Skip to main content

10 Tips Memilih Sekolah yang Tepat Untuk Anak

Terlepas dari minat yang ditunjukkan si anak, anak sejatinya membutuhkan pengarahan dari orang tua. Oleh sebab itu, bagi orangtua adalah sebuah keharusan untuk dapat memilih sekolah yang tepat untuk si buah hati.

Sekolah merupakan pendidikan formal yang mesti ditempuh setiap anak. Di Indonesia, saat ini program wajib belajar 9 tahun sedang begitu digalakkan agar tidak ada lagi anak yang tertinggal dalam hal pendidikan.

Setiap orangtua dituntut untuk mampu memilih sekolah yang terbaik bagi putra dan putrinya. Lalu, bagaimana cara orangtua memilih sekolah yang tepat untuk anak?

1. Model Pengajaran di Sekolah


Secara tidak langsung, apa yang dipelajari anak di rumah maupun di sekolah akan turut andil dalam pembentukan dirinya di masa mendatang. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memilih sekolah awal yang terbaik bagi anak guna mendukung pendidikan dan pembelajarannya sejak dini.

Setidaknya, pastikan prasekolah yang Anda pilih memiliki tenaga pengajar alias guru-guru yang handal dan profesional, serta metode pembelajaran yang menyenangkan.

Jadi, anak tidak hanya bisa bermain dengan teman-teman sebayanya. Namun, pendidikan di sekolah dini tersebut juga dapat membantu proses belajar dan merangsang stimulasi dirinya.

2. Jenis Sekolah Idaman


Ada beberapa jenis sekolah yang ditawarkan oleh berbagai institusi pendidikan, misalnya sekolah berbasis agama, sekolah negeri, sekolah alam, homeschooling, sekolah swasta, sekolah internasional atau sekolah nasional plus. Pahami kelebihan dan kekurangan sekolah tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan anak.

3. Lingkungan Sekolah


Berbeda dengan sekolah sesungguhnya, proses pembelajaran di preschool biasanya melibatkan berbagai kegiatan. Baik itu di dalam maupun di luar ruangan.

Oleh karena itu, mencari prasekolah dengan lingkungan yang bersih bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda dalam memilih sekolah untuk anak. Lingkungan sekolah yang bersih, biasanya memiliki guru-guru yang juga menomor satukan kebersihan.

Dengan demikian, para guru dapat mengajarkan dan menanamkan kebiasaan untuk menjaga kebersihan diri maupun lingkungan pada anak.

4. Pertimbangkan Jarak Sekolah


Untuk anak usia TK dan SD, jarak sekolah jadi hal yang harus dipertimbangkan. Sekolah yang jaraknya tidak terlalu jauh lebih sesuai untuk anak usia sekolah TK dan SD. Jarak yang jauh akan berpengaruh pada kondisi fisik anak, sehingga anak lelah di jalan dan tidak semangat belajar. Jarak sekolah yang jauh dari rumah juga akan membuat anak memiliki kesempatan bermain yang lebih sedikit karena waktu yang terbatas. Selain itu, juga biaya antar jemput juga akan semakin meningkat dengan semakin jauh sekolah anak dari rumah.

5. Biaya Sekolah


Selain beberapa hal yang telah dijelaskan sebelumnya, jangan lupa untuk memikirkan biaya sekolah anak. Sekolah yang bagus tidak harus selalu ditandai dengan biaya bulanan yang mahal.

Sebaiknya, pertimbangkan kembali biaya preschool dengan kemampuan yang Anda miliki saat memilih sekolah untuk anak. Pikirkan juga apakah biaya sekolah tersebut sebanding dengan sistem pendidikan, fasilitas, keamanan, lingkungan, serta kegiatan lainnya yang ditawarkan sekolah.

6. Fasilitas dan Ekstrakulikuler di Sekolah


Di samping mempertimbangkan beberapa poin pokok seperti yang telah disebutkan sebelumnya, poin penunjang lain yang ada di sekolah juga bisa Anda pikirkan baik-baik. Meliputi fasilitas dan ekstrakulikuler (ekskul) di sekolah.

Misalnya, si kecil hobi sekali bermain olahraga sepak bola. Anda bisa mempertimbangkan sekolah dengan prestasi akademik yang baik, serta dilengkapi dengan ekskul dan fasilitas untuk bermain sepak bola.

Sama halnya ketika anak gemar melukis, bermain musik, drama, dan lain sebagainya. Coba cocokkan kegiatan yang disenangi si kecil dengan fasilitas dan ekskul yang ada di sekolah pilihan Anda.

Jadi, selain menjalankan tugas utamanya dalam belajar, anak juga bisa mengasah bakat dan kemampuannya di bidang lain.

7. Karakter Anak


Anda dapat memilih sekolah yang sesuai dengan karakter anak Anda. Sehingga anak Anda bisa lebih fun berada di sekolah. Misalnya, anak yang suka bergerak cocok disekolahkan di sekolah alam. Pengenalan akan karakter dan kebutuhan juga membantu mengenali durasi bersekolah dan komposisi durasi pengajaran di sekolah. Misalnya, menentukan sekolah dengan durasi yang lebih banyak waktu bermain atau waktu belajar.

8. Kualifikasi Tenaga Pengajar


Guru adalah ujung tombak yang menentukan anak akan belajar dan bermain dengan menyenangkan atau tidak. Untuk mengetahui hal ini Anda bisa datang ke sekolah langsung dan menanyakannya pada pihak sekolah. Guru yang baik, profesional, dan memiliki kompetensi keilmuan dalam bidang yang diajarnya, dapat mengembangkan lingkungan belajar yang menyenangkan di kelas dan dapat berkomunikasi dengan anak. Bila sekolah yang Anda minati menawarkan class trial, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk bertemu langsung dengan calon guru dan melihat aktivitas belajar di sekolah tersebut.

9. Riwayat Sekolah


Anda dapat melihat prestasi apa saja yang pernah dicapai oleh sekolah tersebut, baik dari sisi akademik maupun non akademik. Anda juga dapat menilai kualitas lulusannya. Biasanya ini menjadi pertimbangan penting bagi mereka yang duduk dibangku SD menuju SMP.

10. Pilihan dari Anak


Tips Memilih Sekolah yang Tepat Untuk Anak

Datang langsung ke calon sekolah pilihan Anda. Lihat sekolah secara langsung seperti apa bangunan, program pendidikan sekolah, sampai pendekatan guru terhadap murid. Anak akan melalui 3-6 tahun untuk belajar di satu sekolah, maka ajaklah anak untuk berdiskusi dan memilih sekolah yang menurut anak nyaman baginya.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close