Skip to main content

Nadiem Makarim Menteri, Jabatannya di Gojek Digantikan

Bos Gojek, Nadiem Makarim dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi menteri di kabinet. Oleh sebab itu, dia mundur dari jabatannya di Gojek.

"Sudah pasti dari posisi saya di Gojek sudah mundur dan tidak ada kewenangan sama sekali," kata Nadiem di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2019).

"Terhitung hari ini sudah tidak ada posisi maupun kewenangan sama sekali," sambungnya.

Dia mengaku diajak berbicara Jokowi soal reformasi birokrasi, SDM, dan investasi. Nadiem menegaskan siap jadi menteri.

"Saya bersedia dan saya menerima," ucap Nadiem.

Menanggapi masuknya Nadiem Makarim sebagai salah satu kandidat menteri, Ketua Forum Komunitas Driver Online Indonesia (FKDOI) Cang Rahman mengaku dirinya bangga dengan adanya representasi keluarga besar transportasi online yang dipanggil ke Istana Negara.

"Kita pro Pak Nadiem jika jadi menteri di kabinet Jokowi dan Ma'ruf Amin. Sosok yang bisa diperhitungkan dalam membangun indonesia ke depan," ujar Cang Rahman dalam keterangan tertulis, Senin (21/10/2019).

Menurutnya, kepemimpinan Nadiem sudah terbukti di Gojek. Bagaimana perusahaan bisa terus bertumbuh dan menarik minat investasi banyak pihak dari dalam dan luar negeri.

"Beliau sebagai leader inovator dalam memprakarsai ojek online dan tidak hanya di Indonesia tapi juga tingkat dunia," tambahnya.

Menurut Rahman, bisa saja di dunia transportasi online Uber adalah pionir. Tapi, untuk memaksimalkan kendaraan roda dua seperti ojek online (ojol), kata dia, Gojek lah pionirnya. Menurutnya hasilnya setimpal bila Nadiem menjadi menteri nantinya.

Cang Rahman juga membantah adanya anggapan bahwa mitra ojek online tidak sejahtera Menurutnya, bicara hal tersebut sangat subjektif dan banyak faktor itu tergantung sudut pandang masing-masing.

Bagi Rahman, konsep kerjasama yang diterapkan Gojek, justru mendididik driver ojek online menjadi lebih mandiri dan dianggap sebagai seorang entrepreneur.

"Kenapa kita bilang entrepreneur? Karena kami mitra lho bukan pegawai. Bukan karyawan. Kami bekerja atas kemampuan kita sendiri," tambahnya.

Nadiem Makarim Menteri

Ia pun merasa bahwa pengalaman-pengalaman dan latar belakang Nadiem Makarim tentunya akan dapat membantu Nadiem dalam memajukan bangsa Indonesia.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Load Comments
Hide Comments
close