Skip to main content

5 Tips Mendidik Anak Usia Dini

Peran orang tua sangat menentukan seperti apa nantinya akhlak dan kepribadian seorang anak.

Meskipun pada dasarnya karakteristik atau penjiwaan sang anak tidak selalu sema dengan orangtuanya, namun pengaruh dari lingkungan dan campur tangan orangtua sangat memberikan andil dalam pembentukan sifat sang anak selama dalam proses menjadi dewasa.

Jika kita menyinggung tentang konteks karakter, memang ada beberapa hal pada diri seorang anak yang sifatnya alamiah atau natural.

Mungkin saja tabiat buruk pada anak Anda yang sedang diperlihatkannya tidak mewakili sifat atau karakter Anda, namun ia merupakan sebuah kondisi yang harus Anda perbaiki dengan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan bimbingan dan pengarahan kepada anak Anda.

Sesuatu yang terjadi secara natural, seperti kebiasaan berprilaku buruk seorang anak tetap bisa dirubah ketika Anda mau bekerja keras untuk mendidik anak Anda secara perlahan dan berkelanjutan.

Untuk mengarahkan anak pada track yang benar memang dibutuhkan waktu serta kesabaran. Anda sebagai orangtua tidak bisa memaksanya untuk menjadi lebih baik dalam waktu 1-2 hari, tetapi ia harus dilakukan setahap demi tahap.

Pahami sifat dasar anak Anda. Cernalah bagaimana cara berpikir anak Anda.

Perhatikan apa saja yang menjadi kecendrungan anak Anda, dan mulailah melakukan pendekatan kepadanya dengan cara-cara yang tepat.

Tips Mendidik Anak Usia Dini yang Tepat


Dan berikut beberapa tips untuk mendidik anak secara benar agar putra-putri Anda bisa tumbuh dewasa sebagaimana yang diharapkan.

1. Berikan perhatian


Perhatian adalah hal terpenting yang dibutuhkan seorang anak. Meskipun dia masih kecil, jangan pernah menganggap bahwa dia tidak seberapa membutuhkan kasih sayang. Dia (anak Anda) bisa merasakan apakah Anda orangtua yang perhatian terhadapnya atau tidak.

Anak yang kurang perhatian dari orangtuanya cendrung menjadi pribadi yang suka berprilaku buruk dan sulit untuk diarahkan.

2. Berikan contoh yang baik


Dalam berumahtangga biasanya tidak akan lepas dari yang namanya pertengkaran atau adu mulut. Jika Anda sedang bermasalah, jangan luapkan kemarahan Anda didepan anak Anda. Meskipun mereka hanya bisa diam, namun kondisi ini sangat tidak baik untuk jangka panjang proses pertumbuhan anak Anda.

Jangan hadapkan anak Anda pada hal-hal yang tidak semestinya Anda perlihatkan kepadanya, termasuk keributan atau pertengkaran rumah tangga Anda.

3. Buatlah anak Anda terbiasa melakukan hal-hal positif


Hal-hal positif yang dimaksudkan meliputi, rutin belajar, membaca buku, mengembangkan wawasannya, dan sejumlah hal bermanfaat lainnya.

Misalkan Anda adalah seorang programmer komputer, Anda bisa mengajak anak Anda duduk bersama Anda pada saat Anda sedang beraktivitas dengan komputer. Atau Anda mungkin seorang seniman, Anda bisa mengajak anak Anda untuk menemani Anda ketika Anda sedang mengerjakan sesuatu.

4. Hindarkan anak Anda dari pengaruh buruk


Diusianya yang masih terlalu muda, sejatinya dia belum memiliki kontrol. Apa yang dilihatnya akan dicerna apa adanya. Jika yang dilihanya merupakan sebuah hal yang positif hal tersebut akan berdampak baik buat dia, dan jika yang disaksikannya adalah sebuah keburukan, maka hal itu juga akan berdampak buruk buat dia.

Tugas Anda adalah menghindarkan anak Anda dari potensi masuknya pengaruh-pengaruh buruk yang dapat merusak akhlak anak Anda.

5. Bedakan antara menegur dan memarahi


Ketika anak melakukan kesalahan, orang tua tidak semestinya lantas memarahinya. Ada pendekatan yang lebih tepat terhadap seorang anak agar punya kedekatan emosional yang lebih baik dengan orang tua.

Jika anak Anda melakukan kesalahan tertentu, Anda dapat menegurnya dengan cara yang lebih halus. Jadi, menegur dan memarahi adalah sebuah hal yang harus dapat dibedakan oleh orang tua.

Tips Mendidik Anak Usia Dini

Artikel yang mungkin berguna bagi Anda:


Demikian 5 tips untuk mendidik anak usia dini yang tepat, semoga artikel tips mendidik anak ini berguna, dan bisa memberikan tambahan wawasan buat para pembaca bagaimana cara mendidik anak yang baik dan tepat.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close