkan hormon dari pertumbuhan dan juga mencegah terjadinya anemia serta kanker pankreas.

  • Menangkal Radikal Bebas

Sebagai penangkal radikal bebas untuk mencegah berbagai macam penyakit jenis degeneratif (aterosklelorosis, jantung koroner, hipertensi, diabetes militus, dan penyakit lainnya) selain itu juga berbagai jenis kanker (pankreas, prostat, dan juga kanker payudara) sekaligus mampu mencegah dalam penuaan dini karena di dalam tempe terkandung antioksidan yang kuat yaitu 3 jenis isoflavon.

  • Mencegah Anemia

Apabila anda mengkonsumsi tempe dapat mencegah anda terkena anemia hal ini karena adanya kandungan berbagai mineral yang sangat tinggi dan mudah sekali diserap dalam darah sekaligus juga mampu mencegah terjadinya osteoporosis.

  • Mencegah Diare dan Kolera

Selain dari penjelasan di atas, manfaat lain dari tempe adalah dapat mencegah terjadinya diare dan juga kolera. Sebagai zat antibiotik dan juga antibakteri dari pencegahan infeksi yang diakibatkan akrena bakteri E. Coli sehingga menyebabkan terjadinya diare dan juga kolera.

  • Serat Pangan

Tempe juga mengandung serat yang tinggi sehingga adanya kandungan tersebut mampu berfungsi untuk mengendalikan kadar gula darah sehingga akan sangat cocok bagi anda yang menderita diabetes.

  • Mengatasi Keracunan

Sebagai zat penawar antidotum atau disebut juga anti keracunan logam berat seperti sianida hal ini karena di dalam tempe terdapat kandungan ion – ion positif yang dapat anda temui pula di dalam putih telur atau susu.

  • Mencegah Terjadinya Perut Kembung

Tempe juga dapat mencegah terjadinya perut kembung  atau gejala flatulensi, dimana hal ini karena mampu menurunkan kadar raffinosa dan juga stakiosa.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat tempe lainnya adalah mampu menurunkan tekanan darah anda, karena di dalam tempe juga terdapat kandungan magnesium. Dimana kandungan ini memiliki peran yang begitu penting untuk sistem kardiovaskular dan juga bertanggung jawab dengan 300 proses metabolisme yang terdapat di dalam tubuh anda. selain itu magnesium juga bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah, mencegah adanya komplikasi diabetes dan juga menjaga kekuatan tulang anda.

Tips Sehat Konsumsi Tempe


  • Dapat anda gunakan untuk lauk pauk anak balita, anda dapat mengolah tempe dengan cara merebus atau di campurkan di dalam sayur.
  • Ketika anda membeli tempe, pilihlah tempe yang dalam kondisi segar. Anda juga dapat mengecek dari bau tempe dan juga warna tempe yang ditimbulkan. Apabila tempe sudah mulai tercium menyengat dan juga warnanya berubah hitam pekat berarti tempe sudah mulai kondisi membusuk.
  • Hindari penyimpanan tempe yang terlalu lama di dalam lemari es.
  • Coba olah tempe dengan cara di bacem, untuk mengurangi mengolah tempe dengan cara di goreng. Hal ini karena ketika tempe di goreng nutrisinya akan sedikit berkurang.

Kandungan Gizi dan Manfaat Tempe Untuk Kesehatan

Dengan adanya manfaat dan juga kandungan gizi yang begitu banyak, maka tidak heran apabila tempe disebut dengan superfood yang murah meriah. Anda dapat mengolah tempe dengan cara direbus, dibacem, disemur atau dengan mencampurkan ke dalam sayur sup.



0 Response to "Kandungan Gizi dan Manfaat Tempe Untuk Kesehatan"

Post a Comment

close