Skip to main content

Jadi Pemuas Nafsu dan 7 'Rahasia Kelam' Artis K-Pop

Tak banyak yang tahu jika sebenarnya kehidupan para artis K-pop yang dikenal glamor dengan penampilan spektakuler diatas panggung dan menjadi magnet tersendiri bagi kaula muda untuk bergabung dalam industri semacam ini, ternyata banyak di antara mereka yang secara khusus mempersiapkan diri agar dapat menjadi bagian dari dunia hallyu.

Bukan rahasia umum, jika dunia K-pop menyimpan sejuta problematika. Banyak artis yang mengakui kerasnya perjuangan agar dapat tampil diatas panggung, menyanyi dan menari sambil dibanjiri teriakan dan tepuk tangan dari penggemar setia mereka. Tak jarang banyak di antara mereka yang harus kehilangan masa-masa remaja demi ambisi tersebut.

Pemetaan sejenis ini, memang wajar terjadi di Korea Selatan. Banyak agensi hiburan yang merekrut anak-anak berusia 10 tahun untuk dilatih dan dipersiapkan menjadi bintang papan atas di masa mendatang.

Anak-anak itu ditempa habis-habisan agar menjadi personel grup idola yang mumpuni. Mereka akan diajari cara menari, olah vokal bahkan mengarang lagu.

Jalan yang harus ditempuh tak berhenti di situ saja, mereka akan kehilangan masa anak-anak hingga remaja karena hal semacam ini. Jangankan untuk bermain, menjaga kesehatan sendiri pun bisa dibuat lupa. Akibatnya banyak calon-calon bintang yang sakit akibat kelelahan.

Industri ini kian menggurita dan akan terus berlanjut karena besarnya animo anak muda yang ingin menjadi sosok yang diidolakan. Meski demikian, masih banyak rahasia besar yang belum terungkap. Banyak sisi gelap yang para artis K-pop alami di sepanjang karier mereka.

Seperti dikutip dari laman Listverse, berikut 7 rahasia kelam dari dunia K-pop yang mengejutkan banyak orang:

1. Kontrak 10 tahun

Menjadi seorang bintang K-pop tak hanya menandatangani kontrak dan merekam album dalam hitungan bulan saja, melainkan dalam hitungan tahun.

Setidaknya butuh satu dekade sebelum akhirnya para calon bintang siap untuk masuk dapur rekaman dan diorbitkan sebagai bintang.

2. Operasi plastik

Dalam sebuah kontrak yang ditandatangani, pihak agensi mengharuskan para artisnya melakukan operasi plastik. Bukan hanya wanita, namun laki-laki juga diwajibkan menaati peraturan tersebut.

Personel girlband Six Bomb, Hong Hye-Jin atau So-Ah, menunjukkan foto dirinya sebelum menjalani operasi plastik di sebuah salon kecantikan di Seoul, Korsel, 16 Maret 2017. Seul-Bee menjalani operasi plastik pada bagian hidungnya. (YELIM LEE/AFP)

3. Tak dibayar

Salah satu anggota Girls Generation mengatakan bahwa ia harus menghabiskan 11 tahun di kamp latihan sebelum bisa menghasilkan uang sendiri. Sehingga, mereka mengandalkan pemberian uang dari orangtua. Bahkan beberapa di antaranya tak sama sekali memiliki uang.

Salah satu grup K-pop papan atas Block B pernah mengatakan jika personilnya tak dibayar lebih dari satu tahun. Padahal orangtua mereka sudah mengeluarkan US$ 65.000 untuk keperluan anak-anaknya selama bergabung bersama agensi. Namun mereka sama sekali tak mendapatkan uang sepeserpun.

4. Fans fanatik

Seorang artis K-pop dapat dikatakan hebat jika dapat melewati serbuan fans fanatik. Kerap kali penggemar setia mereka melakukan hal-hal gila agar dapat berjumpa dengan sang idola. Salah satu contoh, penggemar Super Junior pernah membuntuti tokoh idolanya.

Sebuah kabar tak sedap menerpa Super Junior yang disebut akan bubar. Fans setia yang tak terima mengancam membocorkan foto bug*l personelnya.

5. Artis bunuh diri

Stellar
Cuplikan foto dalam karya terbaru Stellar

Jang Ja-yeon mengakhiri hidupnya dengan cara menggantung diri di rumahnya pada 7 Maret 2009. Artis yang memainkan karakter Sunny dalam drama hits Boys Over Flowers tersebut kabarnya diperlakukan sebagai budak se*s oleh agensinya (Istimewa)

Pada tahun 2009, seorang artis Korea bernama Jang Ja-yeon ditemukan tewas di apartemennya. Ia bunuh diri karena tak dapat melanjutkan pekerjaannya lagi.


Comment Policy: Sampaikan opini Anda melalui kolom komentar dibawah. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan. Terimakasih 😃
Buka Komentar
Tutup Komentar
close